yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Manfaat Sawi Hijau yang Sangat Baik untuk Dikonsumsi dan Tentunya Bagus untuk Kesehatan

Manfaat Sawi Hijau

Sayuran sawi kerap dijadikan sebagai bahan pelengkap oleh para pedagang mie ayam, mie bakso dan makanan sejenisnya.Taukah anda?, selain dikenal dengan rasanya yang mantap dan cocok dijadikan bahan pelengkap masakan mi dan bentuk sajian lainnya, sayuran sawi juga dikenal dengan manfaat yang beragam. 

Pada kesempatan kali ini, penulis akan mengulas secara mendalam khususnya mengenai manfaat sawi. Berikut pembahasan lebih lanjutnya:

Baca Juga! 5 Jenis Sawi dengan Kandungan Nutrisinya yang Beragam serta Memiliki Rasa yang Sedap 

Manfaat Sawi Hijau

1. Kaya akan Antioksidan 

Antioksidan merupakan senyawa tanaman alami yang berperan melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang bisa berakibat menimbulkan bermacam penyakit seperti jantung dan kanker. Pada umumnya, sayuran hijau dikenal sebagai sumber yang kaya akan antioksidan, seperti flavonaid, lutein, beta karoten, Vitamin C dan E.

Bukan hanya itu, terdapat beberapa jenis sawi lainnya seperti sawi merah yang kaya akan antosianin. Antosianin merupakan pigmen merah ungu yang terdapat dalam buah-buahan dan jenis sayuran yang mempunyai khasiat dapat menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2. 

2. Sumber Vitamin K

Sayuran sawi memiliki kandungan yang kaya akan vitamin K, jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Peranan Vitamin K memberi pengaruh besar yaitu membantu proses pembekuan darah dan juga berperan penting bagi kesehatan jantung dan tulang.

Kurangnya asupan vitamin K bisa mengakibatkan peningkatan resiko penyakit jantung dan osteoporosis. Osteoporosis marupakan suatu keadaan yaitu berkurangnya kekuatan tulang, sehingga meningkatnya resiko patah tulang.

3. Mencegah Kolesterol

Salah satu resiko terbesar pemicu munculnya penyakit jantung ialah kadar koleterol yang tinggi. Adanya kolesterol jahat sering kali menumpuk pada pembuluh darah dan mengakibatkan penyempitan arteri, sehingga berpengaruh buruk serta terjadinya gangguan pada peredaran darah ke jantung.

Dampak baik dari mengonsumsi sayuran hijau yaitu kolesterol baik akan diubah menjadi asam empedu, yang berperan penting dalam membantu memecahkan lemak dalam makanan. Jadi keberaan kolesterol jahat dalam tubuh dapat teratasi.

4. Mengandung Serat yang Tinggi

Tingginya kandungan serat dalam suatu makanan dapat menjadikan tubuh lebih berenergi dalam melakukan aktivitas. Serat akan diubah menjadi energi, jadi anda terlihat begitu energik dan selalu siap beraktivitas setiap harinya. 

Bardasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwasanya pengonsumsi sawi hijau ataupun jenis sayuran lainnya berdampak nyata lebih sehat dan terhindar dari penyakit seperti kanker seperti kanker usus besar, sembelit, wasir dan kolesterol.

5. Manjaga Kebugaran Tubuh

Manfaat Vitamin C yang terkandung dalam sawi ialah sebagai vasolidator dan antioksidan untuk mecegah kerusakan sel pada tubuh, sehingga dapat menghidarkan timbulnya panyakit seperti kanker.

Fungsi lain dari Vitamin C yaitu menjaga tubuh supaya terhindar dari infeksi penyakit dan virus. Dengan begitu, anda sangat dianjurkan mengonsumsi sawi hijau pada saat musim hujan dan pancaroba.

Baca Juga! Panduan Lengkap Cara Menanam Sawi Hidroponik, Praktis dan Mudah Dikerjakan

 6. Sumber Nutrisi

Sawi hijau mengandung sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Fenol dan flavonoid yang terkandung dalam sawi hijau, menjadikannya salah satu makanan yang cocok mendukung pola diet. Adapun kandungan nutrsinya yaitu, 100 gram sawi yang sudah dimasak mengandung 3 gram serat makanan, 19% mangan, 10% kalsium, 7% vitamin B6, 59% vitamin C dan 3 gram protein.

7. Kesehatan Mata

Sayuran sawi mengandung lutein dan zeaxanthin, yang memiliki manfaat penting bagi kesehatan mata. Peranan kedua jenis senyawa tersebut ialah melindungi retina dari kerusakan oksidatif, serta menfilter cahaya biru yang memiliki potensi bahaya bagi kesehatan mata.

Berdasarkan hasil uji penelitian menyatakan, mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga serta terhindar dari degenerasi terhadap usia, yang mengakibatkan permasalahan utama kebutaan.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai manfaat sawi hijau bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar