yHbrF5TUyfojciZ6PPqGZfgVLMhE6PEbcd4Lg8UO
Bookmark

Cara Mengetahui Kata Sandi WiFi di Laptop dan Komputer

Tau Password WiFi di Laptop

Umumnya, kebanyakan dari kita lupa dengan kata sandi Wi-Fi pada perangkat mereka, namun akan sangat mudah bagi pengguna perangkat komputer atau laptop, begitu juga dengan smartphone. Tetapi pada kesempatan ini penulis akan akan berbagi tips mengenai cara melihat password di perangkat komputer atau laptop dulu yaa!. 

Nah, jika anda sudah lupa dengan password wifi pada perangkat anda, yang dimana anda ingin berbagi jaringan wifi ke teman atau ingin menggunakannya pada perangkat yag lain. Oleh karena itu jangan panik, ada berapa cara untuk mengetahui password WiFi di perangkat anda, khususnya komputer ataupun laptop.  

Cara Melihat Password WiFi di Laptop atau Komputer

Baik, berikut ini penulis akan berbagi tips bagaimana cara melihat password WiFi di komputer ataupun laptop. Nah, setiap metode yang penulis bagikan berikut ini tergantung pada preferensi serta seberapa banyak akses yang anda miliki ke pengaturan PC jika anda bukanlah administrator. 

Cara Cek Password WiFi di Laptop Menggunakan Pengaturan Windows 

Langkah pertama yang dapat anda lakukan yaitu dengan membuka pengaturan windows pada perangkat anda. Perlu diketahui bahwa cara ini adalah yang termudah untuk mengetahui password wifi pada komputer dan laptop. 

Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada menu taskbar, pilih Start lalu klik “Setting” , berikutnya  klik “Network & Internet”.
  2. Di bagian Status, scroll ke bawah dan klik “Network and Sharing Center”.
  3. Kemudian klik nama Wi-Fi anda di bagian “View your active network”.
  4. Setelah menampilkan jendela Status Wi-Fi , lalu klik “Wireless properties” 
  5. Setelah itu, pindah ke tab “Keamanan” dan ceklist di sebelah “Tampilkan karakter” untuk melihat kata sandi Wi-Fi kamu.

Cara Melihat Password WiFi dari Panel Kontrol

Jika cara sebelumnya berhasil dilakukan, nah bagaimana jika anda tidak dapat mengoperasikan pengaturan di Windows 10?

Ataupun anda lebih menyukai cara yang praktis dan pastinya mudah untuk diingat. Nah, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk dapat mengakses pengaturan jaringan WiFi menggunakan perintah “Run” (jalankan). Berikut ini adalah caranya:

  1. Akses tab dialog “Run” dengan menekan tombol Windows +R, lalu ketik “ncpa.cpl” lalu pilih OK.
  2. Secara otomatis, perintah ini akan langsung membuka koneksi jaringan kamu di panel kontrol.
  3. Klik di jaringan Wi-Fi kamu, lalu pilih “Status” dari menu konteks.
  4. Berikutnya klik/pilih “Wireless Properties” pada jendela status Wi-Fi.
  5. Terakhir, klik pada tab “Keamanan” dan berikan tanda ceklist di “Show character” untuk menampilkan kata sandi Wi-Fi. 

Baca Juga! Cara Melihat dan Menyembunyikan "Last Seen" di Instagram

Menggunakan Perintah Power Shell 

Penggunaan cara yang lebih modern yaitu Power Shell, anda dapat menggunakan perintah Network Shell (Netsh) untuk menampilkan banyak informasi tentang jaringan, termasuk kata sandi anda. Bukan hanya itu, anda juga bisa menggunakan metode ini untuk melihat kata sandi semua jaringan yang sebelumnya terhubung dengan komputer anda.

Contohnya, jika anda berada di rumah dan ingin mengetahui kata sandi jaringan WiFi di kantor, anda dapat menggunakan cara ini untuk melakukannya tanpa terhubung ke jaringan kantor. Namun, tidak berfungsi jika menggunakan opsi "Lupakan" atau "Forget" untuk melupakan jaringan internet (WiFi).

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Klik kanan pada menu Start dan pilih “Windows Power Shell” dari daftar.
  • Di sini, ketikkan perintah "netsh wlan show Profiles" lalu tekan Enter.
  • Anda dapat melihat semua nama jaringan yang tersimpan di bagian profil pengguna.

Berikutnya, anda hanya perlu menyalin nama jaringan pada bagian tersebut agar dapat dengan mudah menggunakannya di perintah selanjutnya. Cara agar kita tau kata sandi dari salah satu jaringan yang disimpan, anda harus menggunakan perintah yang tercantum di bawah ini dan ubah “wifiname” bagian itu dengan nama jaringan yang sebenarnya.

netsh wlan show profile “name=wifiname” key=clear

Nah, setelah anda tekan tombol Enter, bakalan banyak muncul informasi tentang jaringan ini. Pada bagian tersebut, terdapat pengaturan keamanan dan kata sandi akan tampak di sebelah konten utama. 

Menggunakan Penampil Password WiFi Pihak Ketiga

Cara terakhir yang dapat dicoba untuk menampilkan kata sandi WiFi yaitu dengan cara menggunakan aplikasi ketiga, nah lumayan terbantu loh. Bagaimana tidak, dengan hanya sekali klik anda akan disajikan semua data informasinya.

Anda mungkin juga ingin menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, maka perlu melakukan tugas lanjutan seperti mengimpor atau mengekspor kata sandi WiFi dari PC/komputer lain. 

Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti WiFi Password Revealer. Aplikasi tersebut dapat menampilkan semua kata sandi online yang tersimpan di komputer anda serta memungkinkan menyalinnya secara langsung.

Itulah informasi mengenai 4 cara melihat password WiFi di laptop atau komputer. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian, Terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar