yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Pembahasan Tentang Adaptasi Plankton di Perairan

Plankton

sumber: pixabay

Palnkton adalah organisme kecil yang hidup di perairan dan tidak dapat berenang melawan arus. Adaptasi plankton merupakan cara ataupun proses bagaimana penyesuaian plankton akan kondisi lingkungan hidup sekitarnya. 

Adapun tujaun dari adaptasi dilakukan untuk menghindari predator, meningkatkan produktifitas, menghemat energi, mencari makan, menyesuaikan diri dengan perubahan suhu lingkungan. Untuk menangkap plankton haruslah menggunakan alat khusus yaitu plankton net.

Jenis Jenis Adaptasi

Adaptasi Morfologi

Adaptasi Morfologi adalah adaptasi yang meliputi bentuk tubuh, tipe kantung spesies tersebut, tipe jarum, tipe pita, bercabang. Adaptasi fitoplankton berbeda dengan adaptasi zooplankton. Berikut penjelasanya.

Baca Juga! Panduan Lengkap Budidaya Artemia Menggunakan Botol Plastik

Adaptasi Zooplankton

Adapun adaptasi zooplankton dengan cara, pada siang hari plankton akan menuju ke arah dasar perairan dan pada malam hari plankton berada dipermukaan perairan. Terdapat 3 pola migrasi secara vertical berdasarkan faktor lingkungan

1. Migrasi Nocturnal

Migrasi zooplankton kepermukaan pada saat petang dan berimigrasi ke dasar perairan pada saat sebelum fajar.

2. Migrasi Twilight

Migrasi zooplankton kepermukaan perairan pada saat petang dan berimigrasi ke arah yang lebih dalam tengah malam, berimigrasi kembali kearah permukaan dan kemudian berimigrasi kembali ke perairan yang lebih dalam pada saat fajar.

3. Migrasi Reverse

Migrasi zooplankton ke arah permukaan air pada saat siang hari dan berimigrasi ke arah yang lebih dalam pada saat malam hari.

Adaptasi Fitoplankton

Fitoplankton merupakan organisme mikropik akuatik yang bersifat autrotof atau mampu melakukan fotosintesis untuk keberlasungan hidupnya dan fitoplankton bersifat produsen diperairan.

Adaptasi fitoplankton berlangsung siang dan malam. Pada saat malam hari tersedianya nutrisi akan meningkat di dalam perairan sehingga fitopalnton akan berimigrasi ke tempat tersebut untuk mendapatkan nutrisi.

Baca Juga! Kultur Daphnia, Mudah Dilakukan dan Dijamin Berhasil

Sedangkan pada siang hari fitopalnkton akan berimigrasi kepermukaan untuk mendapatkan cahaya sebagai komponen keberlansungan proses fotosintesis.

Itulah pembahasan berupa informasi mengenai adaptasi plankton di perairan. Semoga artikel ini bermanfaat. Hanya itu informasi yang dapat penulis bagikan. Sekian, Terima kasih. 

Posting Komentar

Posting Komentar