yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

15 Jenis Ikan Mas Koki beserta Harga Jualnya. Ikan Hias dengan Bentuk Tubuh yang Unik dan Indah

Ikan Mas Koki

Ikan mas koki (Carrasius auratus) merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer bagi pecinta ikan hias di Indonesia. Ikan ini memilik bentuk tubuh yang unik serta indah dan pastinya mempunyai paduan warna yang beragam. 

Jangan lupa ya guys, baca artikel mengenai cara budidaya ikan ikan mas koki (Cara Budidaya Ikan Mas Koki, Panduan Lengkap untuk Pemula)

Di pasaran sendiri, ikan mas koki dijual dengan harga yang beragam. Tergantung jenis dan kualitasnya. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai beberapa jenis ikan mas koki beserta harga jualnya.

Jenis-jenis Ikan Mas Koki

1. Ikan Mas Koki Mutiara

ikan mas koki mutiara

Bentuk tubuh jenis mas koki mutiara tampak begitu lucu kerena bentuk tubuhnya yang bulat seperti mutiara. Sisik pada tubuh mas koki mutiara terlihat menonjol dengan sirip-sirip kecil pada bagian atas dan bawah tubuhnya.

Memiliki bentuk tubuh bulat seperti mutiara menjadi karekteristik tersendiri dan menjadi pembeda dengan jenis ikan mas koki lainnya. Paduan warna jenis mas koki ini juga beragam, seperti hitam dengan paduan corak kuning ataupun orange. 

Meskipun begitu, pastinya ada ikan mas koki mutiara yang mempunyai warna serta corak umum. Harga jual ikan mas koki mutiara berkisar Rp. 10.000 - 50.000/ekornya.

2. Ikan Mas Koki Ranchu

ikan mas koki ranchu

Jenis ikan mas koki rachu mempunya ciri khas pada punggungnya yang terlihat sedikit bungkuk. Ciri-ciri lainnya dari jenis mas koki ini yaitu, tidak mempunyai sirip pada bagian atas badannya, serta wujud kepalanya terlihat mirip seperti lion head dan oranda, sebab terdapat gumpalan kecil di sekitar kepalnya.

Secara umum, mas koki ranchu punya warna-warna yang kontras/terang dengan wujud ekor yang pendek. Ikan ini dibandrol dengan harga Rp. 30.000/ekornya. 

Baca Juga! Budidaya Kuda Laut, Jenis Ikan yang Unik dan Sangat Perlu Dibudidayakan

3. Ikan Mas Koki Oranda

ikan mas koki oranda

Jenis mas koki oranda mempunyai kemiripan seperti lion head, sebab bentuk kepalanya yang agak hirip sama yaitu punya gumpalan kecil-kecil seperti buah berry. Akan tetapi gumpalan yang dimiliki jenis mas koki oranda lebih kecil dibanding jenis mas koki lion head. 

Selain itu, Gumpalan yang tedapat di kepala oranda hanya pada bagian atas kepala, sedangkan lion head memiliki gumpalan di hampir seluruh bagian kepala. Kemudian, ciri-ciri yang tampak pada tubuh jenis ikan mas koki ini yaitu memiliki sirip di atas badannya. Untuk memliki ikan ini, anda harus merogoh kocek Rp. 50.000/ekor.

4. Ikan Mas Koki Ryukin

ikan mas koki ryukin

Asal jenis ikan mas koki ryukin yaitu dari jepang dan merupakan salah satu ikan mas koki yang populer, karena bentuknya yang unik/lucu. Bentuk tubuh ikan mas koki ryukin yaitu pendek serta mempunyai penuk dan siripnya lebar dan besar.

Harga ikan mas koki ryukin tergolong sangat mahal, dengan harga jualnya yang tinggi ikan ini masih sulit ditemukan di Indonesia serta secara umum masih impor dari luar negeri. Harga jual ikan mas koku ryukin mencapai 100.000 rupiah per ekornya.

5. Ikan Mas Koki Black Moor

ikan mas koki black moor

Penamaan jenis mas koki ini sesuai dengan namanya yaitu memiliki warna tubuh hitam. Warna tubuhnya yang hitam merupakan ciri khas dari mas koki black moor, ciri lain dari ikan ini yaitu mempunyai mata yang menonjol ke luar. Ikan mas koki black moor dibandrol dengan harga mencapai 200.000/ekornya

6. Ikan Mas Koki Lion Head

ikan mas koki lion head

Jenis mesa koki lain yang populer di Indonesia adalah ikan mas koki lion head. Jenis mas koki ini memiliki gumpalan-gumpalan layaknya buah berry serta bentuk kepalanya tersebut menjadi daya tarik jenis mas koki ini.

Ekor ikan lion head pendek dan tidak memiliki sirip di atas punggungnya, serta perutnya yang terlihat uncit dan bulat.  Harga ikan ini biasanya berkisar  Rp.  50.000/ekornya.

7. Celestrial Goldfish

ikan mas koki goldfish

Jenis mas koki celestrial/celestrial goldfish memmiliki bentuk kepala yang unik, serta matanya yang menonjol dan bentuk kepalnya seperti kepala ikan hiu kepala martil. 

Tonjolan mata jenis mas koki ini menghadap ke atas dan ikan ini tidak memiliki sirip punggung. Dari kedua ciri unik dari celestrial goldfish ini, ia mempunyai kemampuan melihat serta cara berenang yang baik. Untuk harga jual celestrial goldfish bisa mencapai Rp. 20.000/ekornya. 

8. Ikan Mas Koki Bubble Eyes

ikan mas koki bubble eyes

Sesuai dengan penamaannya, jenis ikan mas koki satu ini terdapat ciri khasnya yaitu pada bagian matanya seperti bubble/balon. Adapun ciri fisik dari bubble eyes, yaitu bentuk tubuhnya yang ramping serta tidak adanya sirip pada bagian atas tubuhnya.

Pada umumnya, bubble eyes memiliki warna tubuh orange atau merah, ataupun kombinasi keduanya, akan tetapi tak jarang pula bubble eyes memiliki warna tubuh hitam. Harga jual ikan mas koki bubble eye tergolong agak mahal, bisa mencapai Rp. 135.000/ekornya.

9. White Telescope

ikan mas koki white telescope

Setiap jenis ikan mas koki memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan mas koki white telescope. Jenis mas koki ini memiliki tubuh berwarna putih dan wujud mata yang menonjol sehingga tampaknya seperti telescope. Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 20 cm. 

Jenis ikan ini termasuk jenis ikan mas koki termahal, harga jual ikan mas koki white telescope bahkan bisa mencapai Rp 1.000.000/ekornya.

10. Fancy Panda

ikan mas koki fancy panda

Warna tubuh mas koki fancy panda yaitu seperti panda (hitam dan putih). Jenis ikan ini tergolong langka dan pastinya punya nilai jual yang mahal. Bentuk tubuh ikan ini bebentuk bulat dan tidak lonjong, serta panjang tubuhnya mencapai 20-30 cm. Ikan ini dibandrol dengan harga mencapai 100.000 rupiah per ekornya.

Baca Juga! Budidaya Ikan Louhan, Panduan Lengkap Cara Budidaya Louhan

11. Ikan Mas Koki Fantail

ikan mas koki fantail

Jenis ikan ini termasuk varietas barat dari ikan mas koki ryukin, yang mempunyai sirip panjang dan juga empat ekor yang lebih panjang dari tubuhnya. Ikan ini begitu dikenal dengan ciri khasnya yaitu ekor kipasnya yang mengembang, serta juga termasuk salah satu jenis ikan yang banyak disukai oleh pecinta ikan hias. 

Panjang tubuh ikan ini sekitar 10-15 cm serta  warna tubuhnya perpaduan warna perak dan kuning, maka tidak heran ikan ini banyak disukai. Harga jual ikan mas koki Fantail yakni 30.000/ekor.

12. Ikan Mas Koki Shubunkin

Warna tubuh ikan mas koki oranda bagitu indah, dengan perpaduan warna putih, orange serta corak hitam pada tubuhnya begitu tampak cantik. Harga ikan ini tergolong sedang, yakni dibandrol dengan harga Rp. 25.000/ekornya.

13. Ikan Mas Koki Tosakin

ikan mas koki tosakin

Jenis ikan mas koki ini bukan hanya dijadikan sebagai ikan penghias akuarium, tetapi juga dijadikan sebagai ikan kontes, dikarenakan wujud ekornya yang indah serta bentuk siripnya yang cantik. Harga jual ikan mas koki dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi, yakni sekitar Rp. 50.000 - 250.000. 

14. Ikan Mas Koki Watonai

ikan mas koki watonai

Warna tubuh ikan ini berupa keemasan yang tampak mewah pada tubuhnya, Oleh karena itu ikan ini tergolong jenis ikan mewah. Ikan ini dijual sampai dengan harga Rp. 200.000/ekornya

15. Ikan Mas Koki Calico

ikan mas koki calico

Jenis ikan mas koki ini tergolong langka, serta ikan ini juga memiliki perpaduan warna yang indah yaitu orange, putih dan coklat. Bukan hanya itu, ikan ini memiliki sirip yang memanjang dan kepalanya kecil. Ikan mas koki calico cocok dijadikan ikan penghias akuarium dan harganya pun terjangkau yakni Rp. 30.000/ekornya.

Baca Juga! Budidaya Ikan Cupang Koi, Potensi Bisnis Budidaya Ikan Hias yang Menjanjikan

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai 15 jenis ikan mas koki beserta harga jualnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar