yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Beragam Jenis Pakan Alami Ikan Lele dari Tumbuhan

Pakan Alternatif Ikan Lele

Pakan alami ikan lele dari tumbuhan merupakan pakan alami yang efektif untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan lele. Pakan dari tumbuhan ini biasanya hanya digunakan sebagai pakan alternatif ikan lele.

Namun, beberapa tumbuhan dengan kandungan gizi tertentu juga dapat dijadikan makanan pokok. Pakan lele yang sebagian besar komposisinya dari tumbuhan yang mengandung banyak serat makanan, dan tentunya berdampak baik bagi pencernaan ikan.

Berikut ini penulis akan menyebutkan jenis tumbuhan apa saja yang dijadikan makanan ikan lele serta cara pemberiannya! 

Pakan termasuk faktor yang sangat menentukan keberhasilan usaha budidaya ikan. Dalam budidaya ikan lele, pakan dibagi menjadi dua jenis, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Kedua jenis pakan lele ini memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda pastinya.

Jadi perbedaannya apa saja nih? Yuk simak pembahasannya berikut ini! 

1. Pakan Alami

Pakan alami adalah pakan yang dibuat dari berbagai bahan organik langsung dari alam dan tidak mengandung bahan kimia. Untuk memproduksi pakan alami, anda bisa mencampurkan protein hewani ataupun nabati.

Penggunaan pakan alami cocok digunakan pada awal siklus budidaya, karena beberapa varietas berukuran kecil dan mudah dicerna oleh ikan. Pakan alami dapat menekan biaya budidaya karena harganya terjangkau dan mudah ditemukan di alam.  

2. Pakan Buatan

Pakan buatan adalah pakan produksi industri yang kandungan nutrisinya sudah ditentukan oleh ahli pakan. Contoh pakan buatan yang umumnya dikenal adalah pelet. Pelet merupakan pakan buatan yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan pertumbuhan ikan. Secara umum, semakin kompleks kandungan nutrisi pada pelet, semakin mahal pula harganya. 

Baca Juga! Ketahuilah!, Jenis-Jenis Pelet Ikan untuk Mengacu Pertumbuhannya

Pakan Alami Ikan Lele dari Tumbuhan

1. Daun Singkong

Daun singkong

Daun singkong bisa digunakan sebagai pakan tambahan untuk ikan lele yang dibudidayakan. Daun singkong mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan lele. Daun singkong mudah dijumpai oleh karen itu harganya sangat murah jika dijual.

Jika anda ingin memberikan daun singkong ke ikan lele, anda bisa mengolahnya terlebih dahulu. Langkah-langkahnya yaitu dengan mencuci bersih daun singkong terlebih dahulu. Kemudian rebus daun singkong sampai mendidih dan tiriskan dengan cara ditekan.

Lalu daun singkong dijemur di bawah sinar matahari hingga kering, setelah itu haluskan daunnya dengan blender. Terakhir, campurkan daun singkong yang sudah dihaluskan dengan telur atau tepung ikan hingga campurannya merata. Nah pakan yang sudah dibuat tersebut bisa langsung diberikan ke ikan lele.

2. Daun Pepaya

Daun pepaya

Bagi banyak orang, daun pepaya merupakan makanan alami yang sangat mudah ditemukan. Selain itu daun pepaya mengandung zat yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga lele terhindar dari berbagai serangan penyakit berbahaya. Daun pepaya juga efektif menjaga keseimbangan pH kolam.

Ada dua cara pemanfaatan daun pepaya untuk pakan lele. Cara pertama adalah dengan memberikan secara langsung daun pepaya ke ikan lele tanpa mengolahnya terlebih dahulu. 

Dengan demikian, anda bisa langsung memasukkan daun pepaya ke dalam kolam lalu menunggu beberapa hari sampai daunnya berlumut. Ketika lumut tumbuh di sekitar daun pepaya, lele akan memakannya dengan lahap.

Cara kedua yaitu dengan mencincangnya secara halus dan mencampurnya dengan air dan pelet. Setelah campuran tercampur rata, rebus dan aduk hingga teksturnya berubah menjadi layaknya bubur. lalu, bentuk adonan menjadi bulat sebelum ditebar ke kolam lele.  

3. Kangkung

Kangkung

Sebagai salah satu tumbuhan yang enak dan kaya nutrisi, kangkung tidak hanya banyak digemari manusia, ikan lele pun menyukai tumbuhan yang menyehatkan ini. Karena mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau, kangkung sering digunakan sebagai pengganti makanan pelet. 

Kangkung yang menjadi pakan ikan lele bisa diberikan secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Cara pengolahnnya yaitu menggunakan tepung ikan untuk menguatkan aroma pakan supaya nafsu makan lele semakin meningkat. 

Protein dan serat yang terkandung pada kangkung sangatlah tinggi, jadi sangat berguna untuk perkembangan ikan lele.

4. Batang Pisang

Batang pisang

Batang pohon pisang bisa juga lho dijadikan sebagai pakan lele saat lele sudah berumur 1-2 minggu. Agar mudah proses pengolahnnya, terlebih dahulu potong batang pisang menjadi beberapa bagian.

Setelah itu, keluarkan dan bersihkan zat lilin yang lengket dan letakkan di kolam lele. Biarkan selama 2-3 hari, berikutnya larva akan menetas dari batang pisang. Larva tersebut nantinya menjadi makanan lele. 

Baca Juga! Jenis Makanan Ikan Sepat yang Mengandung Nutrisi Tinggi

5. Daun Talas

Daun talas

Daun talas merupakan makanan alternatif yang cocok bagi ikan lele. Daun talas memiliki kandungan energi, lemak, protein, dan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ikan lele. 

Selain itu daun talas juga banyak mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kualitas air kolam. Daun talas harus diolah terlebih dahulu sebelum diberikan ke ikan lele. Pertama, siapkan daun talas dan pisahkan daun dari batangnya. Agar lele lebih mudah mengonsumsinya, potong daunnya kecil-kecil.

Anda juga bisa menambahkan bahan pakan lainnya seperti tepung ikan untuk melengkapi kandungan nutrisi pakan tersebut. 

6. Azolla microphylla

Azolla microphylla

Azolla microphylla adalah spesies pakis yang sering ditanam/tumbuh di sekitaran pekarangan rumah. Meskipun Azolla microphylla adalah salah satu spesies tumbuhan parasit, namun tumbuhan ini dapat dijadikan pakan alternatif yang baik untuk pertumbuhan ikan. 

Namun, Azolla microphylla memiliki kandungan protein yang relatif rendah sehingga hanya dapat digunakan sebagai pakan selingan. 

Saat pemberian Azolla microphylla ke ikan lele, pembudidaya hendaknya menggunakan trik khusus agar lele mau memakan tanaman ini. Soalnya, ikan lele tidak akan mau memakan tumbuhan jenis pakis ini jika lele masih diberikan pelet dalam waktu 24 jam. 

Oleh karena itu, pemberian pelet tidak dilakukan dalam waktu 24 jam agar lele dapat memakan Azolla microphylla. 

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai jenis pakan alami ikan lele dari tumbuhan. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar