yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Jenis-jenis Ikan Tawes, Ikan yang Dikenal sebagai Ikan Penghuni Sungai Berarus Deras

Ikan Tawes

Ikan tawes (Barbonymus gonionotus) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku cyprinidae. Ikan tawes termasuk salah satu jenis ikan populer yang dikembangkan dalam akuakultur sebagai ikan konsumsi. Seperti yang sudah penulis sebutkan di atas, ikan tawes hidup di air tawar.

Ikan ini tersebar luas di kepulauan Sunda dan Indocina (asia tenggara daratan). Jika dilihat dari fisik tubuh, ikan ini mirip ikan mas namun sisiknya lebih besar serta fisiknya lebih ramping. Ikan ini sering dijadikan sebagai olahan dalam bentuk ikan asin.

Ikan ini dikenal sebagai ikan penghuni sungai berarus deras. Bentuk morfologi ikan tawes yaitu mempunyai tubuh yang memanjang dan pipih ke samping. 

Bagian punggung seperti busur dengan moncongnya yang runcing, mulut ikan ini terletak di ujung terminal (tengah), kecil serta mempunyai dua pasang sungut kecil. Sisiknya berwarna putih keperakan dan bagian perut ikan ini berwarna putih, sedangkan bagian punggungnya berwarna lebih gelap.

Baca Juga! 15 Jenis Ikan Molly beserta Harganya. Jenis Ikan Hias Yang Sangat Cocok Dijadikan Hiasan Akuarium

Jenis-jenis Ikan Tawes

1. Tawes Biasa

Ikan tawes biasa merupakan jenis tawes yang pada umumnya sering dibudidayakan masyarakat, dengan begitu jenis tawes ini mudah dijumpai di seluruh Indonesia, seperti Jawa Tengah (Ngajek dan Muntilan), Jawa Barat dan Jakarta. Sisik jenis tawes ini memiliki sisik berwarna kelabu.

2. Ikan Tawes Silap

Sisik ikan tawes silap memiliki kesamaan dengan jenis tawes biasa yakni berwarna kelabu. Namun sisik berwarna kelabu yang dimiliki oleh tawes ini berkombinasi dengan sisik berwarna keperakan. Oleh karena itu, terdapat sedikit kesulitan untuk membedakan mana jenis tawes silap dengan jenis ikan tawes biasa.

3. Ikan Tawes Bule

Berbeda dengan jenis tawes silap dan tawes biasa, ikan tawes bule memiliki sisik albino. Tawes bule jarang dijumpai di perairan pada umumnya. Tawes bule dinyatakan sudah mulai ada sejak tahun 1936.

4. Ikan Tawes Kumpany

Sama halnya dengan ikan mas kumpany, Ciri morfologi dari tawes kompany yaitu mempunyai sirip ekor yang relatif panjang, Serta warna tubuhnya putuh kelabu. Biasanya jenis tawes ini jarang ditemukan di perairan pada umumnya.

Sumber: Buku Budidaya 25 Ikan di Pekarangan.

Baca Juga! Jenis-jenis Ikan Botia, Ikan Hias yang Sangat Cocok Dijadikan sebagai Ikan Penghias Akuarium

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai jenis-jenis ikan tawes. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar