yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Ikan Salmon: Spesies Ikan yang Berimigrasi untuk Berkembang Biak

Sumber: Pixabay

Mengenal Ikan Salmon

Ikan salmon atau dengan nama lain salem merupakan jenis ikan dari famili Salmonidae. Salmon dapat dijumpai di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. 

Klasifikasi Ikan Salmon 

Berikut ini klasifikasi ikan salmon

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Salmoniformes
Famili : Salmonidae
Genus : Oncorhynchus
Spesies : Salmo salar

Perlu diketahui juga, adapun ciri-ciri ikan salmon adalah:

  • Memiliki tubuh yang ramping dengan sisik bulat dan ekor bercabang, 
  • Terdapat satu baris gigi tajam pada mulutnya
  • Tubuh salmon terdapat sirip adiposa. 
  • Ukuran tubuh salmon betina lebih besar dibandingkan tubuh jantan
  • Ukuran tubuh paling besar bisa mencapai 2 m.  

Siklus Hidup Ikan Salmon

Umumnya, salmon merupakan spesies anadromous, yakni spesies yang berimigrasi untuk berkembang biak. Ikan salmon melakukan pemijahan di perairan tawar, setelah itu berimigrasi ke laut, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. 

Kembalinya salmon ke sungai mengalir untuk berkembang biak dengan menggunakan metode navigasinya yaitu dengan indra penciuman. Kemudian setengah dari jumlah salmon dewasa mengalami kematian dalam setelah beberapa hari hingga beberapa minggu pasca berkembang biak.

Proses pemijahan berlangsung saat salmon betina mengeluarkan telur di dasar sungai setelah mengepakan ekornya untuk menciptakan wilayah dengan tekanan rendah yang dapat mengangkat kerikir agar tersapu arus, sehingga adanya celah untuk menempatkan telur. 

Lalu satu atau lebih salmon jantan akan mendekati betina dan mengeluarkan sperma untuk membuahi telur tersebut, setelah itu indukan betina salmon menutup telur-telurnya dengan gerakan menyapu kerikir lalu mencari tempat lain untuk bertelur kembali. 

Salmon betina dapat melakuka hal serupa sebanyak tujuh kali sebelum sel telur dalam ovariumnya habis. Salamon akan mengalami kematian akibat kelalahan pasca bertelur. Setelah telur menetas, anakan salmon menetap di parairan tawar, tapatnya selama tiga tahun sebelum berimigrasi ke laut. 

Saat masa tersebut, tubuhnya berwarna keperakan. Ikan ini akan menghabiskan waktu satu hingga lima tahun sebelum mencapai usia matang gonad. Saat masih berukuran anakan atau masih berada di parairaan tawar, ikan salmon memakan makanan berjenis amphipoda, serangga dan crustacea.

Baca Juga! Mengenal Ikan Lemon, serta Jenis-jenisnya yang Unik

Manfaat Mengonsumsi Ikan Salmon

Ikan salmon dikenal dengan manfaatnya yang beragam bagi kesehatan. Berikut ini beberapa diantara manfaat mengonsumsi salmon:

1. Kandungan Asam Lemak Omega-3 yang Tinggi

Salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3 yaitu berasal dari ikan salmon. Bagimana tidak, kandungan 2,3 gram asam omega-3 berasal dari satu porsi ikan salmon dengan bobot tubuh 100 gram. 

Asam lemak omega-3 berbeda dengan lemak lainnya, sehingga lemak omega-3 dianggap peting kerena tubuh kita tidak bisa mengsilkannya akan tetapi kita bisa mengonsumsi dari makanan yang mengandung lemak omega-3. 

Asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk organ tubuh, yakni untuk menjaga kesehatan mata, jantung, memperkuat tulang dan sendi, menjaga kesehatan otak, mmembantu mencegah penyakit autoimun, menunjang tumbuh kembang janin, serta menurunkan resiko kanker.

2. Menunjang Perkembangan Otak

Bagi anak-anak, mengonsumsi salmon sangat baik untuk perkembangan otaknya. Lebih tepatnya yaitu bisa meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. Sebab, kandungan asalm lemak omega-3, vitamin A, vitamin D, serta selenium mampu mencegah kerusakan sistem saraf, berperan sebagai antidepresan serta menenangkan otak.

Baca Juga! Alasan Mengapa Ikan Guppy Banyak Diminati Oleh Pecinta Ikan Hias

3. Bermanfaat untuk Menjaga Berat Badan

Salmon yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan serta mempertahankan berat badan ideal. Karena mengandung protein tinggi, mengonsumsi salmon dapat membantu mengatur hormon yang mengendalikan hawa nafsu makan (leptin), sehingga tubuh merasa kenyang.

Tidak hanya itu, metabolisme tubuh meningkat setelah mengonsumsi salmon, dibadingkan dengan makanan yang lain.

Daging Ikan salmon dikonsumsi setidaknya dua porsi per minggu sehingga dapat membantu memenuhi nutrisi tubuh dan terhindar dari beberapa resiko penyakit. Tidak hanya dikenal dengan kandungan kaya akan nutrisi, ikan salmon juga merupakan yang memiliki cita rasa yang lezat dan mudah diolah.

Posting Komentar

Posting Komentar