yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

7 Jenis Cupang Terpopuler serta Banyak Diminati

Cupang Terpopuler

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang 7 jenis ikan cupang atau Betta sp. terpopuler serta banyak diminati. Selain punya sirip yang indah, ikan ini juga dibudidayakan dan juga mudah ditemukan.

Sejarah dan Habitat Ikan Cupang

Habitat ikan cupang ada di air tawar. Ikan ini berasal dari beberapa Negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunai Darussalam, Singapura dan Vietnam.

Jenis ikan cupang sendiri terbagi atas tiga jenis yaitu cupang hias, cupang petarung dan cupang liar. Ikan cupang hidup di perairan rawa, persawahan dan sungai dangkal. Ikan cupang hidup dalam toleransi 24 - 30. PH atau derajat keasaman yang cocok untuk ikan cupang adalah 6,5 - 7,2.

Terdapat banyak jenis ikan cupang di alam diantaranya Halfmoon, Crown Tail, Cupang Plakat, Cupang Double Tail, Cupang Big Ear, Cupang Serit, Cupang Slayer, Cupang Fancy, Cupang Giant.

7 Jenis Cupang Terpopuler

1. Ikan Cupang Halfmoon


Sesuai namanya, ikan cupang halfmoon memilki arti bulan berbentuk sebagian artinya tidak sempurna bulat. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk sirip ekornya yang unik meyerupai bulan sebagian.

Semua orang akan terpikat saat melihat ikan cupang ini, kerana memilki paduan warna yang beragam serta bentuk ekor yang unik menyerupai sebagian bulan.

2. Ikan Cupang Plakat


Kata plakat sendiri berasal dari bahasa Thailand. Penyebutaan plakat yang memilki arti petarung. Ikan cupang ini biasanya dijadikan sebagai ikan aduan, tapi tidak sedikit pula dijadikan ikan peliharaan saja.
Dibalik keindahannya, ternyata ikan ini memilki sirip berkesan “kekar” atau sangar.

3. Ikan Cupang Fancy


Cupang fancy memilki  ukuran sirip lebih kecil dibandingkan jenis cupang halfmoon, akan tetapi ikan ini memilki bentuk sirip serta paduan warnya yang indah. Semakin indah corak paduan warnanya, maka semakin tinggi pula nilai jualnya.

4. Ikan Cupang Serit


Jenis cupang ini tergolong cupang yang unik karena memilki ekor yang berkesan seperti tersobek-sobek. Nah bentuk siripnya inilah yang membuat nilai jualnya tinggi dan jenis cupang ini memilki varian warna yang beragam.

5. Ikan Cupang Giant


Asal kata giant dari bahasa inggris yang berarti raksasa. Penamaan ikan cupang giant mengacu pada bentuk tubuhnya yang besar dan tergolong jenis sebagai guppy yang agresif.

6. Ikan Cupang Double Tail


Jenis cupang ini merupakan cupang yang langka, karena banyak diminati oleh pecinta ikan hias serta nilai jualnya yang tinggi. Sesuai penamaanya, ikan ini memilki keunikan pada siripnya yang bercabang, hal ini bukanlah cacat atau kelainan tapi sudah begitu adanya.

Nah itulah yang membuat ikan ini banyak diburu serta memilki nilai jual yang tinggi di pasaran.

7. Ikan Cupang Slayer


Ikan cupang slayer merupakan cupang anakan dari cupang halfmoon dan serit. Kacantikan wujudnya turun dari paduan keindahaan induknya. Jadi masih ada kemiripan dengan induknya.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai 7 jenis ikan cupang terpopuler serta banyak diminati. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.