yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Ketahuilah 6 Fungsi Pakan untuk Ikan

Fungsi Pakan untuk Ikan
Source: Pixabay

Hallo sahabat semua. Baiklah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas atau membagikan informasi tentang pakan alami bagi ikan. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi sahabat semua.

Sebelum penulis membahas lebih dalam mengenai manfat pakan terhadap ikan (untuk pembahasan mengenai tujuan pemberian pakan sudah dijelasakan di artikel sebelumnya). sebelumnya penulis akan membahas terlebih dahulu dengan apa itu yang dimaksud dengan pakan.

Secara umum, pakan adalah makanan atau asupan yang diberikan kepada hewan ternak (peliharaan). Pakan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ikan dan untuk mendapatkan profit dari budidaya ikan.

Pakan juga harus bergizi dan ekonomis dan harus mendapatkan sistem kelolaan yang bagus agar lebih efektif. Pakan terbagi atas 2 jenis, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Berikut pembahasan lebih lanjutnya

Pakan Alami

Pakan alami adalah alami ikan adalah organisme planktonik yang terdapat di perairan yang berperan penting dalam rantai makanan di ekosistem perairan. Plankton termasuk konsumen tingkat pertama dalam rantai makanan di ekositem perairan.

Plankton yang dapat ditemukan diperairan dapat berupa zooplankton yang bergerak aktif di perairan ataupun fitoplankton sama halnya seperti  tumbuhan yang memiliki klorofil untuk berfotosintesis.

Plankton adalah organisme yang melayang-layang di perairan, karena memiliki pergerakan terbatas sehingga tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa plankton dibagi menjadi dua jenis yaitu, fitoplankton dan zooplankton.

Pasti sempat terpikirkan bagaimana plankton dapat kita dapatkan, misalnya untuk bahan penelitian ataupun sebagai pakan bagi ikan. Iya ada alat untuk menangkap plankton di perairan yaitu Plankton net.

Plankton net biasanya digunakan sebagai alat untuk menangkap plankton di perairan yang nantinya dijadikan bahan penelitian.

Plankton net adalah alat untuk menangkap plankton di perairan, alatnya berupa jaring tipis agar plankton tersaring dan di ujung plankton net terdapat lubang untuk menampung plankton menggunakan botol sampel.

Penggunaan pakan alami sangat efektif untuk ikan budidaya, terutama ikan yang masih larva, karena sesuai dengan bukaan mulut ikan dan sangat efektif karena tidak mencemari perairan apabila tidak termakan.

Berbeda dengan pakan buatan yang apabila tidak termakan akan menimbulkan amonia, sehingga bersifat toksik. Berikut ini penulis akan mengulas menganai jenis jenis pakan alami.

Baca juga! Cara Mudah Budidaya Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan

Jenis-jenis Pakan Alami

1. Infusoria

Infosoria merupakan pakan alami berupa organisme dari kelas protozoa. Habitatnya di perairan yang berwarna hijau.

2. Daphnia

Daphnia biasanya dikenal dengan nama kutu air. Daphnia merupakan krustasea kecil yang hidup di perairan tawar.

3. Cacing Sutra

Cacing Tanah biasanya dinamakan cacing rambut karena memilki bentuk seperti rambut dan termasuk kedalam kelompok Tubifex sp. Cacing ini memilki fisik yang lunak dan berwarna kemerahan

4. Artemia

Artemia merupakan suatu jenis pakan alami yang digunakan dalam usaha budidaya ikan dan udang. Artemia dikenal dengan kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan ikan dan udang.

Pakan Buatan

Sedangkan pakan buatan ialah pakan atau makanan yang berasal dari formulasi komposisi atau gizi tertentu berdasarkan pembuatnya. Untuk pembuatan pakan sendiri seharusnya didasarkan pada pertimbangan kebutuhan nutrisi ikan, sumber dan kualitas bahan baku, serta nilai ekonomis.

Keutungannya adalah gizi dalam pakan dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan ikan, tahan lama serta ukuran pakannya dapat disesuaikan berdasarkan bukaan mulut ikan.

Sedangkan kelemahannya yaitu apabila pakannya tidak termakan oleh ikan, maka akan menurunkan kualitas air sehingga dapat bersifat merugi bagi komoditas ikan tertentu.

Pakan buatan ikan dalam bentuk kering, lembab atau basah merupakan bentuk yang dapat diberikan kepada ikan. Pakan yang dikonsumsi ikan harus sesuai umur dan bukaan mulut ikan.

Adapun nutrisi yang diperlukan yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral dan protein dan juga komponen pakan lainya yaitu serat dan kelembapan agar pakan yang dimakan ikan kaya akan nutrisi dan mudah dicerna.

Nutrisi yang baik untuk ikan yaitu, protein dengan asam amino essensialnya, lemak dengan asam lemak essensialnya, vitamin, mineral, sumber energi tinggi dan daya cerna tinggi.

Fungsi Pakan untuk Ikan

1. Fungsi Utama Pakan Ikan Adalah Untuk Menghasilkan Energi

Pada masa larva dan masa pertumbuhan ikan, pakan sangatlah diperlukan untuk menunjang pertumbuhannya. pakan sendiri nantinya akan menghasilkan energi yang berguna untuk keberlangsungan hidup ikan tersebut.

Oleh karena itu kandungan protein yang mencukupi dalam pakan sangatlah diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan ikan.

2. Fungsi Pakan Ikan untuk Mempercepat Reproduksi 

Hormon reproduksi sangat dipengaruhi oleh kinerja sistem endokrin pada saat pengangkutan hormon reproduksi menuju organ reproduksi. nah sistem hormon dan sistem endokrin sangat ditunjang oleh kualitas pakan ikan.

Optimalnya kinerja sistem endokrin akan mempercepat proses pematangan gonad atau perkembangan kelamin ikan. dengan demikin dapat disimpulkan bahwasanya salah satu fungsi dari pakan ialah untuk mempercepat reproduksi.

3. Fungsi Pakan Ikan untuk Pembentuk Warna Tubuh

Pembentukan warna tubuh atau pigmen merupakan salah satu fungsi dari pakan. pembentukan warna pada ikan hias sangtlah diperlukan agar memilki nilai jual yang tinggi.

Nah, pembentukan warna tubuh pada ikan pada umumnya dipengaruhi oleh pemberian pakan yang mengandung komponen tertentu. hal ini sama saja seperti formulasi pakan pada umumnya, hanya saja ada penambahan komponen tertentu yang dapat membentuk warna tubuh pada ikan.

4. Fungsi Pakan Ikan untuk Perbaikan Metabolisme Lemak

Pada ikan, energi dihasilkan dari protein karena sistem pencernaan ikan sangat mudah mencerna protein dibandingkan komponen lainnya seperti karbohidrat maupun lemak. untuk kebutuhan protein sendiri sangatlah tinggi sehingga uang yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Oleh pembudidaya ikan, pemberian protein sebagai penompang pertumbuhan dan perkembangan ikan. sedangkan pemberian karbohidrat dan lemak untuk penghasil energi.

5. Fungsi Pakan Ikan sebagai Pengobatan

Sebenarnya ikan yang sudah terpenuhi nutrisinya secara lengkap maka akan tidak mudah terserang penyakit.

Pakan ikan juga berperan dalam pembentukan sistem ketahanan tubuh, nah dari itu akan terbentuknya imunitas atau kekebalan terhadap serangan penyakit serta didukung oleh sistem hormonal.

jadi dapat disimpulkan, apabila pakan yang diberikan memilki kualitas yang baik maka sistem hormonal akan membaik, sehingga terbentuknya sistem katahanan tubuh yang baik pula.

Baca juga! Ketahuilah!, Jenis-Jenis Pelet Ikan untuk Mengacu Pertumbuhannya

6. Fungsi Pakan Ikan untuk Peningkatkan Cita Rasa

Ikan pada umumnya untuk dikonsumsi. dalam ilmu dagang, kelezatan atau cita rasa suatu masakan adalah faktor utama yang diperlukan. 

Bagaimana tidak, konsumen akan memburu suatu makanan atau kuliner yang lezat dan pastinya mareka akan berlangganan. ingat! mareka tidak menyukai cita rasa yang tidak enak.

Ikan bukan hanya diberikan pakan buatan saja, tapi juga diberikan pakan alami. ikan akan mendapatkan pakan alami dari habitanya dan kualitas pakannya juga berbeda, karena terdapat di habitat yang berbeda pula.

Dengan demikian, cita rasa dan aroma suatu jenis ikan akan berbeda dengan jenis ikan yang sama pada habitat yang berbeda.

Dari peryataan tersebut dapat disimpulkan bahwasanya sangat perlu memperhatikan komponen pakan karena dapat berpengaruh akan cita rasa nantinya

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai 6 fungsi pakan untuk ikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.