yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Makanan Ikan Guppy dan Cara Pemberian Pakannya

Makanan Ikan Guppy dan Cara Pemberian Pakan

sumber: pixabay


Ikan guppy poecilia reticulata merupakan salah satu jenis ikan hias yang memilki tubuh yang mungil dan bentuk serta variasi warna yang beragam. Guppy termasuk golongan ikan yang mudah dibudidaya, memulai usaha budidaya guppy adalah hal yang menjanjikan, asal ditekuni dengan giat.

Ikan guppy memiliki harga jual yang beragam di pasaran, harga tersebut tergantung dari jenis, keindahan tubuhnya dan kelangkaannya. 

Ada begitu banyak jenis guppy, diantaranya guppy red dragon, german platinum crown tail, guppy blue moscow, blue moscow albino, guppy mozaic, guppy red mozaic, guppy black moscow, super red singapore, guppy japan blue, full black thailand, metal lace thailand, guppy cobra, guppy full platinum dan masih banyak jenis lainnya.

Habitat Ikan Guppy

Ikan ini merupakan jenis ikan yang mudah berkembang biak. Adapun habitat asli ikan guppy ialah di danau danau dan di sungai yang berair tenang. Namun ikan guppy juga mampu bertahan hidup di perairan payau yang memilki salinitas lebih tinggi apabila dibandingkan dengan habitat aslinya.

Anda perlu tau bahwasanya ikan guppy berasal dari wilayah amerika tengah dan selatan, sedangkan masuk ke indonesia sekitaran tahun 1920. Ikan guppy kerap dijadikan hias dalam akuarium, kehadirannya membuat akurium lebih tambak “hidup” dan indah dipandang tentunya dan pastinya akan menghilangakan rasa stress yang anda alami. 

Ikan guppy jantan lebih memilki bentuk sirip dan corak warna yang lebih menarik dibandingkan dengan ikan guppy betina. Kini ikan guppy dapat ditemukan di hampir seluruh perairan tawar indonesia.

Baca Juga! Faktor-Faktor Penting yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembesaran Ikan

Budidaya Ikan Guppy

Dalam kegiatan budidaya ikan cupang tidak memerlukan peralatan yang mahal, tapi cukup menggunakan perlengkapan sederhananya saja. Berikut langkah langkah budidayanya:

  • Persiapan wadah budidaya ikan guppy
  • Memilih indukan
  • Pemisahan indukan
  • Pemijahan ikan guppy
  • Penetesan benih
  • Pendederan benih

Itulah tahap tahap dalam budidaya ikan guppy. Untuk lebih lanjut dan lengkap mengenai budidaya ikan guppy, anda dapat membacanya di artikel sebelumnya yang sudah penulis publikasikan.

Makanan Ikan Guppy serta Cara Pemberian Makanannya

Sebenarnya guppy dewasa tidak perlu diberikan makanan terlalu sering, karena pemberian pakan yang terlau sering memiliki dampak negatif, seperti berdampak buruk bagi kesehatan ikan ataupun kualitas air.

Pemberian pakan untuk guppy dewasa cukup 1-2 kali sehari dengan jumlah pakan yang diberikan tidak terlalu banyak. Untuk anakan (burayak) guppy lebih sering diberikan makan.

Anda bisa melakukannya sebanyak lima kali sehari dan jenis pakan yang diberikan adalah pakan alami dan buatan (terdiri dari makanan hidup atau makanan beku kering), seperti artemia beku-kering, daphnia hidup tubifex beku-kering, microworm dan pakan serpih untuk burayak.

Anda juga bisa membaca pembahasan lebih lanjut mengenai pakan alami dan pakan buatan, yang artikelnya sudah penulis publikasikan

Selain itu, bisa membuat pakan serpih untuk burayak dengan menformulasikan bahan bahan seperti tepung ikan, tepung tulang, daphnia, sayuran, vitamin, spirulina dan bahan bahan lainnya, serta menyiapkan peralatan lainnya yang dibutuhkan. Pakan dibuat dalam bentuk pasta.

Setelah menjadi pasta, proses selanjutnya yaitu pasta dikeringkan menggunakan oven yang sebelumnya pasta sudah ditempatkan dalam nampan barlapis kertas. Setelah kering, pasta selanjutnya dihancurkan menjadi serpihan dan siap diberikan kepada ikan guppy anda.

Perlu diketahui bahwasanya memberikan pakan secara berlebih hal bagus, jika ikan guppy makan secara berlebihan maka akan mengalami sembelit dan sisa pakan yang tidak termakan akan membuat kualitas air menurun.

Baca Juga! Fungsi Tanaman Air sebagai Pakan Ikan

Apakah Bisa Memberikan Sayuran ke Ikan Guppy?

Makanan berupa nabati akan menjadi makanan diet bagi ikan guppy, sehingga kondisi tubuhnya tetap sehat. Nah adapun jenis sayuran yang disukai ikan guppy adalah selada, kacang polong, bayam, zucchin, mentimun, wortel, ubi jalar, labu dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan disaat pemberian sayuran, ada yang bisa diberikan langsung (misalnya labu) dan ada juga yang harus direbus terlebih dahulu seperti  kacang polong, yang kacangnya harus dikeluarkan terlebih dahulu dari kulitnya.

Saat pemberian sayuran, pastikan sayuran yang diberikan telah di “kondisikan” dan tidak keras agar memudahkan ikan untuk makan.

Apabila sayuran telah diberikan, nah sayuran yang tidak termakan setelah 3-4 jam maka lebih baiknya dibuang kerena ikan guppy tidak bisa menciumnya lagi. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwasanya guppy memiliki pola makan pemakan segala (omnivora).

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai makanan ikan guppy dan cara pemberian pakannya. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, terima kasih.