yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

15 Jenis Tanaman Aquascape yang Unik dan Indah. Cocok Dijadikan Referensi Hiasan Aquascape!

Tanaman Aquascape

Aquascape adalah seni menata tanaman air, batu, karang dan sejenisnya. Belakangan ini aquascape menjadi honi yang sedang ngetren di kalangan pecintanya. Design aquascape menjadi pelengkap dokarasi ruangan yang memberikan kesan yang indah. 

Aquascape bukan hanya memelihara ikan, tetapi juga memelihara semua komponen yang ada di dalam akuarium dengan berbagai penataan dan diperlukan ketelitian serta nilai seni yang mempuni.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai jenis tanaman yang digunakan dalam menata ruang aquascape atau bisa dikatakan tanaman pelengkap pada aquascape yang memberikan kesan unik dan indah. 

Jenis-jenis Tanaman Aquascape yang Unik dan Indah

1. Bacopa SP Colorata

Bacopa SP Colorata

Jenis tanaman ini belum diketahui muasalnya, nama lainnya yaitu bacorak pink. Wujudnya yang begitu mencolok keberadaannya dalam akuarium diantara kerumunan jenis tanaman hijau lainnya. Tanaman ini harus dirawat yaitu dengan menyediakan suplai cahaya dan karbon dioksida yang mencukupi agar tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. 

2. Java Fern

Java Fern

Java fern merupakan jenis tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Perawatan tanamannya tidak tergolong ribet  yaitu tidak membutuhkan jenis subtrat khusus, pupuk serta tambahan CO2. Jenis tanaman ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan lebat apabila menanamnya di ekosistem yang ideal.

3. Aponogeton Ulvaceus

Aponogeton Ulvaceus

Tanaman yang tampak unik dan indah ini berasal dari Madagaskar. Keunikan dan keindahannya terlihat dari bentuk daun yang seperti terpelintir. Perawatan tanaman ini tergolong mudah alias simpel. Pertumbuhannya bisa mencapai 60 cm, serta sangat cocok ditata atau ditempatkan di bagian belakang akuarium.

4. Ludwigia Repens

Ludwigia Repens

Tanaman yang memiliki nama lain creeping primrose-willow ini berasal dari daerah Amerika. Ludwigia repens memiliki batang yang bisa merayap hingga 30 cm serta ukuran daunnya 4-5 cm yang tersusun saling berlawanan.

Baca Juga! Cara Mengontrol Keong Hama Aquascape dengan Efektif dan Tepat

5. African Water Fern

African Water Fern

Tanaman African water fern termasuk jenis tanaman yang mudah di rawat, hanya saja anda perlu memberi suplai pencahayaan yang tinggi. Oleh karena itu, pastikan kebutuhannya agar tanaman ini tumbuh dengan baik dan tidak mati.

African Water Fern hanya cocok tumbuh di akuarium yang berukuran besar, karena ukurannya yang besar bisa membuat akuarium berukuran kecil terlihat terlihat sesak.

6. Pakis Lidah (Java Moss)

Pakis Lidah (Java Moss)

Pakis lidah merupakan jenis tanaman yang paling umum di dunia aquascape. Tanaman ini adalah tanaman tangguh yang tidak mudah mati. Suhu air yang optimal untuk pertumbuhan Java moss berkisar antara 21-24°C. Bagi anda pemula sebagai pecinta aquascape sangatlah cocok menggunakan tanaman hiasan jenis aquascape satu ini.

7. Hygrophila Difformis

Hygrophila Difformis

Water wisteria merupakan sebutan lain dari tanaman Hygrophila difformis, suhu yang optimal untuk pertumbuhan tanaman ini adalah 23-28 °C. Perawatan tanaman ini tergolong simpel yaitu hanya memberikan suplai pencahayaan yang memadai saja, serta tanaman ini dapat tumbuh tanpa bantuan suplai CO2.

8. Amazon Sword

Amazon Sword

Sesuai dengan penamaannya, tanaman Amazon sword mempunyai bentuk batang dengan daun yang menjulur ke atas seperti pedang. 

Suhu yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan Amazon sword yaitu berkisar antara 22-28 °C, serta harus dilengkapi dengan pengcahayaan yang memadai. Tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hiasan akuarium yang cocok ditempatkan pada bagian belakang aquascape

9. Lilaeopsis

Lilaeopsis

Pertumbuhan tanaman ini bisa mencapai hingga 5 cm, oleh karena itu harus sering melakukan pemangkasan secara rutin dan berskala supaya pertumbuhannya tidak lebat. Kerena tanaman ini seperti rumput, Lilaeopsis merupakan tanaman yang cocok dijadikan “karpet” pada akuarium. 

10. Anubias Nana

Anubias Nana

Anubias nana sangat mudah dijumpai di sungai. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 15 cm. Perawatan tanaman ini hanya cukup dengan menjaga suhu akuarium berkisar antara 22-28 °C.

11. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears

Karakteristik tanaman ini sangat unik kerena merupakan jenis tanaman aquascape terkecil. Tanaman ini sama seperti Lilaeopsis, Dwarf baby tears cocok dijadikan sebagai karpet atau foreground pada aquascape.

Perawatan tanaman ini tidak perlu ribet alias sangat mudah, anda cuma perlu  memberikan suplai pencahayaan yang lumayan tinggi, apabila tidak tanaman ini bisa tumbuh merambat ke atas untuk mencarinya.

Baca Juga! Manfaat Tanaman Air bagi Lingkungan dan Biota Perairan

12. Hygrophila Polysperma

Hygrophila Polysperma

Hygrophila polysperma merupakan salah satu jenis tanaman yang cocok dijadikan untuk mempercantik akuarium. 

Sama halnya seperti beberapa jenis tanaman penghias akurium lainnya, anda hanya dapat merawat tanaman tanpa ribet yakni hanya butuh intensitas cahaya yang memadai saja. Tanaman ini juga dapat hidup sebagian di atas permukaan air serta sebagian lainnya terendam dalam air.

13. Monte Carlo

Monte Carlo

Sama halnya seperti tanaman Lilaeopsis dan Dwarf baby tears, Monte carlo sangat cocok dijadikan sebagai karpet atau alas pada akuarium sebagai haisan aquascape, pertumbuhannya pun tergolong cepat.

Pertumbuhan Morte carlo akan lebih cepat apabila mendapatkan pencahayaan dengan intensitas tinggi. Kerana sejatinya, umumnya tumbuhan memerlukan cahaya untuk melangsungkan proses fotosintesis agar memperoleh energi untuk pertumbuhannya.

14. Cryptocoryne Pontederiifolia

Cryptocoryne Pontederiifolia

Bagi anda pemula, melakukan pemeliharaan Cryptocoryne pontederiifolia sangatlah mudah. Tanaman dikenal sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya, sehingga tidak terlalu memedulikan kondisi pH air.

15. Echinodorus Tenellus

Echinodorus Tenellus

Selain beberapa jenis tanaman yang sebelumnya penulis sebutkan yang cocok dijadikan “karpet” pada akurium. Echinodorus tenellus juga termasuk cocok dijadikan karpet akuarium yang memberikan kesan cantik dan indah.

Pertumbuhan tanaman ini dengan cara menyebar selayaknya rumput pada umumnya. Pertumbuhannya akan lebih optimal apabila diberikan suplai cahaya yang memadai serta CO2.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai jenis tanaman aquascape. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar