yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

5 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Menjaga Lingkungan

Menjaga Lingkungan

Salah satu syarat pola hidup yang sehat ialah lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih merupakan idaman setiap orang, karena lingkungan yang bersih akan memberikan kesan nyaman bagi yang menghinggapinya dan pastinya terhindar dari penyakit. 

Tidak sedikit dari kita yang terkena penyakit kerena lingkungan yang kotor atau kumuh. Sebagaimana kita ketahui lingkungan merupakan tempat keberlangsungan hidup semua makhluk hidup manusia, tumbuhan dan hewan, jadi kita semua harus menjaga lingkungan agar tetap tetap terlestarikan.

Banyak diantara tidak menyadari apa yang dibuatnya akan berdampak buruk bagi lingkungnnya seperti membuang sampah sembarangan, menebang pohon sembarangan, penggunaan kemasan plastik dan sebagainya. 

Banyak juga bencana yang terjadi di bumi ini ulah dari tangan manusia seperti banjir, longsor dan sebagainya.

Banyak hal yang dapat dilakukan yang dilakukan agar terhindar dari pencemaran lingkungan seperti reboisasi/penghijauan kembali, tidak melakukan penebangan liar, tidak membakar hutan dan tidak membuang sampah sembarangan, beberapa hal diatas merupakan tindakan agar terhindar dari pencemaran lingkungan.

Baiklah, berikut penulis akan membahas mengenai alasan mengapa kita harus menjaga lingkungan.

Alasan Mengapa Penting Kenapa Kamu Harus Menjaga Lingkungan 

1. Lingkungan Merupakan Tempat Tinggal Semua Makhluk Hidup

Sebagaimana sudah dibahas di atas, lingkungan merupakan tempat hidup semua makhluk hidup, oleh karena itu kita sebagai manusia yang diberikan akal oleh Tuhan yang maha kuasa wajib menjaga lingkungan, karena apabila kita tidak menjaganya, maka dampak buruk akan kita rasakan pastinya.

2. Langkah Menuju Hidup Sehat

Alasan selanjutnya kenapa kita harus menjaga lingkungan yaitu langkah seseorang untuk menuju hidup sehat. 

Seseorang yang berpola hidup sehat tentunya menjaga lingkungan hidupnya dan tidak melakukan hal hal yang dapat mencemari lingkungannnya, justru orang tersebut melakukan hal hal yang berdampak positif bagi dirinya dan lingkungannya.

Baca juga! Peranan Penting Ekosistem Hutan Mangrove di Pesisir Pantai

3. Keanekaragaman Hayati Merupakan Bagian Penting dalam Kehidupan Kita

Keanekaragaman di bumi ini terdapat diberbagai tempat seperti hutan dan laut dan itu merupakan lingkungan sekitar kita.

Keanekaragaman hayati perlu dijaga agar flora dan fauna yang terdapat di alam tidak berkurang bahkan punah, pastinya kita tidak menginginkan hal itu terjadi karena segala hal yang dikosumsi atau dibutuhkan oleh manusia berasal dari alam.

4. Sebagai Warisan ke Generasi Berikutnya

Kita hidup di dunia ini merupakan hanya sementara atau fana, jadi lakukanlah hal hal yang positif/ berguna bagi kehidupan. Salah satu caranya yaitu tetap menjaga lingkungan dengan baik, karena lingkungan yang sedang kita hinggapi sekarang ini akan diwariskan ke generasi selanjutnya.

Jadi jagalah lingkungan sebaik baiknya karena lingkungan yang kita hinggapi sekarang ini merupakan sebuah warisan berharga ke anak cucu kita.

5. Lingkungan yang Bersih akan Berdampak Baik bagi Kesehatan

Tidak mencemari lingkungan merupakan suatu langkah yang baik, adapun hal hal positif yang akan didapatkan seperti hidup yang sehat, terhindar dari wabah penyakit dan tidak terjadinya bencana seperti banjir, longsor dan lain sebaginya.

Mungkin hanya sekian pembahasan mengenai 5 alasan penting kenapa kamu harus menjaga lingkungan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke kawan anda semua. Terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar