yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Cupang FCCP: Habitat, Reproduksi, Ciri-ciri dan Makanannya

FCCP merupakan singkatan dari Fancy Cooper Plakat, jenis ikan ini berasal dari Vietnam yang populer sejak tahun 2019 sampai sekarang ini. Namun, masih banyak yang sulit membedakan jenis cupang FCCP dengan jenis cupang yang lain, sebab memiliki corak warna yang tampak sama seperti ikan cupang koi dan cupang fancy. 

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai apa itu ikan cupang FCCP itu sendiri, mulai dari habitat ikan cupang FCCP, reproduksi, karakteristik, 

Ikan Cupang FCCP

Ikan cupang FCCP saat ini banyak dibudidayakan di Indonesia karena banyak yang tertarik untuk dijadikan ikan hias peliharaan. Asal bibit yang ada di Indonesia berasal dari Vietnam.

Sebagai informasi bahwa ikan cupang FCCP bisa bertahan hidup sampai 2 tahun, yang menjadi daya tarik jenis ikan cupang ini adalah siripnya yang tampak “tajam”serta mencolok, sehingga berkesan lebih agresif dan gagah dari jenis lainnya. 

Habitat

Seperti yang penulis sebutkan di awal bahwasanya ikan cupang FCCP berasal dari Vietnam, oleh karena itu ada sebutan cupang FCCP Vietnam. Ikan cupang liar banyak bisa kita jumpai di sana yang habitatnya di sungai dan rawa-rawa, namun berbeda dengan ikan cupang FCCP. 

Ikan cupang FCCP tidak berasal dari habitat alam langsung, melainkan hasil persilangan dari breeder/peternak itu sendiri. Walaupun begitu, seluruh dunia memperoleh bibitnya dari Vietnam yang nantinya mareka membudidayakanya lagi sebagai upaya mempertahankan populasi serta mendapatkan profitnya.

Bibit cupang FCCP grade terbaik yang unggul dan khas tetap dari negara Vietnam, nah ikan cupang FCCP yang sekarang ini sudah banyak menyebar telah banyak mengalami percampuran, walaupun masih mempunyai beberapa ciri khas dari ikan cupang FCCP itu sendiri. 

Jadi punya alasan tertentu mengapa para breeder di Indonesia juga memasok benih ataupun indukan langsung dari Vietnam, agar saat dikembangbiakan masih punya ciri khas dasar cupang FCCP yang lebih dominan.

Baca Juga! Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Cupang

Reproduksi

Ikan cupang FCCP berasal dari kawin silang antara cupang plakat dan cupang fancy yang indukannya memiliki warna yang indah dan punya gen mutasi baik. Warna tubuhnya punya ciri khas berupa ciri khas sisik yang putih mengkilat serta ada paduan warna hijau tidak mencolok, yang merupakan hasil mutasi gen warna indukannya. 

Cupang plakat punya corak warna tubuh yang tidak mencolok dan bentuk tubuh yang gagah, sedangkan cupang fancy identik dengan warna cantiknya yang seperti kombinasi warna degradasi seperti lukisan. Dari hasil persilangan tersebut maka lahirlah yang dinamakan ikan cupang FCCP yang memiliki perpaduan keduanya.

Membudidayakan ikan cupang FCCP berasa sulit, karena anakannya tidak selalu memiliki sisik putih mengkilat dan tidak selalu menurunkan warna hijau army yang punya berkesan indah. 

Nah, apabila tidak punya kedua ciri khas tersebut maka tidak dianggap sebagai anakan ikan cupang FCCP. Oleh karena itu pemijahan dan budidaya ikan cupang FCCP harus dilakukan secara benar dan teliti agar menghasilkan anakan yang berkualitas yang sesuai dengan ikan cupang FCCP.

Ciri-Ciri Ikan Cupang FCCP

Supaya kita mengenal lebih dekat tentang ikan cupang FCCP, berikut ini penulis akan menyebutkan identifikasi mengenai ciri-ciri ikan cupang FCCP.

  • Karakteristik utama ikan cupang FCCP yaitu adanya sisik warna putih mengkilat (tembaga) dan warna hijau (ciri dari cupang cooper). Adanya kedua ciri tersebut maka baru dinamakan ikan cupang FCCP.
  • Bentuk tubuh cupang FCCP yaitu memiliki ekor dan sirip yang tajam, ekornya seperti duri yang dikelilingi bentuk sebelah lingkaran di sekitarnya. Sehingga ekor tersebut menjadi ciri khas bentuk tubuh cupang FCCP.
  • Pada bagian kepalanya tidak mesti botak/polos (tanpa sisik), terdapat juga yang memiliki warna lain ataupun terdapat sisik yang berwarna di kepalanya.
  • Bentuk mata ikan cupang FCCP bulat serta berwarna hitam yang tidak terlalu menonjol dan tidak terlihat dominan. 

Makanan Ikan Cupang FCCP

Peran makanan untuk cupang FCCP sangatlah penting untuk mempertahankan keindahan warnanya. Kutu air dan pelet dapat dijadikan pakan untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup bagi jenis cupang hias ini yang harganya bisa dijakau. 

Terdapat juga jenis pakan lainnya yang dapat dipadukan dengan pakan berkualitas lainnya seperti jentik nyamuk, cacing dan udang kecil.

Nah, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa memperolah warna yang indah khsusnya untuk jenis cupang FCCP dan umumnya jenis ikan cupang hias lainnya haruslah didukung dari segi pakan yang berkualitas. 

Dengan begitu, gen warnanya bisa bermutasi dengan baik sehingga didaptkan warna tubuhnya yang indah. Selain itu, kegiatan pemeliharaan menjadi salah satu faktor penting. 

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai ikan cupang FCCP. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar