yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Cara Membersihkan Lendir Ikan Lele, Ikuti Langkah-langkah ini supaya Lendir pada Lele Mudah Hilang!

Cara Membersihkan Lendir Ikan Lele, Ikuti Langkah-langkah ini supaya Lendir pada Lele Mudah Hilang

Ikan lele sering diolah menjadi berbagai macam masakan, tidak hanya menu pecel lele. Misalnya mangut, krengsengan, crispy, disajikan dengan sambal kemangi, dan masih banyak resep lainnya. 

Sebelum memasak ikan lele menjadi suatu hidangan, Anda  mungkinkesulitan menghilangkan lendirnya. Lendir ikan lele seringkali sulit dibersihkan karena permukaan kulitnya yang sangat licin sehingga sulit untuk ditangani.  

Pastinya, cara membersihkan ikan lele berbeda dengan ikan lainnya. Ikan lele tidak memiliki sisik, sehingga ikan ini memiliki lebih banyak lendir yang tidak dapat dihilangkan dengan air saja. Nah, agar anda tidak merasa ribet, Anda bisa mencoba tips membersihkan ikan lele agar lendirnya hilang. 

6 Tips Membersihkan Lendir pada Ikan Lele

1. Menggunakan Abu Gosok

Abu Gosok Lendir Ikan Lele

Abu gosok umumnya digunakan dalam rumah tangga untuk mencuci piring. Namun, ternyata abu butiran bisa digunakan untuk menghilangkan lendir pada ikan lele.

Sediakan wadah lele. Kemudian tutupi setiap lele dengan abu untuk digosok. Cara membersihkannya adalah dengan mengusapkan abu pada permukaan kulit lele. Setelah dipastikan lendirnya hilang, cuci ikan lele dengan air bersih hingga abunya hilang.  

2. Rendam dengan Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Kandungan jeruk nipis memiliki tingkat keasaman yang tinggi serta diyakini dapat menghilangkan lendir pada kulit ikan lele. Terlebih dahulu potong dan peras jeruk nipis, kemudian lumuri ikan lele pada rendaman air jeruk nipis secara merata dan biarkan selama 10-20 menit.

Setelah direndam, anda bisa membersihkan lele dengan mudah. Lalu bilas lele dengan air mengalir, agar saat dimasak tidak terasa asam karena rendaman air jeruk.

3. Rendam dengan Air Hangat serta Garam

Air Hangat

Perendaman dengan air hangat dapat menyebabkan tekstur permukaan kulit lele mengeras dan matang. Jangan lupa tambahkan garam juga, agar air panas dapat melarutkan lendir pada lele secara optimal.

Cara kerjanya, rebus air terlebih dahulu hingga mendidih, lalu tuang ke dalam wadah yang diberi sedikit garam. Kemudian aduk hingga garam larut. Kemudian masukkan lele dan tunggu 10-20 menit. Dengan begitu, Ikan lele pun mudah dibersihkan. 

Baca Juga! Teknik Pemijahan Ikan Lele secara Buatan

4. Menggunakan Kunyit dan Asam Jawa

Kunyit

Kunyit dan asam jawa juga bisa digunakan untuk menghilangkan lendir lele. Hal ini sudah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia, dimana campuran kunyit dan asam jawa dipercaya dapat menghilangkan lendir pada ikan lele.

Caranya ampuh, cukup campurkan asam jawa dengan sedikit air lalu tambahkan bubuk kunyit. Kemudian lumuri lele dan biarkan terendam selama 10 menit. Lalu bilas lagi dengan air jernih. 

5. Menggunakan Tepung Terigu

Tepung Terigu

Salah satu khasiat tepung terigu adalah dapat menghilangkan sisa kotoran yang tidak dapat dijangkau oleh air. Salah satu cara memasak makanan laut Korea seperti cumi atau belut biasanya menggunakan tepung terigu. Fungsinya untuk membuat hasil laut lebih kasar dan bersih.

Caranya sederhana, cukup lumuri lele dengan tepung. Kemudian olesi lele dengan cara digosokkan menggunakan tepung terigu. Baru setelah itu lele bisa dicuci bersih dan siap diolah.  

6. Soda Bubuk

Bubuk Soda

Penggunaan bubuk soda biasa digunakan untuk pengembang makanan. Namun baru-baru ini, soda kue banyak digunakan sebagai bahan pembersih. Ya, misalnya campuran soda dan bubuk jeruk bisa digunakan untuk membersihkan gigi atau campuran soda dan bubuk cola untuk membersihkan permukaan yang kotor.

Selain itu, baking soda juga bisa anda gunakan untuk membersihkan lendir pada ikan, terutama ikan lele. Cara ini sangat mudah, cukup taburkan bubuk soda di permukaan ikan lele. Lalu biarkan selama 10 menit serta bersihkan dengan air bersih.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai cara membersihkan lendir ikan lele. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar