yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Cara Budidaya Ikan Mas Koki, Panduan Lengkap untuk Pemula

Ikan Mas Koki

Ikan mas koki (Carrasius auratus) adalah ikan air tawar yang berasal dari familia Cyprinidae serta ordo Cypriniformes. Ikan mas adalah salah satu ikan yang berhasil untuk didomestikasi, dipelihara dan dibudidayakan manusia. 

Ikan mas begitu populer dijadikan ikan hias peliharaan dalam akuarium. Varietas Carassius auratus auratus yang sudah didomestikasi dan tampak mutasi tubuh bersirip ekor ganda dan berbentuk memampat bulat yang disebut mas koki. 

Bukan hanya banyak digemari dan populer di masyarakat Indonesia serta bentuknya yang unik, ikan mas koki juga punya harga jual yang tergolong mahal dan stabil. 

Membudidayakan ikan mas koki merupakan salah satu upaya yang baik untuk memperbanyak jumlahnya serta akan memperoleh profit yang besar jika dijual. Oleh karena itu perlu adanya ilmu/pengetahuan yang lebih mengenai cara budidaya ikan mas koki. 

Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi ilmu tentang cara budidaya ikan mas koki. Tidak perlu khawatir yaa, karena kegiatan budidaya ikan mas koki tergolong mudah kok. Akan tetapi, dalam kegiatan ini dibutuhkan ketekunan dan keahlian agar berhasil dalam usaha budidaya ini.

Baca Juga! Memulai Usaha Budidaya Ikan Mas, Salah Satu Usaha Budidaya yang Menjanjikan

Cara Budidaya Ikan Mas Koki

1. Persiapan Wadah

Langkah pertama yang harus disiapkan dalam menjalankan kegiatan budidaya ikan mas koki adalah persiapan wadah, adapun jenis wadah yang harus disiapkan adalah akuarium dengan ukuran susuai dengan keinginan anda. 

Namun, saran penulis ukuran wadahnya haruslah yang lumayan besar. Dengan ukuran akuarium yang tergolong besar, pastinya akan memudahkan anda dalam merawat dan mengontrol kondisi ikan dan wadahnya selama proses budidaya berlangsung.

2. Memilih Indukan Ikan Mas Koki

Pemilihan indukan akan berpengaruh terhadap anakan yang dihasilkan nantinya. Terdapat beberapa prosedur dalam memilih indukan mas koki yang punya kualitas tinggi, yaitu:

  • Pilihlah indukan yang agresif/aktif pergerakannnya
  • Mempunyai warna yang cerah dan tidak ada bekas luka
  • Kondisi induk haruslah fit, yakni sedang tidak mengalami penyakitan serta tidak cacat pastinya.

Bukan hanya itu, anda juga harus pandai membedakan antara jenis ikan mas koki indukan jantan dan betina. Berikut ciri-ciri dari setiap jenis kelaminnya:

A. Indukan Jantan

  • Pada umumnya, jenis indukan jantan mempunyai sirip bintik-bintik putih pada bagian sisinya.
  • Pada bagian anus biasanya cenderung terlihat rata
  • Indukan jantan mempunyai gestur tubuh yang ramping

B. Indukan Betina

  • Sirip pada indukan betina lebih mulus, yakni tidak adanya bintik-bintik
  • Pada bagian anusnya terlihat lebih menonjol
  • Postur tubuh indukan betina cendrung lebih bulat jika dibandingkan dengan indukan jantan.

3. Pemijahan Indukan Mas Koki

Apabila anda sudah mendapatkan indukannya, maka langkah selanjutnya yaitu mengawinkannya. Terdapat beberapa langkah untuk melangsungkan pemijahannya, yaitu;

Pemijahan indukan mas koki dilangsungkan dalam wadah akuarium, serta disarankan dilengkapi dengan enceng gondok. Keberadaan enceng gondok akan memberikan rasa nyaman bagi indukan ketika memijah serta sebagai tempat peletakan telur nantinya pasca pemijahan.

Satu indukan jantan mampu mengawini 2 ekor betina, jadi anda cukup menyiapkan 1 ekor indukan jantan serta 2 ekor indukan ikan mas koki.

Setelah idukan betina mengeluarkan telur hasil, maka selanjutnya indukan jantan akan membuahi telur tersebut. Pembuahan dengan cara ini juga dinamakan dengan pembuahan eksternal.

Baca Juga! Teknik Pembesaran Ikan Koi, Ketahuilah Cara Pembesaran Ikan Koi dan Dapatkan Keuntungan yang Menggiurkan

4. Perawatan Benih/Anakan Ikan Mas Koki

Setelah indukan jantan membuahi telurnya, maka telur akan menetas biasanya setelah 2-4 hari. Jika ada telur yang tidak dapat menetas maka telur tersebut sebaiknya diambil agar tidak mengotori wadah tersebut.

Setelah penetasan telur dan adanya larva, maka anda tidak perlu memberikannya makan terlebih dahulu, sebab larva yang baru menetas mempunyai cadangan makanan yang bisa digunakan sampai 3-4 hari pasca penetasan.

Berikutnya, larva ikan mas koki biasanya diberikan makanan berupa kuning telur yang sudah direbus. Lalu setelah usia anakan 14 hari, anda bisa memberikan cacing sutra yang diberikan secara bertahap dan sedikit demi sedikit. Kondisi air dan akuarium haruslah selalu dikontrol, karena tahapan larva pada ikan masih berada dalam kondisi sensitif.

5. Pemanenan dan Pemasaran Ikan Mas Koki 

Pemanenan ikan mas koki dilakukan setelah berumur 3-4 bulan dengan berat rata-rata ikan 400-600 gram/ekornya. Teknik pemasaran ikan mas koki biasanya ditujukan ke pengepul, penjual ikan enceran ataupun pecinta ikan hias. Penjualan secara online juga perlu dilakukan agar pemasaran dapat terjangakau ke berbagai daerah.

Biasanya harga ikan mas koki dijual dengan harga yang terjangkau yaitu 10.000 per ekornya. Nilai jualnya bisa saja lebih tinggi lagi tergantung pada jenis dan kualitasnya. Begitulah sekedar info mengenai cara budidaya ikan mas koki. Bagaimana, tertarik bukan?

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai cara budidaya ikan mas koki. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar