yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Teknik Pemijahan Ikan Komet Menggunakan Metode Semi Buatan

Pemijahan Ikan Komet secara Semi Buatan

Berikut penulis akan membagikan ilmu serta pengalaman yang penulis dapatkan dalam perkuliahan. Yang akan penulis bagikan merupakan pengalaman yang saya dapatkan dalam praktikum teknik pemijahan ikan di salah satu laboratorium di Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala.

Ikan yang dipijahkan merupakan ikan komet. Ikan komet merupakan jenis ikan hias dan hidup di air tawar.

Teknik pemijahan yang digunakan yaitu semi buatan, teknik pemijahan semi buatan adalah teknik pemijahan yang dimulai dengan yaitu:
  1. Persiapan induk, wadah, tempat peletakan telur serta timbangan, 
  2. Persiapan hormon perangsang kematangan gonad ikan serta alat suntik lainnya, ovaprim merupakan suatu produk perangsang kematangan gonad ikan dan kebutuhan hal hal kecil lainnya.

Teknik Pemijahan Ikan Komet secara Semi Buatan

Penyuntikannya dilakukan di bagian punggung ikan. Sebenarnya untuk penyuntikannya dapat dilakukan di empat tempat yaitu, di bagian pangkal ekor, dekat perut, punggung dan di kepala.

Pemijahan yang kami lakukan ini di waktu sore hari. Kedua induk ikan yang siap untuk dipijahkan di suntik menggunakan dosis ovaprim dosisnya disesuaikan dengan berat ikan.

Setelah dilakukan penyuntikan, kedua ikan di tempatkan di suatu wadah yang berupa akuarium dan diberikan aerator untuk membantu penyuplaian oksigen.

Ikan jantan yang siap memijah memiliki bentuk tubuh yang ramping sedangkan ikan betina terlihat buncit perutnya dan tentunya kedua induk tersebut siap untuk memijah.

Pada saat kedua ikan berada dalam suatu wadah terlihat beberapa tingkah laku kedua induk tersebut. Ikan jantan tampak mengejar-ngejar ikan betina, terlihat juga kedua ikan berdempetan tubuhnya serta bercumbu.

Kemudian ikan betina akan mengeluarkan telurnya dan selanjutnya akan dibuahi oleh ikan jantan. Lamanya proses perkawinan ikannya sekitar 8-12 jam. Jika sudah ada telurnya, maka kedua induk ikan dipisah ke lain wadah.

Setelah itu ditunggu hingga telurnya keluar kemudian telurnya menetas. Lamanya telur menetas berkisar antara 2-3 hari.

Kemudian lahirlah larva ikan komet. larva ikan komet tidak diberikan pakan selama 3 hari, dikarenakan masih ada kuning telur di perutnya. setelah 3 hari baru diberikan pakan alami, seperti daphnia dan artemia.

Baca juga! Cara Budidaya Ikan Mas Koki, Panduan Lengkap untuk Pemula

Untuk pemijahan ikan komet menggunakan teknik semi buatan tergolong tidak rumit, hanya saja dibutuhkan ilmu, skill dan pengalaman. Insya allah pemijahannya sukses.

Sekian pembahasan dari penulis mengenai teknik pemijahan ikan komet secara semi buatan. Semoga artikelnya bermanfaat. Ikuti kami terus untuk mengatahui update-annya dan jangan lupa shere artikel ini. Terima kasih.