yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina berdasarkan Beberapa Tampilan Fisiknya

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina

Ikan koi adalah ikan hias yang memiliki pesona amat indah. Ikan ini memiliki warna yang khas yakni perpaduan warna merah, putih, hitam, kuning dan jingga. 

Perawatannya relatif sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga ikan ini menjadi salah satu ikan hias terpopuler di dunia. Ikan koi biasanya dipelihara di kolam untuk menampilkan keindahannya secara maksimal. 

Terdapat banyak hal yang harus diperhatikan saat hendak membeli ikan koi, mulai dari kesehatan hingga warna tubuhnya. Salah satu hal yang paling penting adalah mengetahui jenis kelamin ikan koi. Padahal, perbedaan ikan koi jantan dan betina bisa dilihat dari penampilannya. 

Mengetahui jenis kelamin ikan koi memang cukup penting, terutama bagi yang ingin beternak. Tentu saja, ikan koi bertelur pada akhir Mei. 

Di Jepang, ikan ini bertelur di awal musim semi karena iklimnya lebih hangat. Di Indonesia, ikan koi dapat bertelur sepanjang  tahun, asalkan induknya dalam kondisi prima. Kualitas makanan dan air merupakan kunci keberhasilan proses pemijahan.

Penampilan fisik ikan koi jantan dan betina baru bisa dikenali setelah ikan tersebut tumbuh besar. Saat ikan koi masih kecil atau anakan, tampilan fisik kedua jenis ikan koi tersebut terlihat sama. Perbedaan baru terlihat ketika panjang tubuhnya mencapai 25 cm. 

Oleh karena itu, penulis  akan berbagi beberapa tips tentang cara membedakan ikan koi jantan dan betina. Biasanya lebih mudah untuk membedakan jenis kelamin ikan koi saat sudah besar daripada saat masih anakan. Oke, berikut adalah ciri-ciri ikan koi jantan dan betina. 

Baca Juga! Teknik Pembesaran Ikan Koi, Ketahuilah Cara Pembesaran Ikan Koi dan Dapatkan Keuntungan yang Menggiurkan

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina

Walaupun hampir semua bentuk ikan koi sama, bukan berarti ikan koi ini tidak bisa dibedakan. Yang terpenting adalah anda harus cermat dan teliti karena ikan mas koi jantan dan betina memiliki setidaknya 7 ciri fisik yang berbeda: 

1. Bentuk Pipi Ikan Koi Jantan dan Betina

Bentuk Pipi Ikan Koi Jantan dan Betina

Perbedaan pertama ada pada pipi ikan koi. Menyentuh bagian pipi adalah trik paling mudah untuk menentukan jenis kelamin ikan koi. 

Cara ini akan membantu anda mengidentifikasi jenis kelamin ikan koi. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya bisa digunakan untuk ikan koi yang berumur 7-8 bulan. Sayangnya, trik ini tidak berhasil dilakukan untuk ikan yang masih sangat muda atau anakan.

Letak perbedaan pipi koi jantan dan betina yaitu koi jantan pipinya bertekstur kasar, walaupun terdapat beberapa jenis jantannya yang pipinya tidak terlalu kasar. Sedangkan pipi koi betina memiliki tekstur yang halus. 

2. Mengamati Kelamin Koi Jantan dan Betina

Mengamati Kelamin Koi Jantan dan Betina

Cara termudah untuk membedakan keduanya adalah dengan melihat jenis kelamin. Berdasarkan gambar di atas, alat kelamin jantan terlihat lebih menonjol dan runcing. Sedangkan alat kelamin betina terlihat lebih bulat.  

3. Ukuran Tubuh Koi

Ukuran Tubuh Ikan Koi

Cara ketiga untuk membedakan ikan koi jantan dan betina adalah dengan mengamati ukuran tubuhnya. Secara umum, bentuk tubuh koi jantan terlihat lebih ramping, terutama ketika mencapai 30 cm. Tubuh ikan betina biasanya lebih berisi, melebar, dan perut agak membulat. 

4. Bentuk Kepala Koi Jantan dan Betina

Bentuk Kepala Koi Jantan dan Betina

Ukuran kepala ikan koi jantan lebih besar dari betina. Selain itu, lubang pelvis (batang tubuh bagian bawah) jantan juga sempit dan sedikit cekung berbentuk oval. Sedangkan lubang pelvis betina tampak lebar (besar) serta lembut.

Baca Juga! Jenis-jenis Ikan Koi Terpopuler beserta Harga Jualnya

5. Perhatikan Postur Punggung Ikan Koi dari Atas

Perhatikan Postur Punggung Ikan Koi dari Atas

Cara mengetahui jenis kelamin ikan koi selanjutnya adalah dengan memperhatikan postur punggung ikan jika dilihat dari atas. Postur punggung koi jantan khususnya tampak lebih ramping dan meruncing ke arah ekor. Sehingga ikan koi jantan ini bisa berenang dengan sangat terampil. 

Sementara itu, punggung koi betina tampak lebih lebar, terutama di bagian perut ikan. Perut koi betina terlihat lebih bulat dibandingkan dengan koi jantan. Jika ukuran perut sudah terlihat membesar, berarti ikan koi tersebut sedang bunting. 

6. Berdasarkan Cairan dari Anus

Cairan yang keluar dari anus ikan koi juga bisa dijadikan indikator lain untuk menentukan jenis kelamin ikan ini. Hal ini tak lepas dari perbedaan mencolok cairan yang dikeluarkan ikan koi jantan dan betina saat kita menekan bagian bawah anus. 

Pada ikan koi jantan, saat kita menekan bagian tersebut akan keluar cairan berwarna putih yang merupakan sel sperma. Ciri-cirinya adalah cairannya berwarna putih dan teksturnya agak kental saat disentuh. Pada ikan koi betina, cairan yang keluar berupa cairan berwarna kuning dan teksturnya lebih kasar, dan itu merupakan sel telur (ovum).

7. Bentuk Sirip Ikan Koi

Bentuk Sirip Ikan Koi

Yang terakhir, perbedaan yang menonjol antara koi jantan dan betina yang adalah bentuk siripnya. Saat diperhatikan dari atas, terlihat bahwa sirip koi jantan dewasa cenderung lebih runcing dibandingkan betina dewasa,  yang tampak lebih bulat atau lonjong. 

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai cara membedakan ikan koi jantan dan betina. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar