yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Cara Mengatasi Rendahnya Nilai SR pada Udang dengan eFeeder

Penggunaan eFeeder

Kelangsungan hidup atau SR udang yang rendah perlu diperhatikan karena menyebabkan kerugian kegiatan akuakultur. Kualitas air menjadi salah satu pengaruh tinggi rendahnya SR pada usaha budidaya udang. Lalu apa hubungannya tingkat SR dengan penggunaan eFeeder? Anda perlu menyimak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab SR Udang Rendah

Rendahnya SR udang disebabkan beberapa faktor antara lain kualitas air. Kualitas air yang buruk menyebabkan udang mengalami stres dan rentan terhadap penyakit hingga menyebabkan kematian. Ada banyak penyebab kualitas menjadi buruk seperti cuaca ekstrim, kematian plankton, makanan yang tidak dimakan karena pemberian pakan yang berlebih dan sebagainya.  

Overfeeding merupakan pemberian pakan berlebih yang mengakibatkan sisa pakan terendap pada dasar kolam. Hal ini merusak kualitas air karena menciptakan banyak nitrit dan amonia di kolam. Terlalu banyak nitrit menjadi racun bagi udang dan bahkan menyebakan kematian. 

Pemberian pakan harus dikontrol dengan baik agar tidak terjadi makan berlebihan. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan eFeeder.  

eFeeder adalah alat pemberi pakan udang otomatis (auto feeder) yang dapat dikontrol penuh dari ponsel Android anda untuk memantau dan mengatur pemberian pakan sesuai dengan kebutuhan tambak udang anda. 

Salah satu kelebihan eFeeder udang adalah dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup (SR) udang yang rendah. Mari simak langkah-langkahnya berikut ini! 

Cara Mengatasi SR Rendah dengan eFeeder Udang

Ketersediaan pakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi SR udang. Pemberian pakan yang cukup dan tepat waktu serta nutrisi yang baik mempercepat pertumbuhan udang dan mempertahankan SR udang, sehingga usaha produksi budidaya sesuai dengan harapan. 

Selain itu jumlah pakan yang tepat pada waktu yang tepat dapat menjaga kualitas air sehingga udang terhindar dari stress, bahkan menyebabkan kematian. 

Penggunaan eFeeder udang dianggap lebih efektif karena udang lebih efektif untuk mengonsumsi pakan dibandingkan jatuh ke dasar tambak dan menjadi sisa. Sejumlah kecil pakan yang mengendap di dasar kolam menjadikan kualitas air di kolam tetap optimal dan stabil. 

Kualitas air yang optimal membuat udang bebas stres dan terhindar dari serangan penyakit, sehingga kelangsungan hidup atau SR udang di tambak dapat terjaga. 

eFeeder bekerja dengan pemberian pakan sesuai jumlah dan waktu yang ditentukan oleh aplikasi di smartphone hingga makanan di dalam penampungnya habis. Tabung eFeeder transparan memungkinkan anda dengan mudah melihat pakan yang tersisa dan mengisi ulang tangki saat stok pakan habis. 

Menggunakan eFeeder, anda dapat dengan leluasa menentukan durasi, frekuensi, jumlah dan jarak pemberian/tebar pakan, sehingga pengaturannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan nafsu makan udang. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kelebihan atau kurangnya pemberian pakan. 

Baca Juga! Cara Mengatasi Rendahnya Nilai SR pada Udang dengan eFeeder

Meningkatkan Survival Rate Udang dengan Penggunaan eFeeder

eFeeder adalah alat pemberian pakan otomatis yang terbukti mampu mempertahankan SR atau tingkat kelangsungan hidup udang. Mempertahankan nilai SR dapat meningkatkan produksi udang, sehingga keuntungan berlipat ganda. 

Pertanyaan Seputar tentang Mengatasi SR Udang Rendah dengan eFeeder

Apa yang Menyebabkan Nilai SR Udang Rendah?

Rendahnya SR udang disebabkan beberapa faktor antara lain kualitas air yang buruk. Kualitas air yang buruk menyebabkan udang mengalami stres dan rentan terhadap penyakit sehingga menyebabkan kematian. 

Ada banyak penyebab kualitas air yang buruk seperti cuaca ekstrim, kematian plankton, sisa pakan yang karena overfeeding dan sebagainya.  

Bagaimana Peran eFeeder dalam Mengatasi Rendahnya Nilai SR?

Penggunaan eFeeder udang dianggap efektif karena udang lebih banyak memanfaatkan pakan dibandingkan jatuh ke dasar tambak sehingga menjadi sisa. Sejumlah kecil sisa pakan yang mengendap di dasar kolam menjadikan kualitas air di kolam tetap optimal dan stabil. 

Kualitas air yang optimal membuat udang bebas dari stres dan terhindar dari serangan penyakit, sehingga kelangsungan hidup atau SR udang di tambak dapat terjaga.  

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai cara mengatasi rendahnya nilai SR pada udang dengan eFeeder. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar