yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Cara Mudah Budidaya Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan

Jentik Nyamuk

sumber: pixabay

Jentik nyamuk bisa dijadikan pakan alami bagi ikan. Jentik nyamuk sendiri mudah didapatkan, seperti di dalam selokan, got dan air yang dibiarkan tergenang. Nah, pasti kita bertanya tanya kenapa sih jentik nyamuk terdapat di tempat yang dibiarkan begitu saja/tidak terurus.

Adapun jawabannya yaitu nyamuk (induk) sendiri menyukai tempat tempat yang gelap, lembap serta tempat yang tidak terurus dan tempat tersebut merupakan habitat yang dia sukai untuk berkembang biak.

Perkembang biakan nyamuk dimulai dari nyamuk dewasa yang mengeluarkan telur, kemudian berkembang menjadi jentik jentik lalu berubah menjadi pupa (kepompong), setelah itu jadilah nyamuk dewasa. 

Jentik nyamuk sendiri merupakan pakan alami bagi ikan. Definisi dari pakan alami adalah jenis makanan ikan yang berupa organisme yang ada diperairan yang pergerakannya melayang-layang diperairan, karena tidak memilki kemampuan untuk melawan arus.

Contoh pakan alami seperti rotifera, daphnia, moina, artemia, golongan protozoa, organisme kecil dan tidak bertulang belakang, cacing sutra, gelang dan cacing tanah. Dalam proses pembuatan pakan yaitu mengandung 2 bahan pokok yaitu bahan basal dan bahan suplemen. 

Adapun bahan basal yaitu pokok yang mengandung nutrisi kurang dari 20%, sedangkan bahan suplemen adalah sebagai bahan pelengkap yang kandungan nutrisinya lebih dari 20%. 
Baik, pembahasan selanjutnya yaitu cara kultur atau budidaya jentik nyamuk.

Baca Juga! Kultur Daphnia, Mudah Dilakukan dan Dijamin Berhasil

Nyamuk

Nyamuk adalah jenis serangga yang memilki sayap untuk terbang, nyamuk bisa dibilang sangatlah menjengkelkan. bagaimana tidak, nyamuk yang kebiasaanya mencari makan dengan menghisap darah makhluk hidup, khususnya manusia.

Terdapat perbedaan pada alat penghisap yang ada pada nyamuk betina dan jantan, yang memilki kebiasaan menghisap darah menusia adalah nyamuk betina dan nyamuk jantan mencari makan dengan menghisap sari ataupun cairan yang ada pada tumbuhan ataupun buah buahan. 

Ohyaa, karena pembahasannya diatas mengenai naymuk secara umum. Jadi pembahasanya sekarang lebih mendalam mengenai nyamuk atau jentik nyamuk yang dijadikan pakan alami ikan dan penulis juga akan membahas mengenai cara budiddayanya. 

Nyamuk atau jentik nyamuk sendiri sangat cocok digunakan untuk pakan alami ikan hias, khususnya cupang.

Penggunaan jentik nyamuk sangatlah cocok sebagai pakan alami bagiikan cupang yang berusia 2-3 bulan, karena selain ukuran jentik nyamuk (10 – 25 mm) yang sesuai dengan bukaan mulut ikan cupang tapi juga jentik nyamuk memiliki kandungan nutrisi berupa protein 13 – 15 %, lemak kurang lebih 7 hingga 8 %, serta serat sekitar 3 – 4 %.

Tahap-tahap Budidaya Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk sangatlah mudah dibudidayakan, tanpa sendirinya nayatnya nyamuk bisa berkembang biak dalam wadah air yang biarkan begitu saja dan juga iklim tropis di indonesi yang sangat cocok untuk nyamuk berkrmbang biak. 

Nyamuk pada umumnya berkembang biak dengan baik di tempat genangan air yang bersemak, rawa, slokan, parit ataupun danau tenang. Adapun alat dan bahan yang mestinya dipersiapkan yaitu: wadah atau ember, lidi dan air bekas cucian (leri). Dan cara kerjanya yaitu:

1. Mengatahui Jenis Jentik Nyamuk untuk Pakan Ikan 

Adapun jenis jentik naymuk yang dijadikan sebagai pakan ialah nyamuk culex (nyamuk pada umumnya) dan anopheles (nyamuk malaria pada burung). Nyamuk tersebut ditemukan di kawasan beriklim panas, tepatnya daerah yang memilki banyak genangan air dan juga tumbuhan, seperti rawa, kolam, tambak, selokan dan got.

2. Pembibitan Jentik Nyamuk untuk Pakan Ikan 

Langkah utama dalam pembibitan jentik nyamuk adalah mendapatkan telebih dahulu telur telurnya.
Adapun caranya sebagai berikut:

  • Sediakan wadah atau ember yang berdiameter 30 cm.
  • Masukkan air bekas cucian atau leri kedalam ember.
  • Letakkan ember di tempat lembab atau tempat banyaknya nyamuk.
  • Apabila selama 3-5 hari belum ada telurnya, maka disarankan menggantikan air leri dengan yang baru.
  • Jika telur sudah ada, maka telur akan mengapung di permukaan serta saling menempel satu sama lain sehingga bentuknya seperti perahu.
  • Lalu ambil telur menggunakan lidi dan pindahkan ke tempat lain untuk diteteskan 

Baca Juga! Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal. Dijamin Sukses dan Dapatkan Keuntungannya yang Berlipat

3. Proses Budidaya atau Pemeliharaan Jentik Nyamuk

  • Sebenarnya, selain menggunakan air bekas cucian atau leri anda juga bisa mengunakan air biasa, tapi jangan lupa pula untuk memberi makan secara teratur.
  • Wadah yang digunakan untuk pemeliharaan bukan dari bahan logam
  • Setelah wadah terisi oleh telur maka jangan lupa ditutup dengan kelambu atau bisa juga menggunakan bahas sejenisnya.
  • Gunakan kurungan kelambu untuk memelihara nyamuk dewasa sampai bertelur

4. Pemberian Jentik Nyamuk untuk Ikan

Pemberian jentik nyamuk ditujukan untuk ikan hias. Salah satunya jenis ikan yang diberikan jentik nyamuk adalah ikan cupang. Jentik nyamuk biasanya diberikan sebagai selingan setiap 2 hari sekali dan juga bisa diberikan sebagai makanan pokok.

Jentik nyamuk cocoknya diberikan ke ikan cupang saat sudah berumur 1,5 bulan, karena sesuai dengan bukaan mulutnya dan jentik nyamuk yang diberikan adalah yang masih halus dan masih lurus tubuhnya. 

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai cara mudah budidaya jentik nyamuk. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, terima kasih. 

2 komentar

2 komentar

  • Zatnika
    Zatnika
    13 April 2021 pukul 23.27
    Encu atau jentik nyamuk merupakan salah satu pakan terbaik untuk Ikan Cupang, memang mencari encu ini cukuplah mudah, tetapi kita harus membersihkan jentik ini dengan benar, supaya ikan tetap sehat, oh iya mas di Bandung ada pasar Ikan hias terbesar juga.
    Reply
  • Adi Selamet
    Adi Selamet
    16 Maret 2021 pukul 19.55
    Jentik nyamuk ternyata bisa menjadi pakan murah meriah untuk ikan hias.
    Reply