yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Cara Mengontrol Keong Hama Aquascape dengan Efektif dan Tepat

Mengontrol Hama Keong Hama Aquascape

Aquascape adalah seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan bahan lainnya di dalam media kaca atau akrilik dengan berbagai bentuk berupa kotak kaca ataupun bentuk lainnya yang serupa akuarium. 

Aquascape sedang menjadi trend belakangan ini, trend tersebut menjadi hobi yang menarik tentunya. Keberkahan/dampak baik tersebut bukan hanya berpihak bagi pecinta/penghobi aquascape saja, tetapi juga para pengrajin atau pemilik usaha ini.

Akuascape bukan hanya memelihara ikan, tetapi juga memelihara semua komponen yang ada di dalam akuarium dengan berbagai penataan serta diperlukan ketelitian serta nilai seni yang mempuni. Oleh karena itu, aquascape punya nama penataan tersendiri berupa style. Adapun macam-macam nama tipe, gaya atau stylenya yaitu,

Macam-macam Gaya Aquascape yang Terpopuler

  • Iwagumi style 
  • Dutch style
  • Nuture style
  • Biotope style
  • German style 
  • Jungle style, dan masih banyak gaya penataan lainnya. 

Selayaknya budidaya ikan di dalam akuarium pada umumnya, aquascape juga perlu adanya pengontrolan serta pembersihan dari berbagai kotoran dan pengendalian terhadap keong hama aquascape. 

Keberadaan keong pada aquascape yang sedikit tidaklah mengganggu, tetapi jika jumlahnya terlalu banyak tentunya akan menjadi parasit bagi ekosistem aquascape. Pengendalian keong hama aquascape haruslah segera dilakukan karena apabila dibiarkan berlama-lama keong hama pada aquascape akan mudah memperbanyak secara cepat. 

Sebab apabila populasi keong semakin banyak akan sangat susah dikendalikan. Permasalahan ini sering terjadi pada aquascape. Oleh sebab itu, berikut ini penulis akan membahas mengenai penyebab adanya hama keong serta cara mengendalikan hama keong pada aquascape dengan mudah dan efektif.

Penyebab Adanya Keong Hama Aquascape

Sebelum penulis membahas lebih dalam mengenai cara mengendalikan hama keong pada aquascape, terlebih dahulu penulis akan mengulas tentang asal keong hama aquascape. 

Sebenarnya tanpa kita sadari, kita tidak pernah dengan sengaja membawa keong-keong tersebut ke dalam akuarium. Namun perlu diketahui, hama keong pada aquascape dapat muncul karena dua hal yaitu:

Karena tanaman yang dibeli. Keong yang masih kecil/muda biasanya akan melekat pada tanaman air, jadi tidak akan terlalu nampak. Penyebab lainnya, kemungkinan dari jaring ikan yang dibeli. Nah dalam jaring tersebut sangat mungkin terdapat telur keong atau keong muda. 

Baca Juga! Jenis-jenis Ikan Botia, Ikan Hias yang Sangat Cocok Dijadikan sebagai Ikan Penghias Akuarium

Cara Mengendalikan Hama Keong pada Aquascape

Jangan Hilangkan Keong Semuanya

Menjaga ekosistem aquascape sangatlah perlu dilakukan. Tidak menghilangkan atau menyisakan keong beberapa ekor saja dalam aquascape perlu dilakukan demi keseimbangan ekosistem aquascape di dalamnya. 

Buktinya, keberadaan keong dapat bermanfaat untuk kebersihan aquascape yakni keong akan memakan lumut dan sisa makanan yang tidak termakan ikan, sehingga dapat berdampak baik untuk kebersihan air (jernih) serta menghidari pembusukan dari sisa-sisa makanan ikan. 

Oleh sebab itu, sebaiknya kita bisa mengendalikan pertumbuhan keong dalam aquarium tanpa menghilangkan populasi keong seutuhnya. Oleh karena itu, berikut ini penulis akan mengulas tentang cara pengendalian hama keong pada aquascape.

1. Pelihara Keong Predator

Memelihara keong predator manjadi salah satu solusi untuk memberantas hama keong pada aquascape. Keong predator mengatasnya dengan cara memangsa hama keong tersebut. 

Adapun jenis keong predator yang sangat populer adalah keong assasin atau assasin snail. Fakta menariknya, makanan utama keong assasin adalah hama keong tadi. 

Keong assasin/assasin snail dapat menjelajah ke seluruh sudut akuarium untuk menemukan mangsanya.

2. Buatkan Perangkap

Berikutnya membuat perangkap khusus dapat membasmi hama keong pada aquascape. Adapun maksud dari perangkap dapat berupa daun selada atau pelet yang disimpan dalam piring khusus. 

Gunakan perangkap tersebut dengan cara ditempatkan pada suatu sudut aquascape saat malam hari, kemudian perhatikan hasil besoknya.

Perangkapnya ampuh terbukti dengan berhasilnya keong terjebak, lalu bergegaslah buang keong-keong yang terjebak tersebut.

3. Pelihara Ikan Buntal 

Memelihara ikan buntal dalam aquascape terbukti dapat menekan pertumbuhan dan perkembangan hama keong. 

Adapun cara ikan buntal menekan pertumbuhan hama keong dengan cara memakannya, nyatanya keong ini menjadi makanan alami ikan buntal.

Setelah terkendalinya pertumbuhan hama keong pada aquascape dengan adanya ikan buntal, maka upayakan segera memisahkan ikan buntal dari aquascape karena ia bisa berkemungkinan merusak kondisi dalam aquascape serta dapat memangsa hewan lainnya seperti udang.

4. Mengambil secara Manual

Teknik pencegahan hama  keong pada aquascape dapat dilakukan secara manual dengan cara mengambilnya lansung. 

Teknik ini tentunya sedikit melelahkan dan butuh ketelitian yang tinggi supaya tidak merusak tatanan dalam aquascape.

Teknik mengambil secara manual dinilai cukup efektif apabila jumlah keong hama aquascape masih belum terlalu banyak jumlahnya. 

5. Mencegahnya Sedini Mungkin

Sebelum penulis membahas cara mencegah cara mengendalikan hama keong pada aquascape, sebelum itu penulis sudah mengulas penyebab hadirnya/munculnya keong yang manjadi hama. 

Alangkah baiknya, cobalah mencegah dari hal yang berkemungkinan munculnya keong hama pada aquascape. Adapun caranya yaitu:

  • Tamanan direndam di tempat terpisah dari aquascape menggunakan obat pencegah keong.
  • Saat membeli ikan, upayakan tidak ada keong yang terbawa baik itu melekat pada ikan ataupun pada media airnya. Perhatikan serta amati, sebab walaupun wujud keongnya kecil/muda, masih bisa terlihat. 

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai cara mengontrol keong hama aquascape. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar