yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

6 Keunikan Ikan Guppy (Poecilia reticulata)

Keunikan Ikan Guppy

Apakah anda termasuk seorang penggemar ikan hias? Jika iya, tentuya anda sudah mengenal beberapa spesies ikan hias pada umumnya seperti, ikan arwana, ikan cupang, ikan guppy dan masih banyak jenis ikan hias lainnya dengan kenuikannya masing masing.

Bagi pecintan ikan hias, jenis ikan guppy asing, karena selain ikan ini mudah berkembang biak, tapi juga mudah didapatkan/murah. Ikan guppy sangatlah cocok ditempatan di akuascape kerana habitatnya menyerupai habitat guppy pada biasanya.

Pada kesempatan ini penulis akan membahas mengenai ikan hias yang gak kalah nih sama keindahan bentuk tubuhnya yaitu ikan guppy (Poecilia reticulata).

Ikan hias adalah Jenis ikan yang berhabitat di perairan tawar ataupun laut yang dipelihara bukan untuk dikosumsi. Rupa fisiknya yang indah ataupun elok memberikan kesan unik tersendiri bagi yang melihatnya.

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwasnya banyak jenis ikan hias yang terdapat di alam dengan keunikanya masing masing.

Ikan Guppy (Poecilia reticulata) pertama kali ditemukan di kawasan Venezuela pada tahun 1859 dan ikan ini juga ditemukan di Guyana dan Kepuluan Karibia. Ikan guppy merupakan komoditas ikan air tawar.

Ukuran tubuh ikan guppy yang mungil dan memiliki corak warna ekor yang elok memberikan kesan indah tersendiri bagi yang melihatnya. Panjang ikan guppy jantan bisa mencapai 2-3 cm, sedangkan guppy betina memiliki tubuh yang lebih panjang dari jantannya yaitu 4-6 cm.

Baca juga! Inilah Alasan Mengapa Ikan Guppy Banyak Diminati oleh Pecinta Ikan Hias

Keindahan dan Keunikan Ikan Guppy

1. Ekor yang Indah

Memang ikan jantan lebih indah dibandingkan guppy betina, tetapi kedua sama sama tampak lebih indah kok. Ya, karena salah satu alasan kenapa ikan guppy terlihat indah karena memiliki corak warna ekor yang bervariasi.

Nah, dari variasi corak warna ekornya memberikan kesan tertentu bagi yang melihatnya. Semakin banyak campuran warna pada suatu jenis ikan guppy, maka akan semakin terlihat indah ikan guppy tersebut.

2. Campuran Warna yang Unik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ikan terlihat lebih indah apabila banyak terdapat paduan warna pada ikan tersebut, baik itu pada tubuhnya ataupun pada ekornya. Perkawinan guppy yang memiliki corak induknya yang berbeda, tentunya akan melahirkan anakan guppy yang indah.

Lamanya periode perkembang biakan guppy selama 20-21 hari serta tergantung akan suhu airnya.
Dalam sekali pemijahan, ikan guppy guppy mampu menghasilkan 80-100 ekor anakannya. 

Kematian pada anakan guppy sangat berkemungkinan terjadi, karena ikan ini sangat rentan pada suhu air dan faktor lainnya.

3. Tubuh yang Mungil

Berbeda dengan jenis ikan hias lainnya, ikan guppy memiliki bentuk tubuh yang mungil/kecil. Sangatlah berbeda dengan komoditas ikan hias lainnya seperti ikan cupang, ikan arwana, ikan mas koki, ikan Lauohan, ikan lemon, ikan molly dan sebagainya.

Bukan cuma memilki bentuk tubuh yang indah, tapi juga tubuh yang mungil. Hal tersebut menjadikan ikan guppy semakin terlihat lebih elok, bukan?.

4. Mudah Berkembang Biak

Salah satu kelebihan ikan guppy ialah mampu biak dengan mudah. maksud dari mampu berkembang biak dengan mudah yaitu dibuktikan dengan lamanya periode perkembang biakan guppy selama 20-21 hari dan sekali mijah bisa menghasilkan 80-100 anakan guppy.

Baca juga! Info tentang Ikan Betutu yang Masih Banyak belum Diketahui

5. Mudah Dipelihara

Ikan guppy termasuk salah satu ikan yang mudah dipelihara, hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya ikan guppy yang bisa didapatkan di selokan ataupun irigasi, namun karena ikan tersebut memiliki rupa tubuh yang elok, maka banyak diburu oleh pencinta ikan hias.

6. Memiliki Harga yang Terjangkau di Pasaran

Ikan guppy yang indah bisa anda dapatkan di pasaran dan harganya pun dapat dijangkau alias murah, berbeda dengan ikan hias pada biasanya seperti ikan mas koki, ikan cupang, ikan arwana yang memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan ikan guppy.

Sekian pembahasan mengenai 6 keunikan ikan guppy. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke sahabat anda. Terima kasih.