yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Info tentang Ikan Betutu yang Masih Banyak belum Diketahui

Ikan Betutu

Ikan betutu (Oxyeleotris marmorata) adalah jenis ikan yang hidup di perairan tawar. Ikan betutu menyukai tempat yang arusnya tenang dan agak berlumpur, disitulah habitat hidup ikan betutu seperti rawa, muara sungai ataupun danau.

Ikan betutu diketahui mempunyai sifat tidak banyak gerak, lebih dominan berada di dasar perairan yang agak berlumpur.

Khasiat yang dimiliki ikan betutu sangatlah banyak, yaitu mempercepat penyembuhan luka pasca operasi, menghilangkan nyeri, membantu pengobatan patah tulang, menyebuhkan luka bakar dan mencegah infeksi serta berkhasiat menghaluskan kulit dan menjaga kulit tampak awet muda, karena kandungan vitamin E yang dimiliki ikan betutu.   

Ikan betutu memiliki ukuran tubuh yang kecil hingga berukuran besar. Ikan betutu memiliki panjang tubuh maksimal yaitu 65 cm, namun pada umumnya panjang tubuhnya berkisar 20-40 cm. Sedangkan warna tubuhnya yaitu merah bata pudar kecoklatan atau kehitaman, berpola gelap simetris, dan pada pangkal ekornya tak lagi ada bercak bulat.

Baca Juga! Panduan Cara Budidaya Ikan Betutu, Dapatkan Keuntungannya dengan Harga Jual yang Tinggi di Pasaran

Pemenuhan akan permintaan ikan betutu selama ini masih mengandalkan dari hasil tangkapan di alam, baik itu stock benih maupun yang siap konsumsi. Jika hal ini terus terjadi maka akan berakibat menurunkan populasi ikan betutu serta merusak kelestariannya di alam. Oleh karena itu, agar hal tersebut tidak terjadi perlu adanya budidaya ikan betutu

Membudidayakan ikan betutu merupakan suatu pilihan yang bijak, karena ikan ini tidak hanya mempunyai manfaat yang beragam, akan tetapi juga banyak permintaannya di pasaran bahkan memiliki nilai jual tinggi di pasar international.

Terdapat beberapa prosedur secara umum yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan budidaya ikan betutu, yaitu meliputi persiapan wadah, pemilihan indukan ikan betutu, pemijahan ikan betutu, penetasan dan perawatan larva ikan betutu, pemeliharaan/pembesaran benih dan sampai pemasaran. 

Fakta-fakta Menarik tentang Ikan Betutu

1. Dikenal sebagai Ikan Pemalas

Ikan betutu dijuluki ikan pamalas dikarenakan tidak sering bergerak dan hanya berdiam serta menetap diri di dasar perairan. Ikan ini akan tetap malas berpindah walaupun telah diusir dari tempatnya.

2. Memiliki Pola-pola Unik pada Tubuhnya

Pola-pola warna menyerupai batu pualam berwarna kemerahan yang terdapat pada tubuhnya menandakan bahwasanya ikan ini adalah ikan yang unik.

3. Aktif di Malam Hari (Nokturnal) 

Ikan betutu bersifat nokturnal, yaitu aktif bergerak di malam hari dan masih dengan sifat bawaannya yaitu malas bergerak, ikan ini hanya bergerak apabila ingin memangsa ikan kecil atau sejenisnya yang lewat di dekatnya. 

Terdapat 7 jenis ikan betutu yang berasal dari spesies Oxyeleotris marmorata, yaitu:

1. Oxyeleotris marmorata. Blkr (jenis paling mahal)
2. Oxyeleotris urophthalmus. Blkr
3. Oxyeleotris urophthalmoides. Blkr
4. Oxyeleotris sineolatus. Blkr
5. Oxyeleotris heterodon. Seen
6. Oxyeleotris fimbriatus. Weber
7. Oxyeleotris ereuntris. E  

Baca Juga! Budidaya Ikan Gabus Sistem Bioflok. Inovasi Modern dengan Profit yang Besar

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai ikan betutu yang masih banyak belum diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar