yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Manfaat Pupuk KCL bagi Tanaman, Mulai dari Dapat Meningkatkan Kualitas Tanaman hingga Dapat Meningkatkan Hasil Panen

Manfaat Pupuk KCL

Terdapat banyak jenis pupuk untuk menyuburkan tanaman yang kita ketahuhi, salah satunya yaitu pupuk KCL. Pupuk KCL (kalium klorida) adalah pupuk buatan yang mempunyai kandungan unsur hara berupa kandungan kalium tinggi yaitu 60%.

Kandungan kalium yang tinggi yaitu 60%, pupuk KCL memberikan ragam manfaat untuk banyak tanaman.

Penggunaan pupuk KCL dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas. Selain itu, terdapat banyak manfaat lainnya dari pupuk KCl untuk tanaman. Berikut ini penulis akan membahas mengenai manfaat yang beragam dari pupuk KCL.

Manfaat Pupuk KCL untuk Tanaman

1. Meningkatkan Kualitas Tanaman

Tanaman yang diberikan pupuk KCL akan mengasilkan tanaman yang berkulitas dan tumbuh dengan baik.

Bukan hanya itu, penggunaan pupuk pada tanaman berbuah akan menghasilkan ukuran buah yang lebih besar, lebih berbobot dan juga manis saat musim panen nantinya. Sebab kandungan kalium  pada pupuk KCL akan membantu proses transportasi glukosa pada media tanamnya.

2. Meningkatkan Hasil Panen

Kandungan Klorida yang terdapat pada pupuk KCL dapat membantu menigkatkan hasil penen, yakni dengan cara menigkatkan resistensi penyakit pada tanaman.

Baca Juga! Mengenal Pupuk Urea: Karakteristik, Manfaat, Hingga Harga Terbaru. Lengkap!

3. Memperkuat/Memperkokoh Batang Tanaman

Manfaat berikutnya dari pupuk kimia ini yaitu dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan meristem dan pergerakan stomata. Selain itu, pupuk KCL juga dapat meningkatkan perkembangan akar tanaman sehingga batang tanaman menjadi kokoh berdiri serta tidak mudah roboh.

Nah, bagi anda yang mau menjadikan tanaman tumbuh besar dan punya kualitas baik, sebab kandungan unsur hara berupa kalium pada pupuk KCL dapat membantunya.

4. Tanaman Lebih Sehat dan Tahan Terhadap Serangan Hama Penyakit

Selain pupuk KCL bermanfaat dapat meningkatkan kualitas tanaman, meningkatkan hasil panen dan meperkuat atau memperkokoh batang tanaman. Pupuk KCl juga dapat menjadikan tanaman lebih, tahan terhadap serangan hama penyakit serta tahan terhadap resiko stres serta kekeringan.

Ketika tanaman dalam kondisi stres dan kekeringan, hal tersebut bisa mengakibatkan tanaman mati sebelum memproduksi buah. Bukan hanya itu, manfaat lain dari pupuk KCL bagi tanaman yaitu dapat membentuk dan mengangkut karbohidrat, serta menjadi katalisator dalam pembentukan protein.

Beragam Manfaat Pupuk KCL untuk Beberapa Tanaman

Pupuk KCL untuk Jagung

Pupuk kalium sangat dibutuhkan oleh tanaman jagung, khususnya saat tanaman ini akan muncul dari media tanamnya. Tanaman yang berumur muda, umumnya masih belum membutuhkan unsur kalium.

Apabila tanaman kekurangan suplai unsur kalium akan mengalami pertumbuhan tangkai yang kecil dan meruncing serta pertumbuhan/perkembangan biji menjadi kurang sempurna. Jenis pupuk kalium yang dapat digunakan dapat berupa pupuk KCL dengan kandungan K2O sebanyak 50%. Karena unsur kalium tidak mudah larut, jadi pemberian pupuk ini cukup hanya sekali saja.

Baca Juga! Cara Budidaya Bayam supaya Tumbuh Subur dan Menghasilkan Bayam yang Berkualitas

Pupuk KCL untuk Sawit

Pupuk KCL adalah salah satu jenis pupuk yang umumnya digunakan untuk tanaman termasuk kepala sawit. Fungsi unsur hara pada pupuk KCL untuk tanaman yaitu:

  • Menjadikan batang sawit menjadi kokoh
  • Pembentukan bakal buah

Pupuk KCL untuk Cabe

Pemberian Pupuk KCL untuk tanaman cabai bertujuan agar tersedianya unsur hara secara terus menerus, meningkatkan produktivitas serta dukungan lingkugan/media tanam. Pemupkan hendaknya dilakukan secara bijak dan berimbang.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai manfaat pupuk KCL. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar