yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Kuah Asam Keueng, Masakan Khas Aceh yang Memiliki Rasa Lezat

Kuah Asam Keueng

Terdapat banyak jenis makanan yang terdapat di dunia ini yang tentunya memiliki variasi rasa yang unik, enak serta beragam bentuknya. Salah satu hal utama yang penting dalam suatu masakan adalah rasa.

Jika suatu masakan tidak enak karena dalam proses pembuatannya tidak handal, maka jelas makanan tersebut tidak disukai. Perlu diketahui bahwasanya rasa adalah hal yang relatif.

Indonesia dikenal dengan negara yang memilki masakan khas tiap daerahnya. Tidak heran bahwasanya masakan terenak di dunia yaitu rendang berasal dari indonesia.

Banyak produk makanan indonesia yang sudah mendunia seperti indomie, serta banyak restoran luar negeri yang mencantumkan menu masakan indonesia di menu listnya, maka tidak heran banyak turis yang berkunjung ke indonesia untuk menyantap langsung masakan indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu kebanggaan bagi warga indonesia tersendiri.

Salah satu faktor kenapa masakan indonesia terasa lezat ialah rempah rempah yang begitu beragam. Bahkan salah satu alasan kenapa dulu negara luar menjajah indonesia ialah karena rempah rempah yang melimpah. 

Tapi rakyat indonesia tidak membiarkan hal tersebut terjadi dan pada akhirnya rakyat indonesia berhasil mengusir para penjajah.

Baik, tanpa banyak basa basi. Penulis akan membahas salah satu masakan/kuliner yang berasal dari Aceh yaitu kuah asam keueng ( kuah asam pedas) beserta resep dan proses pembuatannya

Kuah Asam Keueng

Mungkin sebagian yang membaca artikel ini sudah tau atau pernah mencicipi kuah asam keueng, tapi sebagiannya belum. Kuah asam keung adalah adalah masakan khas dari Aceh yang memiliki rasa mantap.

Sesuai namanya masakan ini berupa kuah berwarna kuning dan rasanya pedas dengan campuran lauk (ikan), biasanya ikan yang digunakan adalah tongkol atau sejenisnya, bandeng dan bisa juga menggunakan udang dan sebagainya.

Masakan ini dikenal dengan rasa yang weenak bangat dan sangat cocok disantap dengan nasi, apalagi dimakan pas lagi hangat hangatnya.

Baca juga! Kuah Pliek U, Masakan Khas Aceh yang Membuat Anda Ketagihan

Resep kuah asam keueng

Bahan bahan yang digunakan

  • Sediakan ikan, bisa berupa tongol, bandeng atau sebagainya (sesuia selera)
  • 6 buah belimbing sayur, belah memanjang
  • 5 buah cabai hijau besar, potong serong
  • 1 buah jeruk nipis, yang digunakan perasannya
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 4 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 6 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah
  • 8 buah asam sunti

Tahap pembuatan kuah asam keueng

  1. Tahap pertama yaitu bersihkan ikan yang digunakan untuk dimasak nantinya, potong atau bagi dalam 4-5 bagian. Anda juga bisa menggunakan udang (sesuai selera).
  2. Setelah dibersihkan, kemudian diberikan perasan jeruk nipis dan tambahkan garam, lalu aduk hingga merata dan tiriskan.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi, maka akan tercium aroma yang mantap.
  4. Setelah bumbu ditumis, maka masukkan ikannya dan tambahkan air secukupnya. Setelah penambahan air, maka warna dari kuah akan merubah menjadi kuning.
  5. Tambahkan belimbing sayur dan cabai hijau
  6. Pastikan ikannya matang dan bumbu meresap dengan sempurna 
  7. Kuah asam keueng siap disajikan dan disantap. Sangat cocok apabila disantap dengan nasi.
Suatu masakan terasa lezat apabila dimasak dengan teliti dan sengenap hati, serta alangkah baiknya menggunakan bumbu alami (rempah-rempah) sebagai penyedap, ketimbang menggunakan penyedap buatan (micin) yang tidak bagus untuk kesehatan.
Nah itulah sedikit penjelasan beserta resep dari kuah asam keueng. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai kuah asam keueng. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.