yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Harga Jual Ikan Papuyu Segar Terbaru

Ikan Papuyu

Ikan papuyu merupakan salah satu ikan air tawar langka. Di pasaran, harga ikan papuyu jarang turun. Hal tersebut disebabkan sebagian besar ikan papuyu yang beredar saat ini adalah hasil tangkapan alam, bukanlah hasil produksi budidaya.

Akibatnya, ikan papuyu punya harga jual yang tinggi di pasaran. Apalagi jika anda ingin membeli ikan ini di daerah yang tidak banyak memproduksi ikan papuyu.  

Simak terus info berikut ini mengenai harga ikan papayu segar per kilogramnya. Namun sebelum itu, penulis akan membahas terlebih dahulu mengenai ciri-ciri ikan papuyu yang masih fresh

Ciri-Ciri Ikan Papuyu yang Masih Segar

Ikan papuyu dikenal dengan cita rasanya yang sangat lezat dan sering membuat orang ketagihan untuk memakannya. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi ikan papuyu dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak, mencegah pengeroposan tulang, mencegah anemia dan meningkatkan nafsu makan.

Dengan begitu, banyaknya permintaan dari berbagai konsumen, maka penjualan ikan papuyu berpotensi menghasilkan keuntungan yang maksimal. Selain itu, ikan Papuyu yang dijual juga langka karena hasil tangkapan liar. 

Ikan papuyu semakin banyak diincar. Namun tidak semua ikan papuyu yang ada di pasaran punya kualitas yang baik. Karena sangking langkanya, para pedagang terkadang masih menjual ikan papuyu yang tidak laku kemarin hari, jadi berkemungkinan ada juga ikan yang kualitasnya sudah tidak bagus lagi. 

Nah, supaya kita tau ciri-ciri ikan papuyu yang masih segar dan masih punya kualitas baik, mari simak ulasan berikut ini!

Ciri-Ciri Ikan Papuyu yang Masih Segar serta Kualitasnya Bagus

1. Tekstur Daging Ikan

Saat masih segar, ikan papuyu memiliki tekstur daging yang kenyal. Cara tau tekstur daging ikan papuyu, anda bisa menekan ikan dengan jari telunjuk. Apabila tekstur dagingnya lembek dan mudah hancur, bisa dipastikan ikan tidak segar dan akan segera busuk. 

2. Kondisi Tubuh Ikan

Hal yang paling tampak dari ikan papuyu saat pertama kali melihatnya adalah sisiknya. Salah satu cara memilih ikan papuyu yang berkualitas, pastikan tubuhya tidak lepas dari sisik. Karakteristik sisik ikan papuyu yang bagus berwarna hitam pekat, coklat atau kehijauan. 

Sisi tubuh Papuyu segar ialah berwarna kekuningan, terutama di bagian bawah, dengan garis-garis melintang gelap samar dan tidak beraturan. Ikan papuyu yang sehat dan berkualitas juga tidak memiliki luka pada sekujur tubuh. 

3. Kondisi Mata Ikan

Ikan papuyu segar yang kualitasnya bagus dapat dikenali dari kondisi matanya. Saat masih segar, mata ikan papuyu tampak menonjol keluar, bening dan terlihat jelas. Jika mata ikan layu, buram serta berkabut, berarti ikan tersebut sudah tidak segar dan kualitasnya sudah tidak bagus lagi. 

4. Kondisi Insang Ikan

Karakteristik Insang segar yang berkualitas tinggi berwarna merah dan basah. Semakin merah warna insang ikan papuyu maka semakin bagus kualitasnya.

Sebaliknya jika insang ikan papuyu berwarna coklat atau abu-abu dan tampak kering, maka ikan tersebut tidak segar atau tidak layak untuk dikonsumsi. Anda bisa melihat warna insang ikan dengan cara mengangkat tutup insangnya. 

Baca Juga! Jenis Makanan Ikan Sepat yang Mengandung Nutrisi Tinggi

Harga ikan papuyu per kg

Panjang ikan papuyu yang dianggap layak konsumsi adalah sekitar 17-25 cm. Harga ikan papuyu ukuran layak konsumsi bisa bervariasi di berbagai daerah per kilogramnya. Berdasarkan sumber dari situs efishery, ikan papuyu punya harga jual yang bervariasi tergantung daerah 

  • Ikan papuyu segar Rp. 40.000-80.000 (Kalimantan Barat)
  • Ikan papuyu segar Rp. 60.000-70.000/kg (Kalimantan Selatan)
  • Ikan papuyu segar Rp. 70.000 (Kalimantan Tengah)

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai karakteristik ikan papayu yang masih segar dan harga jual ikan papuyu. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar