yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Pakan Buatan Untuk Ikan, Fungsi dan Kandungannya

Pakan Pelet, Kandungan beserta Fungsinya

Hallo sahabat semua. Baiklah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas atau membagikan informasi tentang pakan alami bagi ikan. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi sahabat semua.

Sebelum penulis membahas lebih dalam mengenai pakan buatan untuki ikan, sebelumnya membahas apa itu yang dimaksud dengan pakan buatan.

Pakan buatan ialah pakan atau makanan yang berasal dari formulasi komposisi atau gizi tertentu berdasarkan pembuatnya. 

Pembuatan pakan sendiri seharusnya didasarkan pada pertimbangan kebutuhan nutrisi ikan, sumber dan kualitas bahan baku, serta nilai ekonomis.

Kentungannya, gizi dalam pakan dapat disesuikan berdasarkan kebutuhan ikan, tahan lama serta ukuran pakannya dapat disesuaikan berdasarkan bukaan mulut ikan, sedangkan kelemahannya yaitu apabila pakannya tidak termakan oleh ikan, maka akan menurunkan kualitas air sehingga dapat bersifat merugi bagi komoditas ikan tertentu.

Tujuan Pemberian Pakan pada Ikan

  • Untuk pertumbuhan dan aktivitas
  • Mempercepat reproduksi
  • Sebagai Pengobatan
  • Pembentuk warna tubuh
  • Sebagai Peningkat cita rasa
  • Memperbaiki Metabolisme Lemak
Pakan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ikan dan untuk mendapatkan profit dari budidaya ikan. 

Pakan juga harus bergizi dan ekonomis dan harus mendapatkan system kelolaan yang bagus agar lebih efektif.

Adapun nutrisi yang diperlukan yaitu karbohidtat, lemak, protein, mineral dan protein dan juga komponen pakan lainya yaitu serat dan kelembapan agar pakan yang dimakan ikan kaya akan nutrisi dan mudah dicerna.

Nutrisi yang baik untuk ikan yaitu, protein dengan asam amino essensialnya, lemak dengan asam lemak essensialnya, vitamin, mineral, sumber energi tinggi dan daya cerna tinggi.

Pakan buatan ikan dalam bentuk kering, lembab atau basah merupakan bentuk yang dapat diberikan kepada ikan. 


Pakan yang buat untuk dikonsumsi ikan harus sesuai umur dan bukaan mulut ikan. Adapun bahan baku pembuatan pakan ikan dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu:
  1. Komponen penghasil energi (macro component) terdiri dari protein (5,7 kkal/g), Lemak (9,5 kkal/g) dan karbohidrat (4 kkal/g).
  2. Komponent bukan penghasil energi (micro component) terdiri dari vitamin dan mineral.
Produk pakan yang dapat mengambang di permukaan cocok bagi ikan yang biasanya bermain di permukaan, sementara jenis pelet yang dapat tenggelam bagus dan cocok untuk memberikan makan ikan yang bermain di dasar perairan.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai pakan pelet ikan, kandungan beserta fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.