yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

15 Jenis Ikan Molly beserta Harganya. Jenis Ikan Hias Yang Sangat Cocok Dijadikan Hiasan Akuarium

Ikan Molly

Ikan molly (Poecilia sp.) atau yang biasanya disebut ikan balon merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sudah menjadi idaman para pecinta ikan hias di Indonesia. 

Seperti jenis ikan hias pada umumnya yang memiliki keunikan serta bentuk tubuhnya yang indah, ikan molly juga mempunyai  keunikannya masing-masing serta bentuk tubuhnya yang indah. Ikan molly mudah beradaptasi dengan jenis ikan hias lainnya, karena ikan ini dikenal tidak agresif.

Bentuk fisik ikan molly yang sangat indah dengan corak pada sekujur tubuhnya, hal tersebutlah yang membuat kita sulit membedakannya. Oleh karena itu, kita harus mengetahui setiap jenis-jenis ikan molly, agar kita bisa membedakan dari setiap jenisnya pada saat membeli.

Bentuk tubuh ikan ini yang kecil dan ukurannya hanya mencapai maksimal 15 cm saat usianya dewasa. Perlu diketahui, ikan molly betina memiliki ukuran bentuk tubuh lebih besar dibandingkan dengan bentuk tubuh ikan molly jantan. 

Baca Juga! Jenis-jenis Ikan Botia, Ikan Hias yang Sangat Cocok Dijadikan sebagai Ikan Penghias Akuarium

Jenis-jenis Ikan Molly

Terdapat beberap jenis ikan molly, dengan bentuk tubuh serta corak tubuhnya yang unik. Cocok nih buat dijadikan ikan penghias akuarium anda. Berikut jenis ikan molly dan harganya;

1. Black Molly

Black Molly

Black molly memiliki sisik berwarna hitam pada sekujur tubuhnya hingga ekor dan siripnya. Penamaan sebagai black molly, karena warna tubuhnya yang pekat sehingga membuatnya terlihat begitu eksotis ketika tersorot lampu akuarium, serta menjadi daya tariknya tersendiri. 

Meskipun mempunyai corak warna tubuhnya yang menarik, harga black molly sangatlah terjangkau lho, yakni mulai dari Rp. 2.000 - 10.000/ekornya. 

2. Black Sailfin Molly

Black Sailfin Molly

Jenis ikan molly ini mempunyai sirip yang indah dan panjang. Apabila dilihat secara sekilas, ikan ini mirip seperti ikan cupang hias. 

Black sailfin molly dikenal mudah berkembang biak dan perawatannya pun juga mudah, serta direkomendasi bagi pemula yang ingin memeliharanya sebagai ikan hias ataupun ternak. Harga jual black sailfin molly mulai dari Rp. 2.000 - 10.000/ekornya.

3. Dalmatian Molly

Dalmatian Molly

Penamaan jenis molly ini mengacu pada corak tubuhnya seperti anjing dalmatian, ikan ini tergolong salah satu jenis molly terfavorit. Jenis ikan molly ini bisa tumbuh sedikit lebih besar dari jenis molly hitam biasa, penambahan panjang tubuhnya sedikit di bawah 5 inchi. 

Dengan banyaknya corak hitam-putih yang terdapat pada tubuhnya, maka semakin cantik pula saat dipandang. Harga jual dalmatian molly mulai dari Rp. 1.500 per ekornya.

4. Yucatan Molly

Yucatan Molly

Yucatan molly termasuk satu golongan sama saifin molly. Warna yang mencolok dari yucatan molly yakni merah dan sedikit putih pada bagian perutnya. 

Ciri morfologi lainnya dari jenis ikan molly ini ialah memiliki sirip yang terlihat kekar, ukuran tubuhnya sedang/tidak terlalu besar dan hanya mampu tumbuh mencapai 12 cm. Harga jual yucatan molly bisa mencapai Rp. 10.000 per ekornya.

5. Wild Green Sailfin Molly

Wild Green Sailfin Molly

Wild green sailfin molly juga tergolong dalam kelompok sailfin molly, yang berarti molly bersirip panjang. Sesuai dengan penamaanya, ikan ini mempunyai warna dasar abu-abu kehijauan dengan warna orange. Jenis mikan molly ini memiliki tubuh yang menarik dan tergolong langka, namun harga jualnya yang masih bisa dijangkau, yakni Rp. 5.000 - 15.000/ekornya.

6. Silver Sailfin Molly

Silver Sailfin Molly

Molly sailfin putih atau perak merupakan hasil hasil dari hybrid poecilia. Jenis molly ini mempunyai sisik keperakan dan sirip panjang yang indah. Pertumbuhan silver sailfin molly betina lebih besar dibandingkan jantannya dan juga lebih berat. Untuk mendapatkan jenis molly ini anda harus merogoh kocek Rp. 2.500 – 10.000 per ekornya.

7. Poecilia Latipinna Molly

Poecilia Latipinna Molly

Memiliki keunikan yang terdapat pada tubuhnya berupa pola bintik-bintik dengan sirip punggung yang agak lebar. Habitat asal Poecilia latipinna terdapat di sungai San Antonio Texas.

Pertumbuhan makasimal ikan ini mencapai 12 cm. Jenis kelamin betina ikan ini memiliki ukuran tubuh yang besar dibandingkan jantan. Harga poecilia latipinna molly berkisar antara Rp. 5.000 – 50.000 per ekornya.

Baca Juga! 15 Jenis Ikan Mas Koki beserta Harga Jualnya. Ikan Hias dengan Bentuk Tubuh yang Unik dan Indah

8. Balloon Molly

Balloon Molly

Ballo molly, begitulah penamaan jenis molly ini karena bentuk tubuhnya yang menyerupai balon. Ballon mollly begitu familiar bagi pecinta ikan hias, sebab sering kita jumpai di toko ikan hias, hal tersebut juga karena ikan ini begitu populer di kalangan pecinta ikan hias di Indonesia. Harga balloon molly berkisar antara Rp. 2.000 – 3.000 per ekornya.

9. Golden Black Molly

Golden Black Molly

Jenis molly (golden black molly) memiliki keunikannya tersendiri lhoo. Corak warna emas pada pada sebagian tubuhnya, yaitu dari kepala hingga perut, kemudian selebihnya berwarna hitam. Jenis molly ini juga banyak diminati/populer di kalangan pecinta ikan hias. Harga jual ikan bisa dijangkau lhoo, yakni Rp. 3.000 – 50.000 per ekornya.

10. Black Lyretail Molly

Black Lyretail Molly

Black lyretail molly adalah variasi dari sailfin molly. Sailfin molly memiliki sebutan berupa Poecilia latipinna molly, toppers. Sesuai dengan namanya, ikan ini berwarna hitam serta terdapat sedikit warna putih pada bagian siripnya. Harga ikan ini berkisar antara Rp. 25.000 – 50.000 per ekornya.

11. Lyretail Molly

Lyretail Molly

Jenis lyretail molly, ciri-cirinya dapat diperhatikan pada ekornya menyerupai pita, tepatnya pada bagian ujung atas dan bawah, serta warna tubuhnya yang beragam. Pada umumnya, warna tubuhnya belang-belang yang dikombinasikan dengan warna cantik. Harga ikan ini berkisar antara Rp. 25.000 – 50.000 per ekornya.

12. Platinum Lyretail Molly

Jenis molly ini memiliki warna tubuh platinum atau emas, serta memiliki sirip punggung yang tinggi dan jenis guupy ini akan hanya tampak mengembang indah siripnya apabila ditempatkan di wadah yang luasnya cukup/tidak sempit. 

Oleh karena itu, platinum lyretail molly sangat cocok di akuarium. Ikan ini merupakan jenis hybrid dari lyretail molly. Setelah penulis melihat harganya di salah satu platform belanja online, harga platinum lyretail molly sekitaran Rp. 18.000 per ekornya.

13. Marbel Molly

Marbel molly

Molly marbel adalah jenis molly yang dihasilkan dari perkawinan silang, yang kemudian menghasilkan jenis molly ini (marbel molly). Bentuk tubuh jenis molly ini terlihat begitu indah dan anggun, dengan tubuhnya berwarna putih dan disertai bercak-bercak hitam. Ikan ini bisa diperoleh hanya dengan harga Rp. 2.000 – 10.000 per ekornya.

14. Creamsicle Sailfin Lyretail Molly

Creamsicle Sailfin Lyretail Molly

Penamaan jenis molly ini "creamsicle" karena bentuk tubuhnya yang menyerupai eskrim. Dapat dilihat pada gambar di atas!. Harga jual ikan ini tergolong mahal lhoo, di salah satu platform belanja online, harga Creamsicle Sailfin Lyretail Molly mencapai Rp. 350.000 sepasangnya.

15. Pot Belly Molly

Pot Belly Molly

Keunikan jenis molly ini dapat dilihat dari bentuk tubuhnya yang bulat seperti balon dengan dengan warna putih yang sangat menarik apabila dilihat. Harga jual pot belly molly sangat terjangakau, alias murah yakni muali dari Rp. 2.000 - 5.000 per ekornya.

Itulah 15 jenis ikan molly beserta harganya yang sudah penulis jelaskan beserta ulasannya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian, terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar