yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Teknik Pembesaran Ikan Koi dan Dapatkan Keuntungan yang Menggiurkan

Teknik Pembesaran Ikan Koi

sumber: pixabay

Ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) dikenal sebagi ikan peliharaan atau ikan hias. Ikan ini identik dengan warna-warni yang cerah ditubuhnya. Ikan koi dipercaya sebagai ikan pembawa keburuntungan dan sebagai simbol cinta dan persahabatan.

Ikan koi mempunyai harga yang fantastis di pasaran, banyak orang melakukan bisnis pembesaran atau budidaya ikan koi karena tergiur dengan harganya yang mecapai jutaan rupiah. Jadi menjalankan usaha pembesaran ikan koi menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan, apalagi selama pandemi corona sekarang ini, yang semua orang sedang  mengikuti tred dengan melakukan hal-hal yang produktif

Manjalankan usaha budidaya ikan koi tidaklah susah, asalkan kita mengatahui cara budidaya ikan koi. Anda bisa menjalankan usaha budidaya ikan koi di halaman rumah yang terbatas. Keterbatasan lahan budidaya ikan koi bukanlah masalah yang besar, jadi anda tidak usah khawatir. Artikel ini berisi tentang cara pembesaran ikan koi. 

Baca Juga! Panduan Cara Mudah Budidaya Ikan Koi, Keuntunggannya Sangat Menggiurkan!

Cara Pembesaran Ikan Koi

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memulia usaha pembesaran ikan koi sebagai berikut:

1. Persiapan Kolam Pembesaran Ikan Koi

Persiapan kolam adalah tahap utama dalam menjalankan bisnis pembesaran ikan koi. Ada beberapa pilihan jenis kolam yang anda bisa gunakan, seperti kolam tanah, kolam terpal, kolam beton dan wadah sejenisnya. 

Pada umumnya pecinta ikan yang membudidayakan ikan koi rumahan, mareka menggunakan jenis kolam semen atau kolam beton . luas kolam yang harus dibuat dengan memiliki panjang dan lebar 3x5 m dan kedalaman kolam sekitar 2 meter

Anda bisa menambahkan alat dan bahan pelengkap dalam pembesaran ikan koi, yaitu aerasi dan filter. Kegunaan aerasi yaitu sebagai penyuplai oksigen tambahan pada kolam pembesaran ikan koi, sedangkan kegunaan filter ialah alat penyaring sampah atau kotoran, yang dapat membuat kualitas air kolam tercemar.

2. Penebaran Benih Ikan Koi

Benih ikan koi bisa anda mendapatkannya dengan melakukan pemijahan indukannya tersendiri. Namun, jika anda taidak ingin merasa repot maka bisa langsung membelinya ketempat penyedia benih ikan koi.

Baca Juga! Pembahasan Tentang Adaptasi Plankton di Perairan

Perlu adanya pengetahuan tentang benih ikan yang berkualitas. Adapun ciri-ciri benih koi yang berkualitas yaitu: 

  • Ciri-ciri ikan yang berkualitas dapat diketahui pada fisiknya. Benih ikan koi yang dipilih tidak cacat dan terbebas dari hama dan penyakit.
  • Usia benih yang ditebar nantinya ke kolam pembesaran ialah berusia 1 bulan setelah benih melewati masa pendederan. 
  • Benih ikan koi yang berkualitas memiliki waran yang kontras dan memiliki pergerakan yang aktif

Setelah melalui tahap pemilihan benih ikan koi yang berkualitas, maka langkah selanjutnya yaitu penebaran benih ke kolam pembesaran. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama proses penebaran benih ikan koi yaitu:

  • Pada saat penebaran benih dilakukan, perlu adanya aklimatisasi. Aklimatisasi adalah penyesuaian fisiologis suatu organisme terhadap lingkungan baru yang ditempatinya. 
  • Adapun cara aklimatisasi benih ikan koi ke kolam yaitu dengan membenamkan packingan plastik yang berisi benih ke kolam selama 10-15 menit, lalu buka ikatan packingan plastik dan biarkan ikan keluar dengan sendirinya. 
  • Penebaran benih ikan koi harus dilakukan pagi hari atau sore hari, supaya terhindar dari panasnya sinarnya matahari.

3. Pemeliharaan Benih Ikan Koi

Padat tebar benih ikan koi harus diperhatikan, tidak boleh lebih karena dapat mengahambat pertumbuhan ikan koi. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada tahap pemeliharaan ikan koi yaitu: 

  • Perlu adanya pengecekan rutin terhadap kualitas air kolam setiap harinya, suhu air haruslah stabil 22-25 °C
  • Pastikan filter dan aerasi selalu menyala selama 24 jam nonstop
  • Jika air kolam mulai berkurang, maka anda harus menambahkannya 
  • Lakukan pergantian air seminggu sekali, agar kualitas air tetap terjaga
  • Ikan koi diberikan pakan berupa pelet. Ukuran pelet harus disesuaikan dengan bukaan mulut dan frekuensi pemberian pakannya 2-3 sehari.
  • Pemeliharaan ikan koi berlangsung sampai ikan berukuran besar dan sudah mecapai usia dewasa atau anda bisa memasarkannya.

4. Pemasaran Ikan Koi

Sebagai kita ketahui bahwasanya ikan koi memiliki harga tinggi di pasaran. Lakukanlah pemanenan dengan cara yang baik dan benar. 

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai teknik pembesaran ikan koi. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, terima kasih. 

1 komentar

1 komentar

  • Adi Selamet
    Adi Selamet
    12 Maret 2021 pukul 13.02
    Ikan koi bagus diternak untuk bisnis sampingan. Thanks min infonya bagus.
    Reply