yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Cara Budidaya Ikan Molly. Mudah Dilakukan dan Menghasilkan Anakan yang Berkualitas

Ikan Molly

Ikan molly menjadi primadona bagi pecinta ikan hias. Bagaimana tidak, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang beragam indah dan unik. Jenis ikan molly juga sangat beragam yang sudah penulis di artikel sebelumnya. (15 Jenis Ikan Molly beserta Harganya)

Tanpa banyak basa-basi, berikut penulis akan membahasa mengenai cara budidaya ikan molly. Terdapat beberapa langkah dalam usaha budidaya ikan molly. Berikut pembahasannya:

Cara Budidaya Ikan Molly

1. Persiapan Wadah (Akuarium)

Persiapan wadah merupakan langkah pertama yang harus dipersiapkan pada kegiatan budidaya ikan pada umumnya. 

Anda bisa menggunakan akuarium sebagai wadah untuk melangsungkan kegiatan budidaya ikan molly nantinya, karena pada umumnya para pembudidaya ikan molly menggunakan wadah berupa akuarium. Tetapi terdapat pembudidaya lainnya menggunakan kolam semen ataupun wadah lainnya berupa ember. 

2. Pengaturan Suhu Akuarium

Pengaturan suhu pada wadah budidaya ikan molly (sudah terisi air) sangat perlu dilakukan, agar nantinya ikan dapat hidup dengan baik dan aman tentunya. Ikan molly hidup di kisaran suhu air 24-30 derajat celcius.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menempatkan ikan ini pada suhu kurang/lebih dari kisaran suhu yang sudah ditentukan, dikarenakan tidak bisa tumbuh dengan baik dan tidak bisa berkembang biak, bahkan bisa mengalami kematian. 

Untuk meningkatkan kualitas air (agar kebutuhan oksigen terpenuhi), anda bisa memberikan suplai oksigen yang lebih atau dilangkapi dengan sistem aerasi.

Baca Juga! Jenis-jenis Ikan Botia, Ikan Hias yang Sangat Cocok Dijadikan sebagai Ikan Penghias Akuarium

2. Pemilihan Indukan Ikan Molly

Terdapat beberapa cara membedakan antara ikan molly berjenis kelamin jantan dan betina. Adapun perbedaanya dapat dilihat dari bentuk wujud/fisiknya, mulai dari ukuran tubuhnya, bentuk sirip, bentuk kepala, corak warna hingga bentuk sirip perutnya. 

Berikut pembahasan lebih lanjutnya mengenai perbedaan ikan molly jantan dan betina:

  • Ukuran Tubuh Ikan

Ukuran tubuh menjadi salah satu cara untuk membedakan antara ikan molly berjenis kelamin jantan dan betina. Ikan molly jantan memiliki tubuh yang kecil dibandingkan betina, serta ikan betina mempunyai bentuk tubuh yang bulat.

  • Bentuk Kepala 

Cara selanjutnya membedakan ikan molly berjenis kelamin jantan dan betina adalah dari bentuk kepalanya. Bentuk kepala ikan molly jantan lebih kecil dari jenis betina.

Pada ikan jantan, jarak antara mata dengan ujung mulut lebih dekat. Sedangkan molly betina mempunyai mulut besar yang mengikuti bentuk tubuhnya, serta mulutnya berbentuk mancung.

  • Corak Warna Ikan

Dari corak warna tubuh ikan, kita dapat membedakan jenis kelaminnya. Ikan molly berjenis kelamin betina memiliki warna yang beragam, akan tetapi warnanya agak gelap dan berkesan kurang menarik.

Nah, sedangkan ikan molly jantan juga memiliki warna tubuh yang beragam, namun lebih cerah. Hal ini terjadi agar ikan jantan terlihat menarik, sehingga bisa menarik perhatian ikan betina.

  • Bentuk Sirip

Terdapat kemiripan antara sirip ikan molly dan ikan cupang, namun sirip ikan molly tidak terlalu lebar. Perbedaan sirip ikan molly jantan dan betina yaitu, molly jantan biasanya memiliki sirip lebih lebar dan panjang, serta warnanya kontras. Sedangkan molly betina, ukuran siripnya kecil dan pendek, serta lebih dominan satu warna saja.

  • Sirip Perut 

Salah satu cara selanjutnya membedakan ikan molly berkelamin jantan dengan betina yaitu pada bagian bawah, tepatnya pada sirip perut ikan molly. Molly jantan memiliki Gonopodium, yakni terdapat sirip yang bentuknya meruncing yang terdapat pada bagian bawah perut.

Hal tersebut berbeda dengan ikan betinanya yang tidak memiliki sirip runcing, tetapi sirip pada bagian bawah perutnya berukuran lebar dan berbentuk bulatan.

Baca Juga! 15 Jenis Ikan Mas Koki beserta Harga Jualnya. Ikan Hias dengan Bentuk Tubuh yang Unik dan Indah

3. Melangsungkan Pemijahan Ikan Molly

Tujuan dari pemijahan adalah untuk menghasilkan anakan yang banyak dari proses perkawinan. Pemilihan indukan ikan molly tidaklah sembarangan, ikan molly haruslah yang sudah berumur matang. 

Untuk mengetahui apakah indukan sudah mencapai umur untuk siap dipijahkan atau belum, kita bisa memperhatikan warna bagian kelaminnya. Indukan molly siap dikawinkan apabila bagian kelaminnya sudah berwarna cerah.

Adapun caranya yaitu masukkan sepasang bibit ikan molly (jantan dan betina) ke dalam wadah khusus yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu tunggu selama 2-3 hari sampai indukan menghasilkan anakan/larva.

Ciri-ciri Ikan Molly Hamil

  • Pada umumnya, indukan betina yang sudah hamil dapat ditandai dengan perutnya yang lebih besar.
  • Kemudian pada jenis ikan molly tertentu ditandai dengan adanya bintik hitam pada perutnya.

4. Tempatkan Anakan Ikan Molly dalam Wadah Khusus

Setelah adanya anakan pasca pemijahan induknya, maka langkah selanjutnya yaitu memindahkan anakan ikan molly secara terpisah ke akuarium ataupun jenis wadah khusus lainnya. Hal ini dilakukan agar anakan yang baru dilahirkan tidak beresiko dimakan oleh ikan dewasa. 

5. Pemberian Pakan/Makanan yang Bergizi

Ikan molly yang sudah berumur dewasa, maka sudah bisa diberikan pakan berupa cacing sutra, cacing darah kutu air dan sebagainya, serta anda juga dapat memberikan pelet sebagai pakan buatan yang sesuai dengan bukaan mulut ikan molly.

Benih ikan molly hendaknya diberikan pakan berupa kutu air, pemberian kutu air dinilai sesuai dengan ukuran benih dan pada umumnya salah satu jenis pakan yang bisa diberikan pada tahap benih yaitu kutu air. Anda bisa memperoleh kutu air dari penyedia/pembudidaya ataupun mencarinya langsung di serokan. 

6. Perawatan/Menjaga Kebersihan Akuarium

Menjaga serta memperhatikan kebersihan akuarium ataupun wadah pemeliharaan, sebab kondisi wadah pemeliharaan yang tidak bersih/kotor dapat menyebabkan ikan tidak bisa berkembang dan tumbuh dengan baik, serta bahkan dapat menimbulkan penyakit sehingga mengakibatkan kematian ikan.

Nah itulah beberapa tahap dalam budidaya ikan Molly. Semoga bermanfaat informasi yang penulis sampaikan. Sekian, terima kasih.

Baca Juga! Budidaya Kuda Laut, Jenis Ikan yang Unik dan Sangat Perlu Dibudidayakan

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai cara budidaya ikan molly. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar