yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Pentingnya Melindungi dan Melestarikan Hutan untuk Masa Depan yang Lebih Cerah

Melindungi hutan

Pada dasarnya, setiap manusia yang dilahirkan ke bumi, ia akan menjadi khalifah (pemimpin) di hari kelak. Seluruh tanggung jawab yang sudah dipikul semenjak lahir, haruslah ditunaikan semasa hidup. Seluruh tanggung jawab pastinya diminta pertanggung jawaban di hari akhirat nanti.

Selama masih diberikan umur panjang, serta jiwa raga yang sehat, manusia dituntut untuk menebarkan kebaikan di lingkungan hidupnya. Ada banyak bentuk kabaikan yang bisa dilakukan, mulai dari hal tekecil sampai hal terbesar. Dampak dari kebaikan sangatlah memberikan manfaat bagi yang menerimanya.

Kebaikan kecil yang bisa kita lakukan dapat berupa memindahkan paku di jalanan. keberadaan paku di jalanan tentunya sangat tidak baik bagi pengendara, karena bisa mengakibatkan kendaraanya mengalami kebocoran ban. 

Sedangkan untuk hal besarnya yaitu menjaga keletarian hutan. Sebagaimana kita ketahui bahwasanya sangat perlu adanya perlindungan hutan, karena hutan adalah paru-paru dunia. 

Hutan dikenal dengan pabrik penghasil oksigen yang berguna bagi seluruh makhluk di bumi. Tanpa oksigen yang dihasilkan pepohonan di hutan, mustahil terdapat kehidupan di bumi. Agar oksigen tetap terproduksi dengan baik, maka lindungilah hutan.

Seandainya Aku Menjadi Pemimpin, Aku Memiliki Kewenangan Lebih untuk Melestarikan Hutan

Pelestarian hutan

Seorang pemimpin mempunyai tanggung jawab lebih terhadap rakyat serta wilayah yang dipimpinnya. Pengertian pemimpin adalah orang yang memiliki kewajiban serta bertanggung jawab untuk mengemban tugas dan mampu mempengaruhi orang yang dipimpin. 

Menjaga hutan agar tetap terletarikan sudah menjadi tugas kita semua. Peran generasi muda sangat berpengaruh terhadap kelestarian hutan, karena ada pepatah mengatakan "Pemuda hari adalah pemimpin masa depan.

Seorang pemimpi hendaknya mengadakan program/kegiatan unggulan untuk perlindungan hutan indonesia, seperti melakukan reboisasi, menerapkan sistem tebang pilih dan sistem tebang tanam, melindungi dan menjaga habitat yang ada di hutan.

Serta larangan dan sanksi tegas bagi yang membuang sampah sembarangan, mencegah terjadinya kebakaran hutan, memberikan pemahaman kepada masyarakat umum mengenai pelestarian hutan, dan kagiatan lainnya yang mendukung pelestarian hutan. 

Kenapa hutan harus dilindungi?

Pada point pembahasan ini, penulis akan menjelasakan alasan mengapa hutan harus dilindungi. Berikut pembahasannya:

1. Hutan sebagai Pabrik Oksigen bagi Pernapasan Manusia

Oksigen berasal dari hasil fotosintesis tanaman yang sangat berguna bagi kebutuhan pernapasan makhluk hidup pada umumnya. 

Populasi tanaman banyak terdapat di hutan. Jadi, tidak salah jika ada istilah yang menyatakan bahwasanya hutan adalah paru-paru dunia. Peranan hutan sangatlah penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Rasa syukur pastinya terpanjatkan oleh kita semua, karena sang pencipta masih memberikan kita nikmat untuk bisa hidup dengan sehat. Pernah terlintas di pikiran saya, jika suatu saat nanti nikmat tersebut tidak bisa kita rasakan lagi, pastinya perbuatan merusak tersebut ulah dari tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. 

Akibat dari penebangan pohon secara liar, bukan hanya bisa mengakibatkan supplai oksigen berkurang, tetapi juga bisa berakibat hilangnya kesuburan tanah, berkurangnya sumber daya air, punahnya keanekaragaman hayati, pemanasan global, menyebabkan longsor dan banjir 

Jadi, lindungilah hutan dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa merusaknya. Karena apa yang kita perbuat sekarang, kita akan merasakan dampaknya di masa depan. 

2. Hutan Menyimpan Cadangan Air

Di saat turunnya hujan, air tidak langsung mengalir ke sungai ataupun muara, tetapi terserap oleh tanah. Hal tesebut dikarenakan aliran permukaan tertutupi oleh vegetasi tanaman. 

Jika tumbuhan di hutan berkurang maka di saat hujan turun, air akan langsung mengalir ke permukaan tanah. Nah, hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya aliran air ke permukaan dengan volume debitnya yang besar dan air yang mengalir tidak terserap oleh tanah.

Hutan yang gundul akan mengakibatkan banjir besar di saat dilanda hujan lebat. Air hujan yang turun hendaknya menjadi cadangan, tetapi malah mengalir langsung ke sungai ataupun muara. Sehingga minimnya air yang terserap oleh tanah. Jadi sangatlah penting menjaga populasi pohon di hutan, sebelum bencana alam melanda.

3. Memperkecil Kemungkinan Terjadinya Bencana Alam

Berkaitan dengan point pembahasan sebelumnya, salah satu manfaat hutan yang terlestarikan adalah mampu menyimpan cadangan air. Jika hutan sudah berkurang populasi pohonnya, maka bisa berakibat timbulnya bencana alam, seperti banjir bandang, longsor dan kekurangan air pada saat musim kemarau.

4. Mengurangi Suhu Panas Bumi

Keberadaan hutan yang terlindungi tentunya mampu mengurangi suhu panas bumi. Berdasarkan hasil penelitian dari tim peneliti Universitas of Leeds, mareka menguji gas reaktif untuk melihat perubahan suhu seperti apa yang barhasil mereka kurangi. 

Para peneliti menyimulasikan kondisi hutan boreal tropis dan subtropis, lalu menghitung efek pemanasan dan pendinginan yang berbeda melalui teknologi komputer.

Berdasarkan kesimpulan yang mareka peroleh yaitu, “kami menemukan fakta bahwa dampak pendinginan gas-gas pohon ini lebih besar dari pada efek pemanasan. Artinya, gas reaktif dari hutan memiliki efek pendinginan secara menyeluruh terhadap iklim kita,” kata Dominick Spracklen, pemimpin penelitian dan professor di Universitas of Leeds.

Tahukah anda?, sekarang ini suhu bumi terus mengalami peningkatan. Bukan hanya itu, berbagai gejala lain seperti kondisi cuaca yang tidak menentu adalah salah satu tanda terjadinya pemanasan global. 

Pemanasan diakibatkan oleh aktivitas manusia seperti gundulnya hutan karena ulah manusia, kegiatan industri dan pembangunan rumah kaca. Oleh karena itu salah satu solusi dari pemanasan global adalah menajaga hutan dan melestarikannya.

Akhir kata, penulis mengajak anda untuk sama-sama melindungi dan melestarikan hutan. "Pelajari alam, cintai alam, berdekatanlah dengan alam karena alam tidak akan pernah mengecewakanmu."

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai pentingnya melindungi dan melestarikan hutan untuk masa depan yang lebih lebih cerah. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar