yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Pengertian Pakan Alami dan Jenis Jenis Pakan Alami

Pakan Alami dan Jenis-jenis Pakan Alami

Ikan  yang hidup di alam yang bebas akan memakan makanan yang tersedia di alam tersebut. Baiklah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang pakan alami ikan.

Pakan alami ikan adalah organisme planktonik yang terdapat di perairan yang berperan penting dalam rantai makanan di ekosistem perairan. Plankton termasuk konsumen tingkat pertama dalam rantai makanan di ekositem perairan.

Plankton yang dapat ditemukan diperairan dapat berupa zooplankton yang bergerak aktif di perairan ataupun fitoplankton sama halnya seperti  tumbuhan yang memiliki klorofil untuk berfotosintesis

Plankton adalah organisme yang melayang-layang di perairan, karena memiliki pergerakan terbatas sehingga tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus. 

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Plankton dibagi menjadi dua jenis yaitu, fitoplankton dan zooplankton.

Penggolongan plankton berdasarkan siklusnya yaitu, meroplankton dan holoplankton. Meroplankton adalah organisme yang menghabiskan sebagian hidupnya sebagai plankton. 

Organisme ini merupakan komponen planktonik yang sedang mengalami pertumbuhan, sehingga akhirnya menjadi organisme lebih besar, sedangkan holoplankton adalah organisme akuatik yang mengabiskan seluruh hidupnya sebagai plankton.

Pasti ada muncul di pemikiran kita, bagaimana plankton dapat kita dapatkan, misalnya untuk bahan penelitian ataupun sebagai pakan bagi ikan. Iya ada alat untuk menangkap plankton di perairan yaitu Plankton net.

Plankton net biasanya digunakan sebagai alat untuk menangkap plankton di perairan yang nantinya dijadikan bahan penelitian. 

Plankton net adalah alat untuk menangkap plankton di perairan, alatnya berupa jaring tipis agar plankton tersaring dan di ujung plankton net terdapat lubang untuk menampung plankton menggunakan botol sampel.

Baca juga! Cara Mudah Budidaya Jentik Nyamuk untuk Pakan Ikan

Jenis plankton yang terdapat di perairan tawar, payau dan laut jelas berbeda. Plankton air tawar adalah jenis plankton yang terdapat di air tawar.  Adapun plankton air tawar seperti, Cholorella, Choloroccum, Chlamidomonas, Chrysopyta, Pyrrhophyta dan Euglenophyta.

Penggunaan pakan alami sangat efektif untuk ikan budidaya terutama ikan yang masih larva, karena sesuai dengan bukaan mulut ikan dan sangat efektif karena tidak mencemari perairan apabila tidak termakan. 

Berbeda dengan pakan buatan yang apabila tidak termakan akan menimbulkan amonia, sehingga bersifat toksik.

Jenis Pakan Alami yang Digunakan sebagai Pakan untuk Ikan Budidaya

1. Infusoria

Pakan alami ini biasanya digunakan untuk larva ikan hias, seperti Ikan Cupang, Ikan Molly, Ikan Platy, Ikan Guppy dan lain sebagainya.

Infusoria adalah golongan dari protozoa, ukurannya 80-350 mikron, oleh karena itu infusoria sangat ideal untuk pakan larva ikan cupang dan seukurannya.

2. Daphnia

Daphnia dapat ditemukan di parit selokan, pada perairan yang tenang serta kaya akan limbah organik. Daphnia digunakan untuk pakan alami larva ikan konsumsi maupun ikan hias.

3. Artemia

Artemia adalah jenis pakan alami yang digunakan untuk kegiatan pembenihan ikan dan udang
Artemia digunakan untuk segala jenis larva ikan. 

Ukuran Artemia  0,40 mm, ukuran dewasanya hingga 12 mm. Artemia sangat cocok untuk pertumbuhan udang dan ikan karena memiliki kandungan gizi yang baik.

Baca juga! Kultur Daphnia, Mudah Dilakukan dan Dijamin Berhasil

4. Cacing Sutra

Cacing sutra atau bernama latin Tubifex sp. Caincing sutra sangat cocok untuk semua jenis ikan untuk menunjang pertumbuhnnya.

Cacing sutra dapat ditemukan di alam, tepatnya di tempat subur seperti, sungai, kolam, parit atau selokan yang dialiri limbah pabrik atau limbah peternakan ayam.

5. Cacing Tanah

Cacing tanah dapat dijadikan sebagai pakan alami untuk ikan besar seperti arwana, lohan, ikan karnivora dan bisa juga diberikan untuk ikan kecil, pemberiannya dengan cara di potong potong kecil terlebih dahulu. Sesuai namanya, cacing ini dapat dijumpai di tanah yang lembab dan subur.

Sekian pembahasan menganai pengertian pakan alami dan jenis-jenis pakan alami. Semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti blog ini untuk mengatahui update-annya dan shere artikel ini. Terima kasih.