yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Ketahuilah!, Beberapal Hal Yang Menyebabkan Kebotakan

Kebotakan

Kebotakan merupakan dimana suatu keadaan rontoknya rambut sehingga mneybabkan kebotakan. Kebotakan sendiri disebabkan oleh beberapa faktor yaitu keturunan, perubahan hormon, kondisi medis dan lain sebagainya.

Botak juga dianggap suatu gaya rambut, tapi gak ada rambutnya yaaa..hehehh. tapi penulis akan membahas faktor faktor yang menyebabkan kebotakan. Berikut lebih jelasnya tentang faktor faktor umum yang menyebabkan kebotakan.

Faktor Umum yang Menyebabkan Kebotakan

A. Faktor Keturunan

Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab kebotakan, diamana sebagian besar kebotakan disebabkan oleh faktor ini. 

Hormone androgen memegang peran penting terhadap terjadinya kebotakan.  Terjadinya kebotakan pada pria lebih cepat dibandingkan dengan wanita 

C. Perubahan Hormon

Faktor lain yang menyebabkan kobatakan selain faktor keturunan adalah faktor perubahan hormon atau ketidak seimbangan hormone. 

Adapun hormon yang dimaksud adalah androgen atau hormone seks pria. Jadi peran hormone androgen adalah mengatur pertumbuhan rambut baik pria ataupun wanita.

D. Pengaruh Kondisi Medis dan Pengobatan

Jika terjadinya kerontokan rambut, maka diperhatikan apa sih penyebabnya. Nah pengaruh kerontokan karena kondisi medis dan pengobatan dapat ditandai dengan kemerahan, nyeri, kulit kepala mengelupas, rambut patah, terdapat sedikit kerontokan sehingga berujung kebotakan.

Itulah 3 faktor umum penyebab kebotakan. Berikut penulis akan membahas lebis spesifik tentang penyebab kebotakan. Berikut hal hal yang dapat menyebabkan kebotakan. 

Hal-hal yang Menyebabkan Kebotakan

1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan metode penyembuhan terhadap pengidap penyakit kanker. Jadi peran kemoterapi yaitu cara yang efektif untuk memusnahkan pertumbuhan sel kanker.

Tujuan kemoterapi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, jadi secara tidak sengaja pertumbuhan rambut ditekan (lambat) sehingga lama kelamaan akan mengalami kebotakan.

2. Terbiasanya Mengikat Rambut

Kebiasaan mengikat rambut biasanya dilakukan oleh kaum hawa. Mungkin alasan dari mareka adalah agar tertata rapi rambutnya. 

Namun perlu diketahui bahwasanya kebisaan mengikat rambut bisa berakibat negatif, apalagi mengikatnya dengan sangat keras. dampak salah satunya yaitu merontokkan rambut yang berujung kebotakan. Jadi untuk menghindari masalah yang satu ini adalah hindari kebiasaan mengikat rambut.

3. Vitamin A yang Berlebihan

Sering kita mengaitkan bahwasanya vitamin A berguna untuk mata dalam artian bagus untuk kesehatan mata. Perlu diketahui konsumsi vitamin A tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang (harus seimbang).

Di sisi lain konsumsi vitamin A yang berlebihan bisa berakibat buruk pada rambut yaitu memicu terjadinya kerontokan rambut.

4. Infeksi

Infeksi merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme yang menyerang jaringan. Perlu diketahui bahwasanya infeksi dapat menyebabkan kebotakan, tapi infeksi hanya berpeluang sedikit, jadi gak usah khawatir. Oleh karena itu anda hanya perlu waspada terhadap pemicu infeksi tersebut.

Adapun infeksi yang terjadi di kepala dinamakan ringworm. Tidak seperti namanya yaitu ringworm asal kata dari bahasa inggris yang artinya cacing cincin ataupun bisa diartikan cacing yang berbentuk seperti cincin. 

Namun infeksi ringworm sendiri disebabkan oleh jamur tinea capitis yang terdapat di kepala, hal ini disebabkan oleh kondisi kepala yang lembab dan kondisi kepala yang kurang bersih.

5. Keturunan

Salah satu penyebab terjadinya kebotakan adalah disebabkan oleh keturunan ataupun genetika. Biasanya hal ini terjadi pada saat usia dini. Dan anda juga bisa berkonsultasi ke dokter. Jadi jangan khawatir.

Sekian pembahasan dari penulis hal yang menyebabkan kebotakan. Semoga artikelnya bermanfaat. Ikuti kami terus untuk mengatahui update-annya. Terima kasih.