yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Pentingnya Kesadaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Literasi Informasi yang Baik melalui Perpustakaan di Era Modern

Perpustakaan Universitas Syiah Kuala
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Perpustakaan Sumber Literasi

Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang menghadirkan sumber-sumber informasi sebagai bahan sumber ilmu pengetahuan dan bahan kegiatan proses belajar mengajar. Kehadiran perpustakaan akan menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif, karena buku-buku yang dibutuhkan tersedia lengkap sebagai sumber informasi pengetahuan. Oleh karena itu, benar katanya bahwa perpustakaan merupakan gudang ilmu pengetahuan.

Perpustakaan memiliki peran penting selaku penyedia buku ilmu pengetahuan dan informasi, serta melayani publik akan kebutuhan ilmu pengetahuan. Baik itu perpustakaan sekolah yang harus mendukung kegiatan belajar mengajar siswa dan guru. Begitu juga dengan perpustakaan umum sebagai wadah penyedia ilmu pengetahuan dan informasi untuk khalayak umum.

Perpustakaan sebagai wadah untuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan. Berbagai bidang ilmu pengetahuan bisa didapatkan dari sana. Bukan hanya itu, adanya sarana dan prasarana yang mendukung bisa membuat para pengujung merasa nyaman berada di dalamnya. Dengan begitu, perpustakaan sangatlah cocok sebagai tempat memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan dan informasi.

Pepustakaan merupakan tempat untuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan serta pelayanan yang baik bisa didapatkan dari sana. Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya peran perpustakaan (sebagai gudang ilmu pengetahuan dan informasi) sangatlah perlu ditingkatkan.

Baik, pada kesempatan kali ini saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman dan juga pandangan saya tentang perpustakaan, lebih terkhusus Perpustakaan USK berdasarkan kunjungan yang telah saya lakukan. Pertama kali saya berkunjung ke perpustakaan Universitas Syiah Kuala (USK) pada saat kegiatan Library Orientation Class and Tour (LOCT) 2017.

Library Orientation Class and Tour (LOCT) merupakan suatu kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru (maba), kegiatan tersebut tentunya bersifat educate atau memberikan informasi bagi mahasiwa baru. Tidak hanya itu, pihak perpustakaan menjelaskan secara rinci segala hal yang berkaitan dengan UPT. Perpustakaan USK.

Kegiatan tersebut sangatlah berkesan. Bagaimana tidak, kondisi ruangan yang sejuk, tentram dan juga luas akan membuat para pegunjung merasa lebih fokus dan betah tentunya. Dengan demikian, perpustakaan USK pantas dinilai bersifat captivate yang artinya memikat hati para pengunjungnya.

Berdasarkan sumber kutipan dari duniaperpustakaan.com, terdapat 6 fungsi perpustakaan. Berikut penulis akan mengulasnya lebih dalam.

1. Sebagai Penyimpanan

Seluruh ilmu pengetahuan dalam bentuk pembukuan tersimpan rapi dan pastinya terus dilestarikan di perpustakaan. Buku-buku ilmu pengetahuan sangatlah bernilai tinggi, oleh karena itu perlu dijaga dengan baik agar mendapatkan keberkahan, serta ini merupakan suatu sikap bagaimana kita menghargai ilmu-ilmu pengetahuan.

2. Sebagai Sarana Pendidikan dan Pembelajaran

Sebagaimana yang sudah penulis bahas sebelumnya, bahwa perpustakaan merupakan tempat yang sangat cocok untuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan, karena seluruh buku berbagai ilmu pengetahuan dapat kita jumpai di sana dengan akses yang mudah, serta tersedianya tempat belajar bersama sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran.

3. Sebagai Riset (Penelitian)

Koleksi berbagai buku ilmu pengetahuan bisa kita temukan di perpustakaan, maka tidak heran jika di perpustakaan juga menyimpan berbagai kajian pustaka penelitian, serta juga dijadikan sebagai tempat penelitian (riset). Data-data yang tersedia ada dapat berupa e-book, skripsi, jurnal, makalah dan ada juga berupa prosiding.

Para pengunjung bisa mendapatkan datanya dengan akses yang mudah, baik dengan membacanya langsung di tempat atau meminjamnya dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

4. Sumber Informasi

Perpustakaan bukan hanya sebagai pusat edukatif, tetapi juga informatif. Terdapat berbagai sumber ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari dari sana, mulai dari bahan bacaan berupa cetakan hingga digital. Sehingga tidak salah lagi jika perpustakaan dinilai sebagai pusat sumber informasi.

5. Sebagai Pelestarian (Kultural)

Tidak hanya sebagai tempat edukatif dan informatif, perpustakaan juga sebagai tempat menyimpan khasanah budaya sehingga meningkatkan nilai kebudayaan serta apresiasi dari masyarakat. Dengan demikain, kita dapat terus mengikuti perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa.

6. Reakreasi

Ada perpustakaan yang menyediakan fasilitas rekreasi atau tempat bermain walaupun tidak semua perpustakaan menyediakannya. Adanya fasilitas rekreasi tentunya mempunyai daya tarik tersendiri. 

Rekreasi yang dimaksud tidak selalu bermakna hanya untuk have fun saja, tetapi juga mempunyai arti menghibur sekaligus mengedukasi para pengunjung perpustakaan. Misalkan, adanya dekorasi yang dapat memanjakan mata para pengunjung serta bersifat informatif, live music show dan masih banyak hal-hal yang menghibur lainnya yang tersedia di perpustakaan.

Banyak ilmu dan penemuan baru bersumber dari perpustakaan. Bisa dibilang, perpustakaan adalah tempat membaca masa depan.

Peranan Perpustakaan di Era Modern

Dampak dari kemajuan ilmu pengatahuan dan teknologi sangat terasa di kehidupan sekarang ini, hal tersebut mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, mulai dari perkerjaan kecil sampai urusan terbesar.

Perkembangan zaman yang semakin modern, menjadikan seluruh tatanan kehidupan menjadi mudah dijalankan. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari peradaban ilmu pengatahuan dan teknologi (iptek) yang semakin maju dan unggul. 

Sumber daya manusia (SDM) sebagai agent of change, tentunya mengambil peran penting terhadap kemajuan ilmu pegatahuan dan teknologi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, pada sisi lainnya tentu akan menyebabkan kekhawatiran bagi eksistensi perpustakaan.

Perkembangan akses informasi dan komunikasi yang sangat pesat menyebabkan kekhawatiran bagi eksistensi perpustakaan. Seperti, orang-orang dengan mudah mendapatkan informasi tanpa harus berkunjung ke perpustakaan. Hanya dengan klik jari menggunakan gadget, anda bisa menjelajahi berbagai ilmu pengetahuan melalui mesin pencarian. 

Oleh karena itu, sangat perlu adanya kesadaran bagi seluruh kalangan masyarakat, terutama kalangan kaum muda atau milenial untuk memperdalam ilmu pengetahuan dengan berkunjung ke perpustakaan, karena perpustakaan merupakan gudang ilmu pengetahuan.  

Perpustakaan menyimpan energi yang memicu imajinasi. Perpustakaan membuka jendela ke dunia dan menginspirasi kita untuk mengeksplorasi dan mencapai, dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup kita." - Sidney Sheldon

Tulisan ini ikut serta dalam lomba USK Library Fiesta 2022, bertema "Pandangan Gen Z terhadap Perpustakaan Menuju Literasi Informasi yang Lebih Baik"

1 komentar

1 komentar

  • Zafir
    Zafir
    26 Oktober 2022 pukul 13.01
    Hello, kak. Terima kasih sudah berbagi informasi yang bermanfaat banget buat para pelajar dan mahasiswa seperti saya. Pperpustakaan itu gudangnya informasi dan ilmu pengetahuan. Memang seharusnya para mahasiswa memanfaatkan fasilitas perpustakaan kampus ini untuk menunjang prestasi akademiknya terutama meningkatkan literasi mereka, tetapi sayangnya masih banyak yang belum menyadari hal tersebut.

    Btw, di kampusku juga ada perpusnya dan nyaman bgt tempatnya buat belajar dan tentunya juga banyak koleksi bukunya buat membantu cari refernsi waktu bikin tugas makalah, dsb.

    Yuk, kepoin perpustakaan kampusku yuk di halaman websitenya, klik di sini ya --> walisongo.ac.id thanks :D
    Reply