yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

10 Hal Kecil yang Memberikan Dampak Positif dalam Kehidupan Anda

Hal Kecil yang Berdampak Positif dalam Kehidupan
Source: Pixabay

Banyak diantara kita tidak menyadari hal hal kecil dalam kehidupan ini yang dapat berdampak besar. Melakukan hal kecil adalah langkah awal mencapai suatu tujuan tertentu.

Banyak hal kecil di kehidupan ini yang diabaikan, karena mungkin mareka menganggap hal kecil tersebut tidak akan memberikan perubahan yang berarti, pemikiran seperti itu adalah pemikiran yang salah dan mareka memiliki beribu alasan, bukan beribu cara.

Nah, ternyata beberapa hal kecil yang tentunya berdampak besar dalam kehidupan anda. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas secara rinci 10 hal kecil yang berdampak positif bagi kehidupan

10 hal kecil yang Berdampak Positif bagi Kehidupan

1. Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih merupakan salah satu bentuk respect kita terhadap orang yang telah membantu kita. 

Banyak diantara mareka pula yang pastinya senang mendengar ucapan tersebut dan jangan lupa disaat anda mengucapkan terima kasih mengiringinya dengan senyuman, maka otomatis mareka akan merasa kagum dan membalasnya dengan senyuman pula.

Berterima kasih bukan hanya antar sesama (manusia), tapi juga terhadap Tuhan/Pencipta yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya. Adapun cara kita berterima kasih terhadap sang Khaliq dengan cara bersyukur terhadap apa yang telah diberikannya.

2. Tidak Pelit Ilmu

Berdasarkan dalam Agama Islam, terdapat sebuah Hadist yang artinya “Sebaik baik orang diantara kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannaya” (HR. Bukhari).

Dari hadist diatas dapat disimpulkan bahwasanya Allah sangat menganjurkan hambanya untuk mempelajarinya serta mengajarkannya, karena dalam  Al-Qur’an membahas secara umum segala aspek kehidupan dan tentunya dapat diambil hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi.

Ilmu yang disebut adalah semua jenis ilmu asalkan bersifat positif. Jadi jika anda mengetahui suatu ilmu tertentu jangan sungkang- sungkang memberitahukannya kepada sesama, agar ilmu yang telah anda pelajari adalah ilmu yang berkah dan terjahui dari lupa.

3. Selalu Mengambil Hikmah dari Setiap Kejadian

Permasalahan ataupun cobaan sudah sudah biasa terjadi dalam kehidupan pribadi manusia, tuhan memberikan cobaan ataupun menguji hambanya, tuhan ingin melihat sebarapa tangguh hambanya menghadapi suatu cobaan.

Jadi, kita sebagai hamba yang sedang ditimpa masalah dalam hidup, maka bersabarlah dan bersikaplah tawakkal, karena setiap ujian ataupun cobaan pasti ada hikmah dibaliknya.

4. Harus Disiplin atau Ontime

Sikap disiplin sangat menentukan kesuksesan seseorang, karena  sikap disiplin ada pada orang sukses.
Misalnya, pada proses lamaran pekerjaan tertentu pasti terdapat penilain kedisiplinan. 

Disiplin sendiri merupakan suat sikap kebiasaan dalam melakukan suatu kegiatan tertentu. Disiplin membawakan anda kepada suatu tujuan yang anda inginkan.

5. Saling Memaafkan

Permasalahan dalam kehidupan sehari hari khususnya sesama manusia sudah biasa terjadi, hanya saja yang tebaik disaat terlibat masalah antar sesama adalah mareka yang langsung meminta maaf dan berjanji tidak mengulagi kesalahan yang sama.

Dalam Agama Islam, Sikap salin memaafkan adalah suatu sikap yang dianjurkan oleh Allah. Misalkan di hari hari besar Islam yaitu, Idul Fitri dan Idul Adha, manyoritas muslim saling bersilaturrahmi dan berjabat tangan.

Oleh karena itu, jadilah pribadi yang saling memaafkan dan jika anda salah, maka jangan segan segan untuk minta maaf.

6. Bertegur Sapa

Tegur sapa merupakan sikap ramah tamah. Dalam kehidupan bermasyarakat sangat diperlukan sikap tegur sapa. 

Bertegur sapa dilakukan dengan cara memberikan salam ataupun menyebut namanya serta memberikan senyuman ke orang yang anda ingin sapa.

7. Menghargai Pendapat Orang Lain

Sebagaimana kita ketahui bahwasanya setiap orang bebas berpendapat tentang sesuatu, hal tersebut diatur dalam UUD tentang kebebasan berpendapat. Pendapat tersebut berbanding lurus akan menghargai pendapat orang.

Jadi tujuan maksud UUD tersebut menghargai pendapat orang lain, akan tetapi fenomena yang terjadi sekarang adalah tidak menghargai serta meremehkan pendapat orang lain dan ini adalah sifat buruk. Jadi, jika ingin dihargai maka hargailah orang lain.

8. Tidak Bersikap Remeh

Hampir sama dengan penjelasan diatas, remeh merupakan sikap tercela. Maksud remeh yang dimaksud adalah secara umum, baik meremehkan pendapat orang lain, meremehkan kemampuan orang ataupun meremehkan orangnya secara langsung. Jadi janganlah meremehkan baik itu hal kecil, karena bisa berakibat fatal

9. Mengakui Kesalahan

Hampir keseluruhan manusia mengalami hal ini, banyak diantar mereka sudah tau bersalah, tapi malah berdebat, seolah olah dia tidak bersalah. 

Mengakui kesalahan merupakan salah satu jalan terbaik sebagai langkah perubahan yang lebih baik kedepannya.

10. Bersikap Sopan Santun

Sopan santun juga diartikan sebagai adab, makna sangatlah umum, bisa berarti adab terhadap orang tua, adab terhadap guru, adab terhadap sesama teman, adab terhadap makanan.

Dalam agama Islam, semua yang berkaitan dengan adab sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadist. Jika adab diterapkan dama kehidupan sehari-hari, maka akan memberi perubahan baik yang besar bagi kehidupan anda.

Sekian pembahsannya, semoga bermanfaat. jangan lupa ikuti blog ini untuk mengatahui update-annya dan shere artikel ini. Terima Kasih.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai hal kecil yang memberikan dampak positif dalam kehidupan anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.