yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Beragam Manfaat Ikan Sidat yang Sangat Berguna bagi Kesehatan Tubuh

Ikan Sidat

Ikan sidat adalah kelompok ikan yang mempunyai bentuk tubuh ramping dan memanjang. Ikan ini tergolong dalam ordo Anguilliformes. Ikan sidat mempunyai kemiripan dengan ikan belut. Adapun cara membedakannya yaitu ikan sidat mempunyai sirip di dekat kepalanya menyerupai telinga, sedangkan pada belut tidak ada.

Habitat tempat hidup ikan sidat ada di dua alam, yaitu air tawar dan air laut. Pada saat reproduksi, sidat akan menuju laut dan pada saat ukurannya sudah cukup besar, sidat akan kembali ke habitat air tawar/sungai. Perilaku tersebut berbeda/berkebalikan dengan ikan salmon. Walaupun begitu, kandungan gizi pada ikan sidat tidak jauh berbeda dengan ikan salmon.

Pada artikel sebelumnya, penulis sudah membahas mengenai mengenai cara budidaya ikan sidat. Namun pada kesempatan kali ini penulis masih membahas mengenai ikan sidat, tepatnya manfaat ikan sidat untuk bayi dan kesehatan tubuh kita.

Manfaat Ikan Sidat untuk Bayi dan Kesehatan Tubuh Manusia 

1. Kandungan Gizi yang Sangat Penting bagi Pertumbuhan

Ikan sidat dikenal dengan kandugan yang kaya akan zink, kandungan zink pada sidat yaitu 9 kali lipat dari kandungan pada susu sapi. Oleh karena itu, mengonsumsi ikan sidat sangatlah berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Peranan zink sangatlah penting bagi fungsi otak, respon imun dan kemampuan reproduksi sel dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Ingat

Ikan sidat mengandung DHA dan EPA yang sangat berguna bagi bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhannya. Dengan adanya kandungan DHA dan EPA tersebut dipercaya dapat menunjang kecerdasan otak si anak.

Mengonsumsi ikan sidat sangat baik untuk meningkatkan daya ingat, agar tidak mudah pikun saat sudah lanjut usia.

Baca Juga! Jamur Kancing yang Memiliki Beragam Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

3. Berguna untuk Kesehatan Mata

Selain mengandung nutrisi yang sudah disebutkan sebelumnya, ikan sidat juga mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Peranan vitamin A sangatlah penting untuk kesehatan mata. Vitamin A berfungsi membantu menyalurkan objek yang telah diterima oleh retina ke otak sebagi gambar. Senyawa yang berperan penting dalam hal tersebut yaitu retinol.

Bukan cuma itu, mengonsumsi ikan sidat dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit mata:

  • Mengatasi rabun jauh dan rabun dekat
  • Mengatasi mata yang kering akibat kelelahan
  • Mengatasi penyakit glukomia, yaitu penyakit mata dimana tekanan cairan dalam bola mata menjadi terlalu tinggi. Sehingga dapat merusak serat lembut saraf optik yang membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak.

4. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Ikan sidat dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit jantung, karena dapat mengatasi permasalahan sistem kerja kardiovaskuler. Permasalah pada sistem kerja kardiovaskuler umumnya dapat menyebabkan seragan jantung, nyeri pada dada hingga stroke.

5. Sebagai Antioksidan 

Senyawa antioksidan berupa beta karoten (salah satu bentuk vitamin A) dipercaya dapat mencegah radikal bebas. Mengonsumsi ikan sidat akan membantu mencegah radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh, hal tersebut dikarenakan beta karoten yang terdapat pada ikan sidat. 

Jadi bagi anda yang ingin meningkatkan imun tubuh, mengonsumsi ikan sidat adalah salah satu upayanya.

6. Mencegah Terjadinya Kanker

Kandungan vitamin A yang terkandung tinggi pada ikan sidat bukan hanya mampu menyehatkan mata dan berfungsi sebagai antioksidan, tetapi juga berguna untuk mencegah terjadinya kanker. Salah satu fungsi vitamin A yaitu mampu melawan kanker dengan menekan pertumbuhan DNA yang terdapat pada sel-sel kanker.

Baca Juga! Manfaat Ajaib Terapi Ikan Nilem bagi Kesehatan

7. Menjaga Tekanan Darah

Salah satu khasiat mengonsumsi ikan sidat ialah dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal dan stabil. Kandugan zink yang terdapat pada ikan ini juga dapat berfungsi mengatur angiontensin dan endotelin yang dapat mempengaruhi tekanan darah. 

Agar mineral dapat terpenuhi kebutuhannya dalam tubuh, maka rutinlah mengonsumsi ikan sidat. Dengan begitu, tekanan darah tetap dalam kondisi normal dan stabil.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai beragam manfaat ikan sidat bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar