yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

3 Jenis Sayuran Bayam yang Punya Beragam Manfaat Untuk Kesehatan

Jenis Bayam

Terdapat beberapa jenis bayam yang populer, meskipun yang kita ketahui sayuran bayam pada umumnya bayam hijau. Bayam dapat dimasak dalam beragam jenis masakan, misalkan masakan kuah yang dikombinasikan dengan beberapa jenis sayuran bayam, serta dapat diolah dalam beragam masakan dan cemilan lainnya.

Apa saja Jenis Bayam?

1. Bayam Hijau

Bayam

Bayam hijau mengandung klorofil (zat hijau daun) dan betakaroten yang tinggi dibandingkan bayam merah. Karena bayam ini jenis bayam hijau, maka bayam ini tetap mengandung karoten. 

Ciri morfologi bayam hijau yakni memiliki batang yang tidak begitu tinggi serta lebar daunnya yang besar. Sayuran bayam ini berbunga tahunan, dengan warna bunganya hijau gelap. Pertumbuhan sayuran bayam bisa mencapai sekitaran 2-3 kaki.

Bayam ini punya dua varietas, yaitu varietas caudatus dan varietas paniculatus. Ciri bayam varietas caudatus memiliki daun agak panjang, berwarna hijau dan merah tua serta ujung daunnya runcing. Bunga daunnya bertangkai panjang pada ujung-ujung batang.

Kandungan karotenoid pada bayam hijau sangat lumayan tinggi. Karoten dan vitamin C yang terdapat pada bayam berperan penting untuk mencegah teroksidasinya kolestrol yang bisa berkemungkinan menyumbat pembuluh darah, sehingga memperkecil kemungkinan resiko penyakit kardiovakular.

Baca Juga! 8 Langkah Mudah Cara Menanam Bayam dalam Polybag atau Pot

2. Bayam Merah

Bayam Merah

Penamaan jenis bayam ini sesuai dengan namanya yaitu berwarna merah. Terkandung betakaroten yang tinggi pada bayam ini. Bayam merah tidak dianjurkan mengolahnya dalam bentuk masakan kuah, meskipun bisa saja dilakukan.

Mengolahnya menjadi masakan kuah justru membuat nafsu makan hilang, karena masakannya akan berwarna merah. Tetapi jika mengolahnya menjadi pewarna makanan alami, justru itu menjadi pilihan yang tepat. 

Kandungan nutrisi yang terpadapat pada tanaman bayam sangatlah beragam, seperti lemak, karbihidrat, protein, kalsium, zat besi, amarantin, purin, rutin serta juga vitamin A, B dan C. Bayam merah kaya akan kandungan betasianin dan antosianin-pigmen alami yang tinggi jika dibanding bayam hijau.

3. Bayam Batik

Bayam Batik

Adanya bayam batik adalah hasil persilangan antara bayam hijau dan bayam merah, hal tersebut tampak dari warna bayamnya yakni dengan kombinasi warnanya merah dan hijau. Nama sebutan lain dari bayam batik yaitu bayam belang.

Ciri morfologi bayam batik yaitu batangnya tunggal serta tidak berserat dan bentuk daun lebar dan bulat, serta pertumbuhan dan perkembangan bunganya lambat. Oleh karena itu, setelah tanaman bayam ini berbunga maka setelahnya tanaman bayam ini akan mati.

Pada saat masa pertumbuhannya, pola perkembangan daunnya akan seragam, dataran yang rendah juga termasuk tempat yang cocok untuk bayam batik tumbuh dan berkembang. Pemananan bayam batik dapat dilakukan setelah 25 hari pasca tanam.

Oh iyaa, karena sayuran bayam ini merupakan persilangan antara bayam hijau dan merah, hal tersebut menjadikan bayam ini kaya akan kandungan zat besi, yang sama halnya dengan bayam hijau serta juga mengandung zat pembentuk sel darah merah, layaknya bayam merah.

Terdapat Beragam Manfaat Bayam

  • Meredakan Peradangan
  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
  • Mencegah Anemia
  • Menurunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular
  • Mencegah Kanker
  • Menjaga Kesehatan Kulit

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai 3 jenis sayuran bayam yang punya beragam manfaat untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 
Posting Komentar

Posting Komentar