yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Jenis-jenis Ikan Koi Terpopuler beserta Harga Jualnya

Jenis serta Harga Ikan Koi

Koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih detailnya merujuk pada nishikigoi yang memiliki arti ikan karper yang bersulam emas atau perak. 

Di negara Jepang, ikan koi merupakan semacam simbol cinta dan persahabatan, hal tersebut karena ikan koi adalah homofon untuk kata lain yang juga bermakna kasih sayang atau cinta. Pemeliharan ikan koi biasanya sebagai hiasan dengan tujuan keindahan serta keberuntungan di dalam dan luar rumah. 

Jenis ikan koi digolongkan berdasarkan warna, pola dan ukurannya. Terdapat beberapa unsur warnanya yaitu putih, hitam, merah, kuning, biru dan krem. Jenis ikan koi terpopuler yaitu jenis Gosanke, yang terdiri dari Kohaku, Taisho Sanshoku dan Showa Sanshoku.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai harga jual ikan koi, jenis ikan peliharaan yang diyakini dapat mendatangkan keberuntungan.  Harga jual ikan koi sebenarnya cukup beragam dan tergantung dari jenis dan ukurannya. 

Jika anda hanya memiliki budget yang sedikit, maka penulis menyarankan untuk membeli anakan ikan koi atau ikan koi kecil. Karena umumnya harga anakan koi lebih murah dari koi dewasa. Berikut ini penulis akan mengulas mengenai harga ikan koi berdasarkan jenis-jenisnya.

9 Daftar Harga Ikan Koi

1. Koi Kohaku 

Ikan Koi Kohaku

Koi Kohaku merupakan jenis ikan koi tertua serta terpopuler dari jenis koi lainnya. Karakteristik koi kohaku yaitu memiliki corak khas, yakni warna dasar putih solid dengan kombinasi warna merah.

Harga jual koi kohaku tergantung dari kualitasnya, umumnya dijual pada harga Rp. 40.000 – 400.000 yang ukuran panjangnya 8-30 cm. Harga jual jenis koi ini termasuk harga ikan koi termurah. Sebagai informasi, ikan koi kahaku memiliki varietas turunan lainnya yaitu Kohaku Gin Rin, Kohaku Doitsu, Kohaku Tancho dan Kohaku Maruten.

2. Ikan Koi Chaigo

Ikan Koi Chaigo

Jenis ikan koi satu ini merupakan jenis koi yang tergolong langka di pasaran. Ciri khas ikan koi chagoi yaitu warnanya perunggu atau coklat dengan pola berbentuk jaring pada bagian punggung.

Pola yang demikian memiliki warna yang sedikit lebih gelap dibandingkan warna dasar ikan, namun perbedaannya tidak begitu mencolok. Harga jual ikan koi chaigo dipasaran dibandrol dengan harga berkisar antara Rp. 150.000 – 500.000 per ekornya. 

Baca juga! Teknik Pemijahan dan Penetasan Telur Ikan Koi

3. Ikan Koi Slayer

Ikan Koi Slayer

Koi slayer terlihat indah saat berenang karena memiliki bentuk sirip yang memanjang. Selain itu, jenis koi ini punya warna kombinasi silver keputihan, jingga ataupun kuning pada tubuhnya. 

Terdapat beberapa jenis koi slayer, akan tetapi yang paling terkenal/populer yaitu Slayer Platinum dan Slayer Kumpay. Jenis koi Slayer Kumpay umumnya dinamakan koi butterfly sebab karakteristik siripnya yang panjang seperti sayap kupu-kupu.

Jika anda tertarik dan ingin membeli koi slayer, Jenis ikan koi ini yang berukuran kecil dibandrol pada kisaran harga 20.000-400.000 per ekornya.

4. Ikan Koi Blitar

Ikan Koi Blitar

Koi Blitar adalah hasil budidaya ikan koi dari persilangan yang dilakukan oleh pecinta koi dari daerah Blitar. Info menarik tentang ikan koi Blitar yaitu masih asli sebagaimana ikan koi Jepang dan memiliki kualitas tinggi. 

Ikan koi Blitar dinilai mempunyai kualitas yang baik, sebab para pembudidaya sangat selektif dan berhati-hati saat melakukan persilangan ikan koi. Oleh karena itu, dalam proses merawat ikan koi ini anda mesti cermat agar terawat dengan baik dan tidak cepat mati. 

Harga jual ikan koi Blitar untuk setiap ikan yang mareka ternakkan yaitu:

  • Koi Kohaku Rp. 100.000 – 4 juta
  • Koi Tancho Rp. 35.000 – 400.000
  • Koi Ogon Rp. 25.000 – 350.000
  • Koi Asagi Rp. 45.000 – 500.000
  • Koi Shusui Rp. 50.000 – 600.000

5. Ikan Koi Tancho

Ikan Koi Tancho

Ciri khas Ikan koi Tancho yaitu mempunyai ciri khas warna dasar putih serta hiasan pola tancho berwarna merah di kepalanya. Ciri khas tersebut merupakan keunikan sebagai ikan hias di kolam anda.

Pola tancho yang terdapat di kepalanya juga menjadikan dasar ketentuan harga jualnya. Semakin simetris bentuk serta letak pola tersebut, maka harga ikan semakin mahal. Harga jual ikan koi Tancho tergantung ukurannya, dibandrol pada harga berkisar antara 125.000 – 550.000 per ekornya.

6. Ikan Koi Ogon

Ikan Koi Ogon

Warna tubuhnya kuning keemasan, ikan koi ogon tampak begitu menawan. Jenis koi ini merupakan hasil persilangan dan terbilang populer di kalangan para kolektor ikan koi.

Tidak heran rasanya jika harga jual per ekornya terbilang mahal, yakni mencapai 1,5 juta untuk ukuran yang sudah dewasa. Salah satu hal yang menarik dari koi ogon yaitu warna tubuhnya tidak berubah walaupun suhu air kolam mengalami kenaikan.

7. Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan Koi Shiro Utsuri

Tampak dari corak warna tubuhnya, koi shiro utsuri terdapat corak khas yaitu berwarna putih. Corak berupa bercak putih pada tubuhnya berkesan penampilannya sangatlah menawan, apalagi saat berenang di kolam.

Jenis ikan koi ini memiliki ukuran tubuh yang besar, sekilas mirip seperti ikan mas dewasa. Apabila anda tertarik memiliki koi ini, harga jual per ekornya berkisar Rp. 700.000 

Baca juga! Teknik Pembesaran Ikan Koi, Ketahuilah Cara Pembesaran Ikan Koi dan Dapatkan Keuntungan yang Menggiurkan

8. Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan Koi Ki Utsuri

Jenis ikan koi ini memiliki ciri khas yaitu warna dasar tubuhnya jingga kekuningan serta terdapat bercak hitam. Nilai jual Koi Ki Utsuri dibandrol dengan harga Rp. 850.000 – 900.000 per ekornya.

9. Ikan Koi Shusui

Ikan Koi Shusui

Ciri khas koi Shusui tampak pada warna corak tubuhnya amat unik, dengan corak warna hitam di sepanjang punggungnya yang bentuk polanya seperti tulang punggung. Harga koi Shusui berkisar antara 400.000 – 500.000 per ekornya. 

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai harga ikan koi. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar