yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Peranan Penting Ekosistem Hutan Mangrove di Pesisir Pantai

Peranan Penting Ekosistem Hutan Mangrove di Pesisir Pantai

sumber: pixabay

Sebagai mahasiswa perikanan tidak asing asing lagi dengan yang satu ini. Mangrove sendiri sering dijadikan sebagai objek penelitian dan juga hal tersebut menjadi tugas kuliah khususnya di fakultas perikanan.

Banyak diantara kita tau apa itu mangrove?, tapi banyak juga diantara kita belum terlalu paham tentang mangrove secara mendalam. Iya seperti apa fungsi mangrove, jenis jenis mangrove, habitat mangrove dan hal hallainya yang berkaitan dengan mangrove.

Baiklah  pada kesempatan kali ini penulis akan membahas secara mendalam tentang semua hal yang berkaitan dengan mangrove.

Nama lain mangrove adalah tumbuhan bakau. Mangrove tumbuh di lingkungan perairan payau dan lingkungan juga sangat dipengaruhi oleh keberadaan pasang surut air laut. Suatu tempat atau suatu ekosistem mempunyai karakter unik. Baiklah berikut beberapa ciri ciri dari ekosistem mangrove:

  1. Ekosisstem yang dipengaruhi oleh pasang surut
  2. Didominasi oleh tumbuhan mangrove atau tumbuhan bakau, selain tumbuhan bakau atau mangrove yang terdapat di ekosistemnya, juga terdapat beberapa jenis tumbuhan diantaranya: ketapang, akasia, nipah, pohon asem, lomtoro dan sebagainya.
  3. Tumbuhan mangrove atau tumbuhan bakau memiliki akar yang mencuat ke permukaan.
  4. Ekosistem mangrove terdapat dikawasan perairan payau, yaitu perairan yang terdiri dari pencampuran antara air laut dan air asin. Adapun salinitas air payau berkisar antara 6 – 29 ppt

Ekosistem Mangrove

Setiap individu membutuhkan suatu lingkunagn atau suatu ekosistem sebagai wadah untuk kehidupannya. Setiap individu berbeda pula cara berinteraksi dengan individu lainnya. 

Dalam lingkungan hidupnya terdapat komponen komponen yang ada di dalamnya, dimana setiap habitat yang ada di bumi mempunyai ekosistem masing masing. Begitu pula dengan ekosistem mangrove yaitu mempunyai sebuah ekosistem tersendiri atau ekosistem yang khas.

Ekosistem mangrove dikatakan sebagai ekosistem yang khas, dikerenakan di ekosistem tersebut terdapat sesuatu yang berbeda  dibandingkan dengan ekosistem lainnya. Berikut ciri khas yang dimiliki oleh ekosistem mangrove yaitu:

  1. Salinitas tanah yang tinggi, dikerenakan dalam ekosistem tersebut mengalami pasang surut air laut dan juga keadaanya yang berlumpur.
  2. Sedikitnya kemungkinan terjadinya abrasi tanah, dikarenkan salah satu fungsi utama dari tumbuhan mangrove yaitu mencegah terjadinya abrasi. Hal ini dapat dilihat dari sistem perakaran mangrove yang mengekang
  3. Terjadinya daur penggenangan oleh pasang surut, hal ini terjadi karena ekosistem mangrove dekat dengan laut.
  4. Jenis flora yang tumbuh dalam ekosistem mangrove adalah jenis flora yang khas karena telah mengalami proses adaptasi tertentu.

Jadi itulah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh ekosistem mangrove. Dari ciri khas tersebut kita dapat mengatahui bahwasanya ekosistem mangrove merupakan ekosistem yang unik, oleh karena itu perlu dilestarikan.

Baca Juga! Manfaat Tanaman Air bagi Lingkungan dan Biota Perairan

Fungsi Ekosistem Mangrove

Kita sering mendengar sebuah istilah yaitu hutan (ekosistem) merupakan merupakan paru paru dunia dalam istilah tersebut mengandung makna yang tersurat yaitu oksingen dari hasil tumbuhan (mangrove beserta tumbuhan lain yang hidup dalam ekosistem tersebut). 

Sangat berguna bagi kehidupan makhluk hidup lainya. Fungsi lainya adalah sebagai pencegah terjadinya banjir bandang dan juga longsor, hutan sebagai penetralisir polusi di udara dan juga tempat hidup satwa lainnya. Baiklah berikut fungsi atau manfaat yang dimiliki oleh hutan mangrove:

Fungsi Ekologis

  • Pelindung dari terjadinya abrasi yang nantinya bisa menyebabkan terkikisnya bibir pantai
  • Habitat berbagai jenis hewan yang hidup di ekosistem tersebut diantanya siput bakau, kepiting bakau, biawak udang, udang lumpur dan sebagainya.
  • Menjadi habitat bagi flora yaitu ketapang, nyamplung, akasia, nipah, pohon asem lamtoro.

Fungsi Ekonomis

  • Kualitas kayu yang dihasilkan dari tumbuhan mangrove adalah kualitas yang bagus dan bernilai ekonomis
  • Bisa menghasilkan produk non kayu. Produk yang dihasilkan arang, bahan pewarna, kosmetik, bahan pewarna, tanin ( senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan), bahan pangan dan sebagainya.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai peranan penting ekosistem hutan mangrove di pesisir pantai. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar