yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

22 Jenis Guppy Terpopuler serta Banyak Diminati

Jenis Guppy Terpopuler
Sumber: Pixabay

Ikan hias adalah Jenis ikan yang berhabitat di perairan tawar ataupun laut yang dipelihara bukan untuk dikosumsi. Rupa fisiknya yang indah ataupun elok memberikan kesan unik tersendiri bagi yang melihatnya.

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwasnya banyak jenis ikan hias yang terdapat di alam dengan keunikanya masing masing.

Sekilas tentang ikan Guppy

Guppy merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar dan juga mampu hidup di air payau. Habitat ikan ini berada di sungai, danau dan selokan yang airnya jernih dan tenang.

Ikan guppy termasuk salah satu jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan oleh pecinta ikan hias, selain keindahan tubuhnya yang mungil, ternyata ikan ini mudah dibudidayakan. Pada umumnya ikan jantan terlihat lebih indah dibandingkan ikan betina.

Ikan Guppy (Poecilia reticulata) pertama kali ditemukan di kawasan Venezuela pada tahun 1859 dan ikan ini juga ditemukan di Guyana dan Kepuluan Karibia. Ikan guppy merupakan komoditas ikan air tawar.

Ukuran tubuh ikan guppy yang mungil dan memiliki corak warna ekor yang elok memberikan kesan indah tersendiri bagi yang melihatnya. Panjang ikan guppy jantan bisa mencapai 2-3 cm, sedangkan guppy betina memiliki tubuh yang lebih panjang dari jantannya yaitu 4-6 cm.

Cara budidaya ikan guppy harus melalui beberapa tahap yaitu Persiapan Tempat/Wadah, Pemilihan Induk Ikan Guppy, Pemisahan Indukan Ikan Guppy, Pemijahan Ikan Guppy, Penetasan Benih Ikan Guppy dan Pendederan. Semua tahap cara budidaya ikan guppy sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Jadi anda dapat membaca di artikel yang terkait, karena pada kesempatan ini penulis akan membahas mengenai jenis ikan guppy yang paling banyak diminati.

Baca juga! 15 Jenis Ikan Mas Koki beserta Harga Jualnya. Ikan Hias dengan Bentuk Tubuh yang Unik dan Indah 

22 Jenis Terpopuler

1. Blue Moscow


Jenis guppy blue moscow sangatlah terlihat menarik dengan corak warna biru yang dominan. Bentuk ekornya sama seperti guppy black moscow.

2. Black Moscow


Jenis guppy ini merupakan salah satu guppy yang memilki kelainan genetik. Sesuai namanya ikan guppy ini memiliki corak warna dominan hitam di seluruh tubuhnya.

3. Guppy Blue Japan



Populasi jenis guppy ini ada di Japang, guppy ini memilki corak warna biru yang indah.

4. Metal Lace Thailand


Sesuai namanya ikan ini berasal dari Nagara Thailand. Jika dilihat dari gambarnya, ikan ini memiliki corak ekor yang bergaris dan berwarna metal.

5. Red Mozaic


Jenis guppy ini memiliki susunan warna yang menarik karena berpolakan gelombang  dan didominasi oleh warna merah serta terdapat warna biru pada pangkal ekornya.

6. Super Red Singapore


Sesuai namanya, ikan ini berasal dari singapura yang memiliki corak warna merah cerah di seluruh tubuhnya. Postur tubuhnya sama seperti jenis guppy lain pada umumnya, tapi guppy ini memilki bentuk ekor sirip yang panjang.

7. Guppy Cobra


Corak ekor dari jenis guppy inilah sebagai  asal usul dinamakannya Guppy cobra.

8. Tuxedo


Jenis ikan guppy tuxedo adalah jenis guppy yang memilki warna gelap pada bagian belakang tubuhnya. Jenis guppy ini juga memilki bentuk sirip yang lebih besar.

9. Platinum Half-Moon


Jenis guppy terlihat sangat menawan bukan, sesuai namanya bentuk sirip ikan guppy ini menyerupai bentuk bulan sebagian dengan corak warna platinum.

10. Metal Yellow Lace


Warnanya yang bercorak kuning renda berpenampilankan metal, tentunya akan terlihat lebih menarik bukan?.

11. Blue Grass 


Jenis guppy ini merupakan memilki hubungan kekerabatan yang dekat dengan jenis guppy mozaic. Bentuk yang indah serta corak warna yang cerah.

12. Cherry Grass


Jenis guppy cherry grass memilki sirip ekor yang panjang serta lebar. Corak warnanya terlihat begitu unik serta bernilai ekonomis tinggi.

13. Young Pair Champion Purple


Ikan ini terlihat lebih mewah bukan? Tentunya memilki nilai jual tinggi.

14. Red Blonde


Jika dilihat dari gambarnya ikan ini terlihat menawan bukan?. Iya jelas menawan tentunya, dengan campuran merah yang pirang. Ikan ini biasanya dibandrol dengan harga sekitaran 50. 000 Rupiah.

15. Platinum Crown Tail


Ikan ini memiliki bentuk sirip ekor yang benbentuk seperti mahkota serta berwarna platinum. Sunggah sangat indah bukan?.

Baca juga! 15 Jenis Ikan Molly beserta Harganya. Jenis Ikan Hias Yang Sangat Cocok Dijadikan Hiasan Akuarium

16. Mosaic Chilli


Jenis guppy ini memilki corak yang indah, berpolakan seperti cabai serta berpad dengan warna lainnya.

17. Guppy Veiltail


Berdasarkan namanya, penggolongan jenis guppy yang satu ini berdasarkan pola ekornya yang meyerupai kerudung, bukan pada corak warnanya,

18. Red lace Guppy


Jenis Guppy ini sangatlah terlihat indah dengan paduan corak warna merah yang dominan di bagian sirip ekor dan sekelilingnya.

19. Double Swordtail Guppy


 Jenis Guppy yang satu ini memiliki sirip ekor menyerupai pedang dab berjumlah ganda, oleh karena itulah ikan ikan ini dinamakan double swordtail guppy.

20. Lyretail Guppy


Bentuk sirip ekor jenis guppy ini menyerupai dengan guppy double swordtail, hanya saja sedikit terdapat perbedaan yaitu ekornya terlihat lebih mengembang.

21. Pink White Guppy


Jenis guppy ini terlihat begitu menawan, dapat dibuktikan dengan corak warna pink yang berpadu putih dan bentuk pola ekor yang indah.

22. Guppy Leopard


Jenis guppy ini merupakan hasil persilangan dari guppy mozaic. Jenis guppy tidak begitu digemari oleh pecinta ikan hias, karena memilki corak warna yang simpel.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai 22 jenis guppy terpopuler serta banyak diminati. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.