yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

3 Penyebab Serta Solusi dari Kematian Massal Ikan di Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau atau Waduk

Solusi dari Kematian Massal Ikan di Keramba Jaring Apung

Adapun permasalah dan solusi yang saya ketahui apabila ikan di Keramba Jaring Apung (KJA) di danau ataupun di waduk mengalami kematian massal yaitu,

1. Padat Tebar yang Berlebih

Padat tebar ikan tidak boleh melebihi, sebagaimana kita ketahui bahwasanya KJA memiliki keunggulan padat tebar tinggi, namun pada kasus ini padat tebar tinggi yang dimaksud adalah padat tebar yang sudah melebihi batas ambang. 

Jika padat tebar sudah melebihi batas, maka bisa berakibat kematian massal ikan budidaya, dikarenakan ruang gerak ikan terbatas sehingga ikan saling berdesakan.

Solusinya, alangkah baiknya seorang pembudidaya harus mengatahui terlebih dahulu padat tebar ikan di kja dalam luas tertentu. ataupun, apabila telah terjadi padat tebar yang berlebihan maka dapat dilakukan pengurangan ikan di KJA.

2. Berkurangnya Oksigen di Perairan

Berkurangnya oksigen di perairan bisa menyebabkan kematian di KJA, adapun penyebabnya yaitu adanya peningkatan kosusmsi oksigen oleh tanaman air ataupun ganggang yang melimpah dalam ekosistem tersebut, peningkatan sampah organik, kematian dan pembusukan bahan organik ataupun adanya bahan kimia berupa formalin.

Apabila oksigen berkurang diperairan, otomatis ikan akan sulit bernafas, sehingga menyebabkan kematian.

Solusinya, dilakukan pengurangan tanaman air ataupun ganggang di perairan dengan cara mencabutnya dan apabila diakibatkan oleh sampah organik, solusi yang dapat diberikan yaitu selalu menjaga kualitas air.

Ikan sangat mudah terkena berbagai macam penyakit dan parasit khususnya di perairan terbuka. Ikan akan mudah terkena virus penyebab penyakit, bakteri, dan jamur.

Penyakit ikan dan parasit jarang mencapai tingkat parah, kematian ikan dalam jumlah besar dan tiba-tiba di dalam suatu kja jarang disebabkan oleh parasit. Ikan menderita penyakit atau parasit biasanya mati perlahan-lahan, beberapa ikan setiap hari.

Solusinya, Tingkatkan aliran air/sirkulasi pada KJA dengan kincir air, Singkirkan semua bangkai ikan yang mati dan sekarat dan dijaga setiap saat kualitas airnya agar tidak terinfeksi oleh penyakit.

Sekian Pembahasannya. semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke kawan kawan anda. Terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar