yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Jamur Kancing yang Memiliki Beragam Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Jamur Kancing

Jamur yang yang tumbuh dan dijumpai pada bangunan dinamakan kumung, jamur tersebut dapat tumbuh dengan baik pada jerami busuk dan substrat jerami. 

Selain itu, budidaya jamur juga dapat tumbuh subur pada kompos kertas, tandan kosong kelapa sawit, batang pisang dan biomassa sintetis yang dapat mengubahnya menjadi makanan dan bermanfaat meningkatkan kesehatan.

Berdasarkan penggolongan jenis jamur yang bisa dikonsumsi, terdapat beberapa jenis jamur yang bisa dikonsumsi. Jamur merupakan tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dan bersifat heterotrof.

Berdasarkan struktur/penyusun tubuhnya, tubuh jamur terdiri dari benang-benang yang dinamakan hifa. Hifa yang dapat membentuk anyaman bercabang disebut miselium. Jamur tergolong dalam berbagai jenis, secara umum ada yang untuk dikonsumsi dengan kandungan protein tinggi. 

Jamur kancing dikenal dengan bentuknya yang bulat dan berwarna putih. Manfaat jamur kancing bagi kesehatan sangatlah beragam, seperti menangkal radikal bebas, menurunkan kolesterol dan menambahkan sel darah merah.

Fakta Menarik tentang Jamur Kancing

  • Jamur kancing bukanlah tergolong dalam jenis sayuran, kan tetapi tetap tergolong dalam jamur itu sendiri.
  • Penyajian olahan masakan berbahan dasar jamur kancing sangatlah umum kita temukan.
  • Kandungan protein pada jamur kancing lebih tinggi jika dibanding beberapa jenis sayuran lainnya.
  • Vitamin D yang terdapat pada jamur kancing merupakan produk non-hewani untuk vegetarian.
  • Kandungan prebiotik yang ada pada jamur ini dapat mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan.
  • Mengonsumsi jamur kancing dapat meningkatkan efektevitas sistem kekebalan tubuh
  • Berdasarkan hasil dari banyaknya riset menyatakan bahwa beberapa jenis jamur diketahui kaya akan nutrisi dan khasiat, namun beberapa spesies jamur justru mengandung racun dan berbahaya untuk kesehatan

Baca Juga! Cara Budidaya Jamur Merang secara Praktis bagi Pemula, serta Dapatkan Profit yang Banyak

Kandungan Vitamin dan Mineral pada Jamur Kancing

Dari berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada jamur kancing, karbohidrat dan vitamin merupakan jenis nutrisi yang paling aktif untuk kesehatan tubuh.
  • Vitamin D mempunyai peran penting untuk menyerap serta mempertahankan kalsium dan fosfor yang berkontribusi untuk kesehatan tulang.
  • Vitamin B6 baik untuk mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh serta menakan permasalahan kardiovaskular.
  • Kandungan selenium dapat mencegah peroksidasi lipid yang mempengaruhi radikalisasi oksigen dan sangat berguna untuk kelenturan pergerakan sperma.
  • Fosfor berkontibusi dalam aktivasi enzim dan penyimpanan energi intraseluler.

Manfaat Jamur Kancing

Berikut ini penulis membahas mengenai manfaat jamur kancing untuk kesehatan

Baik untuk Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung sangatlah penting demi kehidupan yang baik. Peranan utama organ jantung yaitu memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah organ paru-paru membersihkan darah tersebut.

Mangonsumsi jamur kancing dipercaya dapat berdampak baik bagi kesehatan jantung. Kita ketahui bersama bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Nah salah satu solusinya, mengonsumsi jamur kancing bisa membantu mencegah penyakit ini.

Penyebab risiko utama penyakit jantung ialah atherogenesis, yakni merupakan pembentukan plak pada dinding arteri yang mengakibatkan aterosklerosis dan pengerasan pembuluh darah. Berdasarkan hasil riset para peneliti di Arizona State University, mareka mengkaji efek jamur kancing pada sel endote manusia dalam tabung reaksi. 

Hasil penelitian tersebut diterbitkan pada edisi juli 2010 “Nutrition Journal”, meyatakan bahwa jamur kancing dapat mengurangi peradangan pada sel-sel arteri serta mencegah sel-sel darah putih yang menempel pada dinding arteri.

Dari hasil riset tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi jamur kancing salah satu solusi untuk mencegah penyakit jantung.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sel-sel khusus dalam tubuh, yang biasanya dinamakan sebagai sel-sel pembunuh alami, berkerja dengan merespon cepat akan sel asing (penjajah) seperti sel kanker atau virus. Respon cepat sel tersebut sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh karena membantu tubuh melawan penyakit. 

Journal of Nutrition terbitan juni 2007, mengemukakan bahwa mengonsumsi jamur kancing dapat meningkatkan sistem kekebalan dengan meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami. 

Mengatasi Radikal Bebas

Manfaat yang tidak kalah penting dari mengonsumsi jamur kancing ialah dapat mengatasi radikal bebas di dalam tubuh. 

Radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Disebut “bebas” karena sel-sel ini kehilangan molekul penting yang membuat mereka dapat mendatangkan kerusakan jika bertemu dengan molekul lain.

Selenium yang terkandung dalam jamur kancing dapat berfungsi sama dengan flavonoid yang diketahui efektif mencegah radikal bebas dalam tubuh. 

Baca Juga! Jenis-jenis Jamur yang Bisa Dimakan dengan Cita Rasa yang Lezat, serta Cocok Dijadikan Berbagai Jenis Masakan Tertentu

Menjaga Kesehatan Tulang dan Menguatkan Tulang

Manfaat berikutnya mengonsumsi jamur kancing yaitu dapat menjaga kesehatan tulang serta menguatkannya. Adapun kinerjanya dengan cara meningkatkan asupan tenaga dan fosfor. Mineral-mineral tersebut mempunyai peran yang berbeda akan kesehatan tulang. 

Kandungan fosfor pada jamur kancing  dapat berkontribusi terhadap jaringan mineral anorganik yang berkhasiat akan kedapatan tulang. Sedangkan tembaga membantu tubuh memproduksi kolagen, protein sehingga menjadikan tulang tidak rapuh atau mencegah dari osteoporosis.

Peranan kedua mineral tersebut juga membantu menghasilkan energi, serta fosfo yang berkontribusi membentuk DNA. 

Mengurangi Risiko Terkena Diabetes

Selain khasiatnya yang dapat menjaga kesehatan dan fungsi jantung, mengonsumsi jamur kancing juga dapat mengobati penyakit diabetes tipe 2, karena kandungan beta glucan dapat mengendalikan kadar gula darah. 

Kamampunnya yang dapat menjaga kadar gula darah, oleh karena itu dapat menekan risiko penyakit diabetes, bahkan terlebih bila bagi anda yang sudah.

Menjaga Kesehatan Usus

Mengonsumsi jamur kancing diyakini mampu menjaga kesehatan usus. Kandungan polisakarida yang terkandung dalam jamur kancing, dapat berperan sebagai prebiotik. Nutrisi yang terkandung dalam jamur ini dapat mendukung bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan. Oleh karena itu, jamur kencing berperan penting dalam menjaga kesehatan usus. 

Baca Juga! Cara Budidaya Jamur Tiram bagi Pemula, Mudah Dilakukan dan Bisa Menghasilkan Banyak Keuntungan

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai jamur kancing yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar