yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Panduan Lengkap Cara Menanam Sayuran dalam Pot, Dijamin Berhasil dengan Hasil yang Memuaskan

Sayuran dalam pot

sumber: pixabay

Menanam berbagai sayuran di suatu lahan merupakan suatu kegiatan yang sudah lama dilakukan oleh banyak orang. Perlu diketahui bahwasanya menanam sayuran tidak harus memiliki lahan yang luas, tapi bisa juga dilakukan di lahan yang terbatas.

Menanam sayuran dapat dilakukan di pekarangan rumah, menanam sayuran dalam pot, menananam sayuran dalam polybag dan anda bisa menanam sayuran di lahan sempit. 

Baca Juga! Paduan Lengkap Cara Menanam Sayuran di Pekarangan Rumah, Dijamin hasilnya Melimpah

Bagaimana?, sangat mudah bukan. keterbatasan lahan bukanlah suatu alasan untuk tidak memulai usaha ini, apalagi usaha ini merupakan salah satu kegiatan produktif selama masa pandemi corona. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai cara menanam sayuran dalam pot.

Keuntungan menanam sayuran dalam pot: Menanam sayuran dalam pot memiliki ciri khasnya tersendiri, selain meminimalisir lahan tetapi juga terlihat tertata rapi sehingga punya kesan indah. 

Banyak jenis sayuran yang dapat ditanam dalam pot: Tanam sayuran dalam pot tergolong mudah dilakukan. Ada banyak jenis sayuran yang bisa ditanam dalam pot, diantaranya yaitu: selada bokor, sawi sendok, sereh, bahkan daun bawang. 

Anda bisa menggunakan lahan disekitaran rumah, dengan menggunakan medium tumbuh yaitu tanah yang ditempatkan dalam pot.

Tidak harus menggunakan pot baru, tapi manfaatkanlah pot lama: Bahkan anda bisa menggunakan media pot gantung minimalis untuk menanam ragam jenis sayuran. Anda bisa menggunakan pot lama yang terdahulu, asalkan masih layak pakai atau memanfaatkan wadah lain, lalu menjadikannya wadah untuk menanam sayuran.

Metode/teknik menanam sayuran: Hidroponik dan vertical garden menjadi pilihan tepat jika menanam sayuran dalam pot. Dua metode atau teknik menanam sayuran dalam pot yaitu hidroponik dan vertical garden memiliki ciri khas tersendiri.  

Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai dua metode/teknik dalam menanam sayuran dalam pot.

1. Hidroponik

Hidroponik

sumber: pixabay

Metode hidroponik sangat berguna bagi anda yang menanam sayuran dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, anda bisa menanam sayuran dengan jumlah besar. Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Baca Juga! Pembahasan tentang Hidroponik, Proses Pembuatan, Kelebihan Hidroponik serta Kekurangannya

Cara menanam sayuran hidroponik di dalam pot:

Penggunaan konsep hidroponik tergolong tidak susah dilakukan, alias mudah. Anda cukup menyediakan pot tanaman sayuran, media tanam, siklus air dan nutrisi.

Jenis sayuran yang dapat digunakan pada metode hidroponik sangatlah beragam, diantaranya anda bisa menanam sayuran bayam, kangkung, bahkan tomat bisa tumbuh subur dalam pot. Adapun cara menanam sayuran dalam pot menggunakan metode hidroponik yaitu: 

  • Pertama, seperti biasa siapkan pot atau wadah sejenisnya yang dapat dijadikan pot dan dilubangi. Serta sediakan pula sumbu kompor atau kain flanel dan nutrisi untuk pertumbuhan sayuran.
  • Lalu sediakan tutup pot atau potong botol bekas menjadi dua bagian dan lubangi tutup botol tersebut.
  • Pasangkan sumbu kompor atau kain flanel pada lubang pot yang tersedia. Kain tersebut harus dapat menyerap air nutrisi.
  • Kemudian, tanam bibit tanaman pada bagian permukaan botol dengan menggunakan media tanah secukupnya.
  • Terakhir, tempatkan nutrisi pada bagian bawah botol

2. Vertical garden

Vertical garden
sumber: Pixabay

Metode vertical garden memiliki konsep memanfaatkan sebuah ruang sempit, kerana berkemungkinan tidak bisa dibangun sebuah kebun sayuran seperti pada umumnya. 

Penerapan metode vertical garden dilakukan dengan menata sayuran dan elemen kebun lainnya sedemikian rupa pada bidang tegak. nama lain dari konsep ini adalah urban farming. Penerapan urban farming sangat cocok dilakukan di perkotaan. 

Bagi mareka yang hidup di perkotaan, ingin menanam sayuran tapi memiliki keterbatasan lahan maka vertical garden adalah salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Anda bisa menanam sayuran sawi, bayam, kangkung, seledri, cabai, tomat, terong, kol dan lain sebagainya pada metode vertical garden.

Baca Juga! Pembahasan Tentang Budikdamber, Peralatan Yang Dibutuhkan, Cara Buatnya Serta Kelebihannya

Ayo!, Mulai menanam Sayuran dalam Pot

Menanam sayuran dalam pot tidak harus menggunakan pot baru, tapi anda juga bisa menggunakan pot lama yang masih layak pakai atau anda bisa memanfaatkan wadah dari bahan lain yang bisa dijadikan pot untuk menanam sayuran. 

Ayok, tunggu apalagi. Mulailah menanam sayuran dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah anda. Itulah pembahasan berupa informasi mengenai cara menanam sayuran dalam pot. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar