yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Peluang Mendapatkan Pekerjaan Setelah Tamat di Jurusan Budidaya Perairan

Peluang Pekerjaan

Perlu diketaui bahwasanya yang menulis artikel ini adalah Mahasiswa aktif Semester 5, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Jurusan Budidaya Perairan, di Universitas Syiah Kuala. 

Disini Penulis juga akan membagikan ilmu atau shearing sedikit pengalaman tentang perkuliahan khususnya di Jurusan Budidaya Perairan. 

Banyak diantara kita sebelum masuk ke suatu perguruan tinggi, beranggapan bahwasanya kuliah sangatlah mengasikkan bahkan ada yang beranggapan bahwasanya kuliah itu seperti di film-film (FTV), tapi kenyataanya tidak seperti itu dan hal tersebut pastinya tidak sesuai dengan apa yang kita ekpektasikan.

Di perkuliahan tentunya banyak yang harus dilaksanankn sebagaimana suatu kewajiban seorang mahasiswa, bukan seperti “mahasiswa kupu-kupu” yaitu Mahasiwa yang kegiatannya hanya kuliah, pulang, pergi serta mahasiswa yang hanya mengejar IP tinggi tanpa mengikuti kegiatan kegiatan didalam dan diluar kampus yang bisa menambah wawasan serta pengalaman.

Jadilah Mahasiswa yang sebenarnya bedasarkan tridarma perguruan tinggi, yaitu 1. pendidikan dan pengajaran 2. penelitian dan pengembangan 3. Pengabdian kepada masyarakat.   

Jurusan Budidaya Perairan merupakan salah satu jurusan yang ada di fakultas budidaya perairan. Sesuai namanya, jurusan ini mengajarkan segala aspek yang berkaitan dengan budidaya biota perairan. 

Jika kita mengatakan bahwasanya mehasiswa jurusan budidaya perairan memiliki beban yang berat, iya semua jurusan di perkuliahan sama sama memiliki jadwal serta tugas yang padat.

salah satunya jurusan budidaya perairan. disamping disibukkan dengan jadwal yang padat, juga disetiap selesai praktikum mareka harus membuat laporan dan hal tersebut bukanlah hal yang memudahkan. terkadang mareka harus bergadang
  
Definisi Budidaya Biota Perairan adalah suatu usaha memperbanyak suatu komoditas budidaya air di wadah yang terkontrol untuk memperoleh profit atau keuntungan. Jika anda ingin jadi seorang pengusaha maka sangatlah cocok untuk menekuni bidang ini.

Di Negara bagian Eropa, contohnya Norwegia dikenal sangat dalam pembudidayaan biota laut. Contoh komoditasnya yaitu ikan salmon. Ikan salmon hidup di tempat yang suhunya rendah dan ikan salmon sendiri memiliki nilai jual yang tinggi. 

Jadi di negara tersebut potensial pembudidayaan komoditas laut sangatlah besar dan mendatangkan keutungan yang besar tentunya.

Oke, langsung ke poinnya saja, berikut penulis akan membahas apa saja prospek kerja setelah tamat kuliah di jurusan budidaya perairan.

Prospek Kerja setelah Tamat Kuliah di Jurusan Budidaya Perairan

1. Menjadi Pengusaha 

Pasti banyak diantara kita berpendapat bahwasanya setelah lulusan S1 ada peluang untuk menjadi seorang pengusaha. 

Hal tersebut adalah benar, namun sangatlah tidak mudah, karena anda harus memiliki ilmu serta pengalaman yang mencukupi dan terus menggali hal hal yang beru tentunya.

Selain itu, modal juga termasuk hal yang utama, serta anda juga harus berani mengambil setiap resiko yang ada, demi tercapainya suatu kesuksesan.

2. Menjadi Pekerja di Sebuah Lembaga Sipil

Seorang alumni jurusan budidaya perairan pasti akan melamar pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan demi mencukupi kebutuhan sehari hari. 

Banyak diantara mareka akan mendaftar menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang nantinya akan berkerja di suatu Instansi Pemerintahan seperti Kementrian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perikanan Daerah dan sebagainya.

Banyak orang berkeinginan menjadi PNS dengan alasan kuat tentunya, yaitu mendapatkan gaji yang lumayan, gaji pensiunan atau gaji jaminan hari tua. 

Jadi menjadi PNS sangat menjanjikan tentunya dan lulus menjadi seorang PNS tidak mudah juga. Anda akan lulus Insyaallah jika belajar dengan giat.

3. Menjadi Tenaga Kerja di Suatu Lembaga Pendidikan (Guru atau Dosen)

Untuk Menjadi seorang guru atau dosen anda harus memenuhi persyaratan tertentu seperti halnya Guru yang mengajar siswa disuatu sekolah kejuruan perikanan.

Guru dituntut harus terlibat aktif dalam proses belajar mengajar begitu juga pelajar, agar pelajar memahami apa yang disampaikan oleh guru dan natinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Dosen sama juga dengan guru, sama sama pengajar. Hanya saja panggilan dosen ada di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Jadi intinya seorang tamatan jurusan budidaya perairan bisa menjadi tenaga pengajar baik di sekolah maupun dibangku perkuliahan.

4. Wirausaha

Seorang budidaya mampu menjadi seorang wirausaha asalkan ilmu dan pengalaman yang didapatkan dari bangku perkuliahan mencukupi.

Wirausaha merupakan seorang yang membuka usahanya sendiri dan memiliki keahlian dalam mengenal segala aspek yang berkaitan dengan apa yang diusahakannya.


Semoga artikelnya bermanfaat. Ikuti kami terus untuk mengatahui update-annya dan jangan lupa shere artikel ini. Terima kasih.