yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

8 Cara Ampuh Menghilangkan Insomnia

Mengatasi Insomnia
Source: Pixabay

Tidur merupakan kebutuhan pokok  tubuh. Tidur juga berdampak positif untuk pertumbuhan dan perbaikan fungsi organ yang terganggu. Anda akan merasa lelah disaat energi anda terkuras, hal tersebut menandakan anda butuh akan istirahat.

Maka, oleh karena itu aturlah pola tidur anda, jika tidur anda cukup, maka tidur anda akan terasa nyenyak, keesokan harinya anda akan bangun pagi dengan kondisi bugar dan siap beraktivitas.

Insomnia merupakan suatu keadaan sulit tidur dan juga sulit tidur nyenyak yang berkelanjutan. Pada kesempatan ini, penulis akan membahas lebih dalam tentang tips ampuh menghilangkan insomnia.

Tips Mengatasi Insomnia

1. Membiasakan Tidur dan Bangun secara Teratur

Salah satu penyebab insomnia ialah mareka yang tidak mengatur pola istirahat mareka, sehingga berkemungkinan mareka tidak bangun tepat waktu alias kesiangan.

Kiat membiasakan tidur dan bangun secara teratur bisa mencegah insomnia / susah tidur. Jadi, jauhkan segala hal yang dapat mengganggu tidur anda.

2. Kurangi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Menkonsumsi sesuatu yang mengandung kafein ataupun alkohol bisa menyebabkan insomnia. Hal ini karena dalam kafein ataupun alkohol terkandung unsur yang menyebabkan susah tidur, hal ini dapat dibuktikan.

sebagai pembuktiannya, penulis sendiri akan mengalami susah tidur apabila mengonsumsi kafein, mungkin yang saya rasakan ini sama seperti kawan kawan rasakan. jadi mengonsumsi kafein hanya dianjurkan bagi mareka yang bergadang.

3. Jauhkan Beban Pikiran

Merasa banyak beban pikiran / stress bisa mengganggu tidur anda. Jika anda sudah berada di kasur maka hindarilah segala  beban pikiran. 

Suatu permasalahan sudah lumrah terjadi di kehidupan manusia, hanya saja jangan sampai larut dalam kesedihan akan suatu permasalahan.

Anda cukup memikirkan bagaimana penyelesaian masalah tersebut. Terlalu banyak pikiran atau stress bisa mengakibatkan penyakit seperti, penyakit jantung, diabetes, sakit kepala, sistem pencernaan terganggu dan penyakit mata.

Baca juga! 10 Hal Kecil yang Memberikan Dampak Positif dalam Kehidupan Anda

4. Gunakanlah kasur hanya untuk tidur

Kebanyakan diantara kita menghabiskan banyak waktu di kasur sebelum tidur, baik itu bermain hp, melamun dan hal yang tidak berguna lainnya, sehingga menyebabkan tidur terlalu malam. 

Hal tersebut menyababkan bangun telat waktu atau kesiangan. Jadi gunakanlah kasur hanya untuk tidur dan apabila sudah berada dikasur segara pejamkan mata anda.

5. Biasakan Membaca Buku sebelum Tidur

Melakukan hal positif sangatlah dianjurkan sebelum tidur khususnya untuk menghindari insomnia, salah satu contohnya yaitu membaca buku sebelum tidur, karena selain manambah wawasan tapi juga akan memberikan efek kantuk, karena disaat membaca otak akan mencerna apa yang dibacakan, sehingga otak akan merasa lelah dan memberikan suatu informasi untuk segera beristirahat.

6. Buat Nyaman Tempat Tidur Anda

Tempat tidur merupakan salah satu hal yang membuat nyaman atau tidaknya tidur anda. Sebelum tidur, alangkah baiknya anda membersihkan serta merapikan tempat tidur anda, karena tempat tidur yang nyaman akan membuat tidur anda pules sehingga menjauhkan anda dari insomnia.

7. Makan Malam di Awal Waktu

Sesuai dengan pengalaman pribadi penulis, apabila saya tidur dalam kondisi lapar, maka tidur saya tidaklah nyenyak, dalam artian saya biasanya tidur tidak dalam kondisi lapar. Mungkin kawan kawan juga sama seperti saya.

Untuk menghilangkan insomnia, kita diharuskan makan diawal waktu. Jangan juga saat sebelum tidur yaa!, karena itu tidak bagus bagi kesehatan.

8. Berolah Raga secara Teratur

Salah satu pola hidup sehat adalah berolah raga. Berolah raga akan membakar lemak serta menyehatkan tubuh, fisik anda akan terlihat fit dan siap beraktifitas sehari hari. 

Ternyata berolah raga secara teratur juga bisa menghilangkan insomnia. Jadi, berolah raga secara rutin bisa menjadi solusi untuk setiap penyakit.

Mungkin, cukup sekian pembahasan dari penulis. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti kami terus untuk mengatahui update-an terbaru. Sekian. Terima Kasih.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai 8 cara ampuh menghilangkan insomnia. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.