yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

5 Jenis Ikan Sepat dengan Keunikan yang Memesona

Ikan Sidat

Di Indonesia, ikan sepat lebih dikenal sebagai ikan konsumsi, akan tetapi tidak sedikit pula yang menjadikannya sebagai ikan hias. Melakukan usaha budidaya ikan sepat tergolong praktis dan mudah, serta mempunyai nilai jual yang tinggi.

Jika ditinjau dari nutrisi yang dikandung oleh ikan sepat, ikan sepat memiliki kandungan protein yang tinggi. Pada biasanya teknik pemasaran yang digunakan yaitu dengan cara dijual dalam keadaan masih segar ataupun diawetkan untuk dijadikan ikan sepat asin.

Berikut penulis akan mambahas mengenai jenis-jenis ikan sepat. Mengenai cara budidaya ikan sepat sudah penulis bahas di artikel sebelumnya. Berikut penulis akan membahas mengenai jenis-jenis ikan sepat beserta harganya:

Jenis-jenis Ikan Sepat

1. Ikan Sepat Mutiara

Di negera inggris, ikan ini dikenal dengan nama mossaic gouramy, pearl gouramy, atau lace gouramy. Sesuai dengan penamaannya, ikan ini mempunyai pola berupa bintik hitam dan terdapat bulat-bulat dengan warna yang cerah. Pada bagian tubuhnya terdapat garis lurus berwarna gelap.

Habitat hidup ikan ini terdapat di rawa dengan kadar air yang sedikit asam, tepatnya ikan ini hidup di air yang tergenang atau rawa. Jenis ikan ini tergolong omnivora/pemakan segala, Ikan sepat mutiara memakan tumbuhan yang terdapat di habitatnya dan ikan-ikan yang berukuran lebih kecil serta udang kecil.

Di indonesia sendiri terdapat habitat untuk ikan sepat mutiara untuk hidup yaitu berada di Kalimantan dan Sumatera. Pada umumnya ikan sepat dijadikan sebagai ikan hias/ikan peliharaan. Ikan ini dijual dengan harga Rp. 10.000 - Rp. 20.000 per ekor.

Baca Juga! Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bandeng, Cocok Bagi Anda yang Ingin Memulai Usaha Ini

2. Ikan Sepat Siam

Ikan sepat siam trichogaster pectoralis, ikan ini merupakan ikan air tawar sejenis gurami. Sebutan ikan sepat siam di daerah jawa yakni dinamakan sliper. Selain itu, ikan ini juga mempunyai sebutan lain yaitu snake skin gouramy/gurami kulit ular. Penamaan tersebut mengacu pada pola warna tubuhnya berupa belang-belang yang terdapat pada sisi tubunya.

Ikan sepat siam memiliki panjang tubuh maksimal mencapai 20 cm. Jenis ikan sepat yang liar biasanya mempunyai warna tubuh yakni berwarna perak kusam serta berwarna kehitaman. Selain itu, pada sisi tubuh di bagian belakang terkadang juga terdapat warna yang agak terang.

Ikan sepat siam biasanya dijadikan ikan konsumsi dengan harga jual yang tinggi, apalagi apabila sudah diolah menjadi ikan asin yang harga jualnya bisa mencapai Rp. 88.000.

3. Ikan Sepat Biru

Sesuai dengan penamaannya, ikan sepat biru ini mempunyai warna biru yang dominan serta elegan, sehingga ikan ini sangatlah cocok dijadikan peliharaan akuarium. Ikan sepat biru bisa tumbuh mencapai 12 cm.

Terdapat perbedaan antara ikan sepat biru yang berjenis kelamin jantan dan betina, hal tersebut dapat dibedakan dari warna dan bentuk tubuhnya. Ikan sepat biru dibandrol dengan harga yang sama dengan jenis ikan sepat lainnya yakni Rp. 3000

Sepat biru yang berjenis kelamin jantan mempunyai warna tubuh yang kontras dan bentuk tubuhnya yang ramping, sedangkan ikan sepat biru betina mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar serta warna tubuhnya yang kusam. 

4. Ikan Sepat Madu

Sebutan lain dari ikan sepat madu yaitu guramy madu. Penamaan ikan ini sesuai dengan warna tubuhnya layaknya emas apabila terkena sinar dari lampu di akuarium. 

Ikan ini sangatlah cocok dan bagus dijadikan hias dalam akuarium, dan ikan ini tidak bersifat agresif sehingga boleh ditempatkan dalam satu akuarium bersamaan dengan jenis ikan lainnya.

Nilai jual ikan sepat madu sangat mudah dijangkau yaitu berkisar Rp. 3000/ekornya. Jadi anda bisa membelinya dengan jumlah yang banyak serta dapat menghiasi akuarium anda.

5. Ikan Sepat Padi 

Ikan sepat padi juga memiliki penamaan lain, ikan ini juga sering dinamakan dengan ikan sepat ronggerng. Secara umum, ikan ini bisa dijadikan ikan konsumsi dan juga bisa dijadikan ikan hias. 

Harga ikan sepat padi per ekornya berkisar Rp. 3000 ataupun anda bisa mendapatkannya di habitat tempat hidupnya, seperti sungai dengan pancingan umpan berupa cacing, cacing darah, telur semut dan daging.

Itulah beberapa jenis ikan sepat yang sudah penulis bahas berserta harganya. Semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semua.

Baca Juga! Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Sidat, Usaha Budidaya Ikan yang Mudah Dilakukan dan Menguntungkan

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai 5 jenis ikan sepat yang keunikan beragam. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar