yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Budidaya Ikan Cupang Koi, Potensi Bisnis Budidaya Ikan Hias yang Menjanjikan

                              Ikan Cupang Koi

Menjalankan usaha budidaya ikan hias menjadi prospek bisnis yang besar di zaman sekarang ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya yang sudah memulai bisnis ini, dan keuntungan yang meraka dapatkan sangat banyak. 

Membudidayakan ikan hias, khususnya ikan cupang sangatlah mewadah sekarang ini. Dapat disimpulkan bahwasnya banyaknya pembudidaya ikan cupang, karena banyaknya permintaan atau peminat ikan ini.

Bagi seorang pecinta ikan hias khususnya cupang, tidaklah asing lagi dengan jenis ikan cupang satu ini, yaitu ikan cupang koi cupang halfmoon, cupang double tail, cupang crown tail, cupang plakat, cupang fancy, cupang kachen worachai, cupang big ear, cupang paradise, cupang paradise dan sebagainya.

Jeinis- jenis ikan cupang sudah penulis jelaskan di artikel sebelumnya, 7 jenis cupang terpopuler serta banyak diminatiHarga ikan cupang tergantung pada jenisnya, ikan cupang termahal salah satunya yaitu ikan cupang blue rim, yang harganya mencapai 1 juta atau lebih.

Pada kesempatan kali ini penulis tidak akan membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis ikan cupang karena sudah penulis jelaskan di artikel sebelumnya, yaitu di panduan lengkap cara-budidaya ikan 

Akan tetapi penulis akan membahas mengenai budidaya ikan cupang koi, potensi bisnis budidaya ikan hias yang menjanjikan.

Seputar Ikan Cupang Koi

Ada beberapa jenis ikan cupang koi yaitu, ikan cupang koi cooper, ikan cupang koi galaxy dan ikan cupang koi multi color. Dari setiap jenis ikan cupang koi tersebut memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. 

Misalkan, ikan ikan cupang koi cooper yang memiliki bentuk siripnya yang indah serta warna yang lebih dominan putih, merah dan hitam dengan pola yang keren tentunya.


ikan cupang koi cooper

Sedangkan karakteristik jenis ikan cupang koi galaxy ialah memiliki bentuk tubuh serta siripnya yang sama dengan ikan cupang koi cooper, hanya saja warna tubuh dan pola warna yang berbeda. 

Jenis ikan cupang koi galaxy memiliki paduan corak warna yang biasanya berupa merah, putih dan biru, semakin unik pola warna yang dimiliki maka semakin mahal harganya. 


ikan cupang koi galaxy

Budidaya Ikan Cupang Koi

Melakukan usaha budidaya ikan koi tergolong mudah, asalkan punya ketekunan yang baik. Pada umumnya, membudidayakan jenis ikan cupang sama halnya seperti membudidayakan jenis ikan cupang lainnya.

Adapun tahapan umum dalam membudidayakan ikan cupang koi yaitu:

  1. Pemilihan induk ikan cupang
  2. Persiapan wadah pemijahan 
  3. Sediakan tanaman air sebagai tempat berlindung anakan ikan
  4. Lakukan pemijahan indukan ikan cupang, dengan menempatkannya di wadah yang sudah tersedia 
  5. Setelah adanya telur, lalu telur yang sudah menetas berikan kutu air.
  6. Lakukan kegiatan pembesaran ikan cupang sampai ukuran yang anda inginkan 

Potensi usaha bisnis ikan cupang, khususnya jenis ikan cupang koi sangatlah besar. Harganya pun sangat tinggi di pasaran, adapun harganya yang sudah berukuran dewasa bernilai sekitaran 150.000-200.000. 

Kualitas corak warna tubuhkan sangat menentukan harganya, semakin bagus kualitasnya maka semakin tinggi harganya.

Baca Juga! Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Gabus, Dijamin Berhasil dan Dapatkan Keutungan yang Besar

Untuk mendapatkan ikan cupang koi, sudah sangat mudah untuk memperolehnya. Anda bisa mendapatkan penjual/penyedia terdekat ikan cupang, ataupun membelinya di toko online. Mengingat semakin mewadahnya penjual online ikan cupang, hal tersebut sangatlah membantu kita mendapatkan ikan cupang yang diinginkan.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai budidaya ikan cupang koi. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar