yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Mengenal Ikan Lemon, Beserta Jenis-jenisnya yang Unik

Ikan Lemon

Setiap jenis ikan hias memiliki keunikan tersendiri, baik itu ciri khas bentuknya, warnanya ataupun perilakunya. berkaitan dengan hal tersebut, kita akan mambahas salah satu jenis ikan yaitu, ikan lemon. Berikut pembahsannya, 

Ikan lemon (Labidochromis caerules) merupakan ikan asli yang berasal dari Afrika, tepatnya di danau malawi. Wujud dari ikan lemon sangatlah indah, dengan warna tubuhnya yang kuning cerah seperti emas. Bagaimana sangat menarik perhatian anda bukan?

Pakan/makanan yang dikonsumsi oleh ikan lemon dapat berupa spirulina, krill, udang, daging ikan, artemia dan karang. Ikan lemon sangat tidak dianjurkan memberikan cacing merah, karena bisa menyebabkan permasalahan pada usus ikan lemon, karena bisa mudah terserang oleh penyakit bahkan menyebabkan kematian.

Untuk melakukan pemijahan ikan lemon, terdapat cara/tips tersendiri, berikut penjelasannya. Ikan lemon bersifat poligami, adapun perbandingan pemijahannya 1 : 2-4 (1 ekor indukan jantan dan 2-4 ekor indukan betina. 

Pemijahan ikan lemon dilakukan secara alami, awal mulanya ikan jantan akan menarik perhatian lawan jenisnya, dengan cara parede dan warna indukan jantan mengalami sedikit perubahan menjadi kuning-orange.

Apabila indukan betina tertarik dengan tingkah laku indukan jantan, maka ia akan bergabung serta keduanya akan membuat bergerak membentuk lingkaran yang berlangsung dalam beberapa saat. Kemudian ikan betina akan sel telurnya, lalu dibuahi oleh sperma jantan.

Setelah telur dibuahi oleh indukan jantan, telur tersebut akan disimpan dan diamankan di mulutnya indukan betina. Dalam kondisi tersebut indukan betina akan menjaga/mengerami telurnya dan tidak makan. Hal tersebut merupakan tindakan normal yang tidak perlu anda resahkan.

Baca Juga! Lobster Air Laut, Salah Satu Potensi Terbesar Komoditas Laut Indonesia

Lamanya masa inkubasi berlangsung tiga minggu, kemudian burayak akan keluar dari mulut indukan betina. setelah iti indukan betina segera dipisahkan dari burayak tersebut. Burayak ikan lemon akan mencapai ukuran 5 cm setelah dipelihara selama 8 bulan, selama proses pemeliharaan anda harus mempersiapkan wadah khusus untuk tumbuh kembang burayak, misalkan akuarium. 

Akuarium haruslah dirancang khusus agar menyerupai habitat aslinya, seperti manambahkan pasir pada dasar akuarium dengan didekorasi penambahan batu, guna penambahan batu sebagai tempat persembunyian. Di saat menghias akuarium perlu dilakukan secara teliti dan rapi, agar tidak cepat rusak di kemudian hari. 

Perlu dilakukan pergantian air akuarium seminggu sekali, jumlah air yang diganti 15 - 25% dari volume keseluruhan air, agar kualitas air tetap terjaga. Baik, pada kesempatan berikut ini penulis juga akan membahas jenis-jenis ikan lemon

Jenis-jenis Ikan Lemon

1. Electric Yellow Cichlid

Jenis ikan ini yang lebih dikenal pada umumnya, karena ikan ini berwana kuning seperti buah lemon. Jenis ikan lemon ini memiliki sifat rakus, yaitu melahap semua jenis pakan/sejenisnya yang terdapat di akuarium.

Jenis ikan lemon ini perlu dibudidayakan dalam satu akuarium khusus, jangan dicampur dengan ikan jenis lainnya. Karena ikan ini dipercayai memiliki sifat kanibal yang bisa memangsa jenis ikan lainnya. 

Parameter kualitas air berupa pH dan air perlu diperhatikan, pH-nya netral dan suhu-nya hangat, serta padat tebar ikan dalam akuarium perlu juga diperhatikan.

Selain itu, harus ada kombinasi antara ikan lemon jantan dan betina dalam akuarium. Jumlah ikan betina haruslah lebih banyak dibanding ikan jantan., jika jumlah ikan jantan lebih banyak, maka  cendrung menyebabkan perkelahian. 

2. Venustus 

Jenis ikan lemon venutus (Nimbochhromis venustus) dikenal memiliki sifat galak dan memakan ikan kecil sejenisnya. Ikan lemon venutus memiliki ciri morfologis yang sama dengan jenis lemon. Pertumbuhan ikan lemon venutus bisa mancapai 20-30 cm.

Ciri morfologi ikan lemon venutus, berwarna kuning kehijauan serta bercak cokelat di tubuhnya, namun pada ikan jantannya terdapat bercak warna biru di bagian kepalanya. Jadi terdapat perbedaan antara jenis jantan dan betina, sehingga mudah dibedakan.

Ikan lemon venutus hendaknya dibudidayakan dalam akuarium dalam ukuran seragam, karena berkemungkinan besar ikan yang kecil akan dimangsa oleh ikan yang berukuran besar. 

Tetapi apabila terpaksa membudidayakan ikan lemon jenis venutus yang tidak berukuran seragam dalam akuarium, maka diajurkan menambahkan jenis ikan lain yang ukurannya sama dengan lemon venutus

3. Livingstoni Cichlid

Jenis ikan lemon livingstoni cichlid memiliki sifat unik yaitu memiliki kemampuan berkemulfase atau mengubah warna kulit dan wujudnya sesuai dengan kondisi lingkungan sekitarnya. dengan keunikan tersebut banyak pembudidaya yang memeliharanya. 

Pada umumnya ikan ini mempunyai paduan warna putih dengan corak berwarna hitam. Ciri lain dari morfologis ikan ini adalah memiliki sirip berwarna biru dengan corak putih di sekitarnya.

4. Blue Moorii

Sesuai namanya, jenis ikan lemon blue moorii memiliki warna biru pucat dan memiliki bentuk kepala yang menonjol layaknya ikan louhan. Pertumbuhan jenis ikan lemon ini mencapai ukuran 20 cm.

Wadah budidaya ikan lemon blue moori berupa akuarium yang sudah dihias dan ditambahkan batu/pipa paralon sebagai tempat persembunyian, karena ikan ini dikenal suka bersembunyi. Pakan yang anda berikan untuk ikan ini, ialah dapat berupa pelet khusus, dan pakan alami berupa udang kecil dan cacing sutra. 

5. Trewavas Red Finned Cichlid

Warna jenis ikan ini dominan biru dengan corak merah di badannya dan hitam bagian sirip. Pertumbuhan ikan ini bisa mencapai ukuran 11,7 cm. Anda bisa memberikan pakan berupa, pelet khusus dan juga pakan alami pada umumnya yang biasa diberikan. 

Baca Juga! Memulai Usaha Budidaya Ikan Mas, Salah Satu Usaha Budidaya yang Menjanjikan

6. Red Empress

Jenis ikan lemon ini banyak ditemukan di toko ikan hias pada umumnya. Ikan yang bernama latin protomelas taeniolatus ini, dikenal dengan warna tubuh yang indah dan ikan ini dikenal dengan istilah nama lain, yaitu spindle hap.Warna dari ikan red empres bak indah seperti pelangi, sehingga ikan ini dikenal dengan ikan rainbow.

7. Malawi Eyebiter

Jenis ikan lemon malawi pertumbuhannya bisa mencapai ukuran 20 – 25 cm, jadi ikan ini dikenal dengan jenis ikan lemon yang berukuran besar. Ikan malawii eyebiter bersifat predator dengan ciri rahangnya yang panjang dan besar. Selain itu, ikan ini mempunyai mulut yang lebar dan punya sifat galak.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai ikan lemon beserta jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar