yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

8 Cara Merawat Bunga dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Bunga
Sumber: Pixabay

Bunga merupakan jenis tanaman yang indah. Berbagai keindahan atau keunikan dapat dijumpai pada setiap bunga. Bunga dijadikan tanaman hiasan baik di perkarangan rumah, perkantoran, sekitaran jalan dan ditempat lainnya.

Ada alasan tertentu kenapa bunga dijadikan tanaman peliharaan. Selain membuat perasaan senang atau biasanya dijadikan simbol cinta, bunga juga memilki nilai jual yang tinggi. Hal tersebut tergantung dari jenisnya masing masing.

Ada begitu banyak jenis bunga diantaranya, bunga mawar, bunga anggrek, bunga melati, bunga asoka, bunga matahari dan bunga camelia. Intinya setiap bunga memilki keindahan dan keunikannya masing masing.

Membuka bisnis bunga adalah suatu hal yang menjanjikan. Bagaimana tidak, bunga memiliki variasi harga jual yang fantastis. Apalagi di zaman sekarang pasti di setiap halaman rumah terdapat berbagai jenis bunga yang tertata rapi bak sebuah taman yang akan memanjakan mata bagi siapa yang memandangnya.

Adapun list variasi harga tanaman hias yang saya dapatkan dari sebuah website, diantaranya yaitu Landep kacang kacangan hias (Rp. 5000), Sedap malam bunga putih wangi (Rp. 9000), Anyelir bunga ungu-putih (Rp 12.500), Azalea bunga merah (Rp. 15.000), Sakura (Rp. 20.000), Begonia stroberry (Rp. 22.500) dan Oriental lily yang harganya mencapai  500.000 Rupiah.

Habitat Bunga

Sebenarnya setiap bunga memilki habitat atau tempat tumbuhnya masing masing. Hal tersebut dapat dibuktikan, katakanlah misalnya bunga jengger ayam, bunga kerta, bunga kamboja, bunga tabebuya, bunga euphoria dan sebagainya. nah bunga tersebut adalah bunga yang cocok tumbuh di habitat tropis.

Sedangkan bunga aster mojeve dan kaktus landak crimson adalah jenis bunga yang tumbuh di padang pasir. Nah kenapa bunga tersebut dapat tumbuh di padang pasir/gurun?, karena pada saat malam hari mareka akan menyerap embun dan mareka juga memiliki kemampuan menyimpan banyak air pada batang.

Maka tak heran di gurun jarang sekali turunnya hujan, nah pada saat hujan turun bunga tersebut menyerap sebanyak mungkin air dan menyimpan air pada batangnya.

Jadi tanaman bunga memilki habitat tumbuh yang berbeda serta akan tumbuh subur apabila tumbuh di habitat yang sebenarnya.

Tips Merawat bunga Dengan Baik dan Benar agar Tumbuh Subur

1. Pilih Lokasi yang Cocok

Untuk pemilihan tempat tumbuhnya bunga atau tanaman hias anda bisa menanamnya langsung di tanah ataupun dalam pot.

Perlu diperhatikan apabila anda menanamnya langsung di tanah, yaitu pilihlah tanah yang sesuai dengan jenis media tumbuhnya seperti kaktus dan sejenisnya yang menggunakan pasir. Jadi tergantung jenis tanamannya bedasarkan media tumbuhnya.

Jika anda menggunakan pot maka sesuaikanlah dengan ukuran tanamanya. Jika kekecilan potnya maka pertumbuhannya akan terhambat.

Pilihlah lokasi bunga untuk tumbuh yang sesuai dengannya. Misalnya jenis tanaman hias yaitu kaktus dan jenis bunga lainnya menyukai pancaran sinar matahari langsung, namun ada juga jenis tanaman hias yang gak boleh terkena sinar matahari langsung.

Oleh karena itu karakteristik dari setiap jenis tanaman hias perlu anda pahami agar bunga tumbuh dengan baik.

2. Tentukan Media Tanam yang Sesuai

Pembahasan point ini terdapat kesamaan dengan point sebelumnya. Tapi pembahsannya lebih ke media tumbuh si tanaman hiasnya.

Media tanam yang digunakan bisa berupa lembab, kering atau kombinasi keduanya. Contohnya bunga yang menyukai kelembapan tinggi maka anda dapat menggunakan campuran tanah dan humus dengan perbandingan ½ : ½.

Bagi bunga yang menyukai kondisi tanah yang kering, anda dapat mencampurkan ½ pasir dan ½ kompos. Dan bagi bunga yang menyukai  tipe campuran/kombinasi, maka pakailah ketiga unsur yaitu tanah, pasir dan kompos. Jadi anda harus mengatahui jenis jenis bunga yang sesuai dengan media tanamnya.

3. Perlunya Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan agar pertumbuhan bunga terkontrol dengan baik. Pemangaksan biasanya dilakukan pada pucuk atau tunas agar memicu munculnya bakal bunga. Hambar rasanya jika taman tanpa bunga yang bermekaran, right?.

Perlunya pemangksan secara teratur agar bunga yang tumbuh begitu liar dapat dikendalikan, karena tanaman hias yang tidak terurus akan sulit munculnya bunga.

4. Penyiraman secara Teratur

Air merupakan salah satu unsur utama yang dibutuhkan oleh tanaman. Tanaman yang menerima asupan air yang cukup maka tanaman tersebut terlihat subur. begitu juga sebaliknya, jika tanaman kekurangan asupan air maka tanaman tersebut akan layu, bahkan mati.

Dalam proses penyiraman harus diperhatikan pula takara air yang digunakan yaitu tidak berlebih, jika berlebih maka bunga akan mati karena membusuk.

Ada beberapa jenis bunga yang memerlukan penyiraman yang teratur untuk menunjang pertumbuhan mareka seperti, bunga anggrek, melati dan tanaman hias sejenisnya. Anda bisa menempatkan jenis bunga tersebut dalam satu tempat agar lebih memudah nantinya dalam proses penyiraman.

5. Pemupukan

Ketersedian nutrisi dari unsur hara yang ada dalam tanah tampaknya belum bisa mencukupi kebutuhan tanaman hias, karena unsur hara yang terdapat dalam tanah pastinya berbeda beda tergantung pada jenis tanah serta lokasi lahannya.

Agar nutrisi tercukupi, maka sangat diperlukan pemupukan. Sekarang begitu banyak jenis pupuk yang dapat anda dapatkan di toko pertanian terdekat. Anda juga bisa menggunkan pupuk alami, seperti pupuk kandang.

6. Berikan Jarak antar Bunga

Meletakkan bunga dengan posisi saling berdekatan bukanlah suatu hal yang benar, karena mengingat bahwasanya bunga membutuhkan ruang gerak yang memadai agar pertumbuhannya optimal.

Contohnya, jika beberapa jenis bunga ditanam dalam satu wadah/pot maka mareka akan salaing berebut makanan, sehingga dikhawatirkan pertumbuhannya tidak optimal. Jadi menjaga jarak antar tanaman bunga sangatlah diperlukan.

Pertumbuhan yang tidak optimal ditandai dengan tanaman mengalamai kekerdilan (pertumbuhannya terhambat), serta bunga yang dihasilkan tidak berkualitas.

7. Sesekali Lakukan Pengadukan media Tanamnya

Bunga yang ditanam dalam pot dan sejenisnya biasanya akan mengalami pengerasan di bagian permukaannya, karena sering terkena siram. Nah hal tersebut akan memepersulit bunga untuk mendapatkan unsur hara dalam tanah.

Oleh karena itu perlunya dilakukan pengadukan media tanamnya agar tanah menjadi gembur dan kembali subur.

8. Lakukan Pergantian Pot secara Berskala

Pergantian pot ialah important treatment atau perlakuan penting, karena mengingat seiring berjalannya waktu bunga semakin tumbuh dan berkembang sehingga wadah/potnya haruslah diganti dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya.

Tanaman bunga juga butuh ruang gerak yang leluasa agar bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Apabila sudah dilakukan pergantian pot, maka akan adanya unsur hara yang lebih banyak dari sebelumnya. Bukan hanya itu, secara sekaligus anda juga bisa membasmi hewan penggangu yang sudah berkembang dalam pot tersebut.

Alangkah baiknya pergantian pot dilakukan setidaknya 4 – 6 bulan sekali atau disesuaikan dengan kebutuhan bunga.
Tentunya merawat bunga ada nilai plusnya tersendiri. Usaha yang maksimal akan terbayarkan oleh indahnya bunga bunga yang bermekaran serta akan membuat suasana hati atau mood lebih ceria.
Itulah pembahasan berupa informasi mengenai 8 cara merawat bunga dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

1 komentar

1 komentar

  • Ridhal
    Ridhal
    16 Oktober 2020 pukul 15.38
    sama sama mas. terima kasih juga telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat
    Reply