yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

6 Fakta Unik dan Menarik tentang Ikan Cupang


Fakta Unik dan Menarik tentang Ikan Cupang

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai salah satu termasuk ikan hias yang sangat diminati oleh banyak pecinta ikan hias (penulis juga telah membahas tentang panduan lengkap cara budidaya ikan cupang). Selain punya sirip yang indah, ikan ini juga dibudidayakan dan juga mudah ditemukan.

Sejarah dan Habitat Ikan Cupang

Habitat ikan cupang ada di air tawar. Ikan ini berasal dari beberapa Negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunai Darussalam, Singapura dan Vietnam. Jenis ikan cupang sendiri terbagi atas tiga jenis yaitu cupang hias, cupang petarung dan cupang liar.

Ikan cupang hidup di perairan rawa, persawahan dan sungai dangkal. Ikan cupang hidup dalam toleransi 24 - 30. PH atau derajat keasaman yang cocok untuk ikan cupang adalah 6,5 - 7,2.

Terdapat banyak jenis ikan cupang di alam diantaranya Halfmoon, Crown Tail, Cupang Plakat, Cupang Double Tail, Cupang Big Ear, Cupang Serit, Cupang Slayer, Cupang Fancy, Cupang Giant. 

Sesuai namanya, beberapa jenis ikan cupang yang ada diatas memiliki keunikan masing masing dengan harga jual yang tinggi per ekornya. Baiklah langung saja, penulis akan membahas mengenai keunikan dan keindahan ikan cupang.

6 Fakta Unik dan Menarik tentang Ikan Cupang

1. Memiliki Kombinasi Warna yang Menarik

Terasa jarang setiap ikan memiliki kombinasi warna yang menarik, terkadang ikan hanya memiliki satu ataupun dua warna. Jadi, apabila ikan memilik kombinasi warna yang beragam serta bentuk sirip yang indah, maka ikan tersebut sangatlah menarik bukan?.

Begitu juga dengan salah satu ikan hias yaitu cupang, cupang memilki corak warna yang beragam serta bentuk siripnya yang unik, oleh karena itu tidak heran ikan cupang memilki nilai eknomis yang tinggi.

2. Memiliki Bentuk Sirip yang Beragam

Banyak jenis ikan cupang yang ada di alam serta memiliki bentuk sirip yang beragam. Terkadang penamaan atau sebutan jenis ikannya tersendiri sesuai bentuk siripnya diantaranya, Halfmoon, Crown Tail, Cupang Plakat, Double Tail, Big Ear, Cupang Serit, Cupang Slayer, Cupang Fancy, Cupang Giant. Setiap jenis ikan memiliki keunikannya serta harga yang bervariasi.

3. Ikan Jantan akan Merawat Telur dari Betina

Pada saat ikan cupang mau memijah, ikan jantan terlebih dahulu membuat gelembung sebagai tempat peletakan telur.

Disaat proses perkawinan, ikan jantan akan mengejar-ngejar lawan jenisnya, sehingga ikan betina mengeluarkan telurnya dan kemudian akan dibuahi oleh jantan, kemudian telur akan dijaga oleh jantan hingga telur menetas.

4. Mudah Beradaptasi

Disaat ikan cupang dalam situasi tertentu, ikan cupang memilki kemampuan beradaptasi dari ancaman lingkungan dan sekitarnya. Jadi ikan jantan mudah dipelihara dan ikan cupang mampu hidup tanpa bantuan aerasi.

5. Mudah Dipelihara

Ikan cupang salah satu jenis ikan hias yang mampu bertahan hidup lama, walaupun ditempatkan dalam volume air yang sedikit tanpa pemberian aerasi ataupun sirkulasi udara, namun ikan ini mampu bertahan dalam situasi tersebut. Makannya mudah dipelihara serta banyak diminati oleh pecinta ikan hias.

Baca juga! 7 Jenis Cupang Terpopuler serta Banyak Diminati

6. Memiliki Harga yang Variatif

Setiap jenis ikan cupang yang memilki bentuk sirip menyerupai benda tertentu akan bernilai ekonomis tinggi.

Ada beragam bentuk sirip ikan cupang diantaranya yang paling terkenal beserta harganya adalah Cupang Halfmoon Rp40.000-500.000, Cupang Serit Rp15.000-300.000, Cupang Slayer: Rp25.000-300.000, Cupang Double Tail: Rp150.000, Cupang Fancy: Rp100.000-2.000.000, Cupang Plakat: Rp200.000-an, Cupang Giant: Rp25.000-90.000.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai 6 fakta unik dan menarik tentang ikan cupang. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.