yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Meningkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan Indonesia Melalui GuruInovatif.id

GuruInovatif.id

Pendidikan di Indonesia

Kondisi pandemi Covid-19 memberikan gambaran atas kelangsungan pendidikan di masa depan melalui bantuan teknologi. Namun, teknologi tetap tidak dapat menggantikan peran guru, dosen dan interaksi belajar antara pelajar dan pengajar, sebab edukasi bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerja sama, serta kompetisi. 

Situasi pendemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi kreativitas setiap individu dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan. Begitulah tutur Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Bapak Nizam dalam acara Medan International Conference on Energy and Sustainability, Selasa (27/10).

Penulis mengutip dari situs akseleran.co.id, mengenai permasalahan dalam bidang pendidikan di Indonesia. Pada artikel tersebut menuliskan terdapat beberapa permasalah dalam bidang pendidikan Indonesia, salah satunya yaitu rendahnya kualitas tenaga pendidik.

Mengutip pembahasan dalam artikel tersebut menyatakan bahwa, menurut Global Education Monitoring (GEM) Report 2016 oleh UNESCO, pendidikan di Indonesia menempati urutan ke-10 dan urutan terakhir untuk kualitas guru dari 14 negara berkembang. Berdasarkan data riset tersebut, tampak jelas bahwasanya rendahnya kualitas pendidik menjadi permasalahan yang serius dalam bidang pendidikan Indonesia.

Berdasarkan sumber kutipan lainnya dari penerbitbukudeepublish.com, mengenai permasalahan dalam bidang pendidikan di Indonesia. Salah satu permasalahannya yaitu minimnya bahan pembelajaran.

Bahan pembelajaran yang mempuni tentunya memberikan dampak positif bagi guru dan peserta didik. Seorang guru harus membekali dirinya dengan pengatahuan yang lebih mengenai bidang ilmu yang diajarkan serta pentingnya mengikuti pelatihan belajar-mengajar agar nantinya para peserta didik mampu menerima dengan baik bahan pembelajaran yang disampaikan. Dengan begitu, semangat belajar para peserta didik menjadi semakin meningkat.

Pengaruh Pendidikan

Nah, kedua permasalahan tersebut menjadi faktor penghambat untuk berkembangnya mutu pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, peranan pemerintah sangatlah penting dalam menyelesaikan permasalahan ini, terutama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek) yang dikenal sebagai steakholder dalam hal ini. 

Menurut penulis sendiri, dari dua permalahan di atas yaitu rendahnya kualitas guru dan minimnya bahan pembelajaran, maka dari setiap masalah pastinya ada solusi di baliknya. Adapun salah satu solusi yang dapat penulis berikan yaitu para tanaga pendidik/guru dapat bergabung dalam platform online learning supaya bisa memperluas wawasan, membangun keterampilan mengajar serta meningkatkan skill. Akan tetapi, haruslah pandai memilih platform learning mana yang benar-benar memberikan pengaruh positif bagi para guru.

Peranan Platform Online Learning

Platform Online Learning

Kehadiran platform online learning di zaman sekarang ini sangat mambantu para guru dan pelajar untuk memperluas wawasan pengetahuan dan meningkatkan skill. Dengan sistem belajar jarak jauh, mudah diakses serta metode pembelajaran yang mudah dipahami, maka tidak heran jika platform online learning banyak diminati para palajar ataupun bagi tenaga pendidik. 

Apalagi dengan adanya masa pandemi covid-19 mengharuskan kita stay safe untuk tetap berada di rumah. Oleh karena itu, supaya kita tetap bisa memperoleh pendidikan dan dapat meningkatkan skill maka platform belajar online menjadi solusinya.

Kualitas guru pengajar dan pendidik sangat mempengaruhi proses penyampaian materi pembelajaran terhadap murid. Mutu berkualitas baik yang dimiliki oleh tenaga pendidik tentunya menjadi faktor pendukung dalam keberhasilan pada sistem pendidikan.

Kualitas mutu pendidik/guru tentunya sangat perlu ditingkatkan agar para murid memperoleh pendidikan yang berkualitas. Karena apa yang disampaikan oleh guru dalam proses belajar-mengajar, itulah yang akan diterima oleh peserta didik. 

"Guru yang baik adalah orang yang gigih " -Gilbert Highet

GuruInovatif.id sebagai Platform Pelatihan Pendidik Online untuk Pendidikan Indonesia

GuruInovatif.id sebagai Platform Pelatihan Pendidik Online

Memilih platform online learning sebagai forum untuk guru belajar merupakan salah satu upaya yang sangat perlu dilakukan untuk memperdalam pengetahuan, meningkatkan pengalaman dan skill para guru dalam kegiatan belajar-mengajar.

Nah, terdapat banyak platform yang menawarkan jasa bagi para tenaga pelajar dan pendidik untuk meningkatkan pengalaman dan skill. Hanya saja, kita harus pandai memilih platform penyedia jasa tersebut dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti jasa-jasa unggul yang ditawarkan, biaya pendaftarannya yang dapat dijangkau, testimoni pengguna jasa dan sebagainya. 

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Para guru dapat meningkatkan keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat. Terdapat beberapa alasan mengapa guru harus belajar di Guruinovatif.id. Berikut penulis akan mengulasnya.

Alasan Mengapa Guru Harus Belajar di GuruInovatif.id

4 Alasan Guru Harus Belajar di GuruInovatif.id

1. Melatih Kamampuan Guru

Sama halnya dengan platform learning lainnya, Guruinovatif juga menawarkan jasa pelatihan guru. Namun platform learning ini menggunakan beberapa metode unggul dalam pelatihan kemampuan guru, yaitu mulai dari topik PCK, HOTS, Assesment dan lainnya.

  • Pedagogical Content Knowledge (PCK) adalah pengetahuan tentang bagaimana cara untuk mewakili dan merumuskan subjek yang membuatnya dipahami oleh orang lain (Shulman, 1986)
  • Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi
  • Assesment dapat diartikan sebagai kemampuan yang dipersyaratkan bagi setiap tenaga pengajar.

Selain itu, GuruInovatif.id mempunyai fitur unggul yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dengan tersedianya fitur ini, diharapkan para guru dapat berkontribusi untuk rekan guru lainnya agar transformasi pendidikan Indonesia berjalan dengan lancar. Adapun bentuk kontribusi dapat dilakukan secara mudah, cukup dengan 5 langkah saja yaitu:

  1. Buka Dashboard GuruInovatif.id
  2. Unggah RPP
  3. Isi Data RPP
  4. RPP Direview
  5. RPP Dipublish

Untuk langkah-langkah lebih lengkapnya bisa dilihat langsung di website GuruInovatif. Setelah mengisi RPP dan telah mendapat persetujuan untuk dipublish, maka akan mendapatkan berbagai keuntungan. Tersedia banyak RPP yang sudah dipublish dan pastinya anda bisa mengaksesnya dengan cara mendownload RPP

2. Trainer Berpengalaman

Guruinovatif.id memiliki trainer berpengalaman yang sudah dipercayakan mampu melatih dan meningkatkan skill para guru. Materi pembelajaran yang disampaikan oleh para trainer tentunya sangat mudah dipahami dan menggunakan metode pembelajaran yang mudah dimengerti sehingga wawasan dan skill yang dimiliki para guru dapat meningkat. Jadi tidak usah ragu memilih Guruinovatif.id sebagai platform learning terfavaforit anda. 

3. Kursus Bersertifikat

Bergabung dengan Guruinovatif.id, para guru tidak hanya berkesempatan untuk bisa meningkatkan skill, wawasan serta pengalaman dalam mengajar, tetapi juga bisa memperoleh sertifikasi guru. Platform learning online Guruinovatif.id memberikan sertifikat bagi anda yang sudah mendaftarkan diri dan mengikuti pembelajaran yang dibimbing langsung oleh trainer berpengalaman.

Sertifikat yang diperoleh tentunya merupakan suatu bentuk pengakuan bahwasanya anda telah  mengikuti kursus pada GuruInovatif.id. Sertifikat ini memberikan nilai lebih apabila digunakan untuk mendaftarkan kerja di berbagai instansi terkait, apalagi GuruInovatif.id dan HAFECS telah dipercaya oleh guru dan pegiat pendidikan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

4. Kemudahan Belajar

Metode pembelajaran yang disampaikan langsung oleh trainer yang handal tentunya mempermudah jalannya proses pembelajaran. Guruinovatif.id memastikan kursus dan webminar dapat diikuti dengan mudah. Tidak hanya itu, salah satu kemudahan lainnya yang dapat para guru rasakan di platform learning ini yaitu, bisa belajar di mana saja dan kapan saja. 

Bagaimana Cara Bergabung dengan GuruInovatif.id?

Para guru hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk bisa bergabung dan belajar di Guruinovatif.id, serta pastinya dibimbing langsung oleh trainer berpengalaman. Baik, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bisa bergabung dan dapat memulai kursus di Guruinovatif.id:

1. Membuat Akun

Membuat akun merupakan tahapan awal yang harus dilakukan agar bisa tergabung serta dapat mengikuti kursus ataupun webminar di Guruinovatif.id. Pembuatan akun sangat mudah dilakukan, kita hanya perlu mengklik langsung Guruinovatif.id di mesin pencarian, lalu mangisi form pendaftaran yang sudah tersedia.

2. Pemilihan Kursus atau Kelas

Setelah akun anda terdaftar di Guruinovatif.id, kita bisa memilih kursus yang diminati. Terdapat puluhan kursus video online atau event webinar di GuruInovatif.id dengan tambahan terbitan baru setiap bulan. 

GuruInovatif.id menawarkan berbagai pilihan program online baik kursus dan webminar bagi guru Indonesia untuk mengasah kemampuan mengajar. Adapun program online baik kursus dan webminar meliputi:

  • Online Certifications 32 JP
  • Mini Courses 8/16 JP
  • Productivity Courses
  • Innovation School Leaders and Teachers (ISLTF)
  • Webinar (Pelatihan Online) 32/64 JP.

3. Melakukan Pembayaran

Setelah memilih kursus yang diminati, langkah selanjutnya yaitu melakukan pembayaran melalui sistem yang sudah tersedia dan pastinya dengan sistem keamanan yang terpercaya. Tetapi tidak perlu risau karena tidak semua kursus dan webminar berbayar alias ada yang gratisnya juga. Namun untuk memperoleh sertifikat kita harus melakukan pembayaran.

4. Mulai Program

Tahapan berikutnya setelah memilih kursus atau webminar serta telah melakukan pembayaran, maka kita bisa langsung memulai belajar di Gurulnovatif.id.

Program pambelajaran tentunya memudahkan para guru untuk memahami materi yang disampaikan dan pastinya ada tugas yang diberikan untuk melatih para guru supaya benar-benar mamahami materi pembelajaran yang disampaikan.

5. Dapatkan Fasilitas

Para guru akan mandapatkan berbagai fasilitas setelah mengikuti program di Gurulnovatif.id. Adapun berbagai fasilitas yang bisa diperoleh yaitu sertifikat, e-modul dan fasilitas lainnya berdasarkan kursus dan webminar yang diikuti. 

Persyaratan untuk bisa memperoleh sertifikat pada program online certification dan mini course, para guru harus menyelesaikan tugas yang diberikan supaya mendapatkan sertifikat kelulusan berdasarkan nilai yang sudah ditentukan. Apabila tidak memenuhi ketentuan, sertifikat akan tetap diberikan dengan perolehan nilai yang kurang pastinya.

Lomba Blog
Artikel ini Diikutsertakan pada Lomba Blog GuruInovatif.id
Posting Komentar

Posting Komentar